Main Menu

Wednesday, March 28, 2018

Tips Membuat Ganache Coklat Yang Enak




Lama ngga baking..kangen. Tapi saking kangennya sekarang tiap hari pegang mixer, karena lagi nyiapin proyek resep-resep Cake.  Siap-siap timbangan bergeser ke kanan ya..hihi..lha tiap hari harus nyicipi dan uji coba aneka resep cake.

Aku sebenernya suka baking, cuma ya itu, karena warga di rumah cuma bertiga, suka bingung,..siapa yang bakal ngabisin..karena bikin cake kan mesti seloyang ya..hihi. Aku suka makan cake, tapi mikir umur, terpaksa harus di batasi juga, ya paling nyicip se iris dua iris...hihi.

Kalau Yodha sukanya kalau anget aja baru keluar dari oven, mau sepotong dua potong juga. Kalau suami udah mblenger cake, nggak mau makan walau seenak apapun cakenya..huhu. Akhirnya sisa Cake yang aku buat ini aku bagi-bagi aja biasanya. Kadang ke tukang sayur seloyang, kadang ke tetangga sebelah yang banyak orang kerja seloyang, kadang tukang bersih-bersih halaman seloyang, kadang aku kasih temen seloyang hahah. Pokoknya kalau ngasih nggak tanggung-tanggung seloyang aja langsung..lol.

Tapi seneng sich jika yang kita kasih suka terus bilang enak, berarti uji coba resep berhasil. Nah, resep Cake apa saja yang udah aku coba buat dan enak, tunggu ya teman-teman..ntar jika udah terkumpul semua resep aku jadikan buku lagi. Kali ini aku mau share dulu aja cara membuat Gancahe coklat ya buat lapisan cake atau hiasan Cup Cake.

Ganache yang aku buat ini sedang kentalnya. Di tuang ke cake masih bisa mengalir, walau mengalirnya lambat, di buat hiasan cup cake masih bisa juga, di simpan dulu di kulkas. jadi serbaguna, nggak cuma buat siraman cake aja. Tipsnya agar Ganache enak dan nggak neg, pilih coklat blok yang nggak terlalu manis ya. Aku kalau beli coklat blok mending ke toko bahan kue di banding beli merk yang supermarket. Kalau di toko bahan  kue, banyak pilihan, dan biasanya memang merk-merk yang khusus untuk usaha bakery, lebih ekonomis dan ngggak terlalu manis rasanya.

Bahan kedua, itu whip cream bubuk, pilih yang berkualitas juga ya. Cara membuatnya mudah sekali, yuk simak resepnya ya :

150 gram coklat blok / coklat masak, cincang halus
150 gram susu cair tawar suhu ruang ( contoh susu ultra )
50 gram whip cream bubuk

Cara membuat :

Campur susu dan whip cream hingga whipcream larut
Panaskan di atas api kecil
Masukkan coklat cincang, aduk rata hingga halus
Angkat
Siramkan ke cake atau simpan di kulkas hingga sedikit mengeras untuk di spuit ke cup cake
Kemaren aku buat Ganache di atas cukup untuk satu buah Cake mini dan 5 Cup Cake








2 comments: