Main Menu

Monday, May 21, 2018

Sop Senerek



Menu buka puasa hari ini, alhamdulillah...Sop Senerek. Sop ini khas magelang...di adaptasi dari Sup jaman Belanda, namun sudah menjadi menu lokal khas Jowo. Buktinya, kalau aslinya di Magelang sana di sajikan dengan Bayam rebus, dan aneka Baceman, seperti Bacem Jerohan sapi, atau Tahu Tempe hihi.

Ada satu warung Sop Senerek yang pernah aku coba, yaitu Warung Bu Atmo..enak sich, seger..apalagi lauknya Baceman Babat atau Iso Sapi yang empuk..hihi. tapi ada pelengkapnya yang unik, yaitu Bayam rebus, ini yang beneran baru aku coba pertama itu, makan Sop pakai Bayam. Tapi karena banyak lauknya ya enak-enak saja...hahah.

Nah, tadi aku kepikiran pengen buat Sop Senerek, tapi dengan bahan seadanya di rumah, cuma ada Daging dan Kacang merah, jadi sayuran pakai wortel dan daun bawang aja, tetep enak dan seger kok rasanya. Dagingnya di rebus api kecil dulu agar keluar kaldu beningnya ya teman-teman. Jika mau lebih istimewa, bisa pakai Iga Sapi. Aku tadi pakai daging bagian Tetelan aja...hemat..hihi.

Oke, selamat mencoba ya teman-teman, cocok untuk menu berbuka puasa nich, seger...apalagi tambah sambal yang pedes...
Sop Senerek 

Bahan :
100 gram Kacang merah, rendam semalaman
300 gram Daging tetelan / atau yang lain
1000 ml air
1 sendok teh kaldu sapi
1/8 butir Pala, biarkan utuh
1/4 sendok teh merica bubuk
1 sendok teh gula pasir
Garam secukupnya
4 buah bawang merah iris tipis
3 siung bawang putih, iris tips
1 buah wortel, potong-potong
1 batang sledri, 1 batang daun bawang, iris halus

Cara membuat :
Rebus Daging dalam air api kecil hingga keluar kaldu bening, saring jika perlu atau buang lemak-lemak di atas kaldunya. Angkat daging, potong-potong, sisihkan air kaldunya.
Tumis bawang merah, bawang putih, hingga matang dan harum
Masukkan air kaldu dan potongan daging, serta kacang merah
Masukkan semua bumbu
Masak api kecil hingga meresap dan kacang merah empuk
Jika kacang merah belum empuk, air menyusut banyak, bisa di tambah air matang lagi secukupnya
Jangan lupa koreksi rasa hingga pas rasanya, gurih ringan segar
Sajikan dengan sambal rawit plus baceman Jerohan, Tahu, Tempe atau Perkedel kalau aku.
Aslinya di sajikan dengan bayam rebus juga, tapi aku nggak tadi.
Lauk Yodha tadi cuma Perkedel Kentang renyah, alhamdulillah dia suka sup dan perkedelnya. Padahal udah khawatir tadi jika dia nggak mau sup pakai kacang merah, ternyata lahap makannya hahah.

Perkedel Kentang Renyah

Bahan :
Tepung Kentang 100 gram, seduh dengan 150 ml air panas, hingga jadi adonan yang halus. Tambahkan 1 butir telur, 2 sendok makan tapioka, 1 sdk teh bawang putih bubuk / bawang putih segar di ulek. 1/4 sdk teh merica, 1 sdk mkn bawang merah goreng, 1 batang sledri, iris, 1 sdk teh kaldu ayam / jamur / garam. 1/4 sdk teh gula pasir.
Aduk rata semua bahan, koreksi rasa, bentuk bulat, lumuri tangan dengan minyak agar tidak lengket.
Goreng di minyak terendam, jangan di bolak balik sebelum permukaan kulit luar agak kering, angkat jika sudah kecoklatan seluruh bagian ya. Sajikan hangat..😊😊

Oh ya, teman-teman yang mau coba tepung kentang silahkan wa ya ke 089654712500,..ready lho...sangat praktis untuk lauk bulan puasa nich seperti Perkedel atau buat bikin Kroket, Kue Lumpur, Kentang Panggang dll..tinggal seduh aja...nggak perlu mengupas kentang atau mengukusnya. Sipp kan...yuk..di coba...hemat pula, ini tadi aku pakai 100 gram Tepung Kentang, jadi sepiring Perkedel ini nich...:D






No comments:

Post a Comment