Main Menu

Tuesday, December 5, 2017

Churos Kentang Resep Baru


Hari Minggu kemaren aku buat Churros lagi. Yodha suka Churros...daripada beli mahal kan teman-teman, lebih baik bikin sendiri...hihi. Kali ini aku berkreasi dengan tepung kentang lagi. Tapi beda resep. Kali ini aku coba tepung kentangnya langsung masukkan ke adonan, jadi praktis, ngga perlu di seduh dulu.

Hasilnya sama enaknya. Aku pakai tepung kentang lebih banyak, jadi lebih terasa kentangnya. tap[i tetep kres renyah luarnya dan lembut di dalam ketika masih panas. Kemaren aku pakai mentega yang tawar agar churos nggak terlalu gurih. Bisa pakai margarin juga sich, cuma kadang rasanay jadi terlalu asin ya teman-teman. Atau jangan pakai garam lagi ya jika pakai margarin.

Adonan Churros ini sebenernya mirip dengan adonan kue Sus, tapi di goreng dan adonan lebih padat, Jadi tidak terlalu mengembang dan menyerap minyak. Bedanya, kalau kue Sus telurnya lebih banyak, jadi adonan bisa ringan dan mengembang ketika di panggang. Jika Churros, adonan harus sedikit lebih padat agar bisa di cetak ketika di goreng, bisa renyah kres dan nggak lembek.

Tidak perlu pakai cetakan khusus yang mahal sich untuk membuat Churros, kita bisa pakai kantong plastik segitiga saja untuk mencetaknya. Jika adonan pas kekentalannya, hasilnya akan bagus juga. Kecuali jika mau buat usaha, ada juga alat pencetak churros sehingga hasilnya bisa lebih cepat dan seragam.

Oh ya untuk teman-teman yang kesulitan mencari tepung kentang, bisa beli di aku ya, ready stok. Tepung kentang ini praktis sekali, bisa untuk makanan gurih atau manis yang berbahan dasar kentang. Jadi banyak variasi resep yang bisa kita buat dengan tepung kentang ini. Jika mau coba, silahkan wa atau sms ke 089654712500 ya.

Oke ini dia resepnya...untuk lebih jelasnya, bisa di lihat di video berikut ya teman-teman, cara membuat churros kentang ini. 



Churos Kentang 

Bahan :
75 gram mentega tawar
200 ml air
100 gram TEPUNG KENTANG
100 gram tepung terigu protein sedang
1 ½ sendok makan gula pasir
¼ sendok teh baking powder
¼ sendok teh garam
¼ sendok teh vanili
2 butir telur

Cara Membuat :
Masukkan air dan mentega ke dalam panci, masak hingga mentega larut, masukkan gula dan garam,serta vanili
Masukkan Tepung kentang dan terigu, aduk rata hingga menggumpal
Biarkan adonan menjadi hangat, masukkan telur
Kocok rata hingga menjadi adonan yang lembut
Masukkan ke kantong plastik segitiga yang di beri spuit bunga / bintang
Panaskan minyak goreng, semprotkan adonan ke minyak yang sudah panas, panjang sesuai selera
Potong adonan dengan gunting
Goreng  hingga matang
Sajikan dengan taburan gula halus dan kayu manis, atau celupan coklat leleh



1 comment:

  1. Huaaaa, pengen bisa bikin juga.
    Duuh, Mbak, itu pengen jg tepungnya tp kayaknya bakalan mahalan ongkir drpd tepungnya, huhuhuh

    ReplyDelete