Main Menu

Wednesday, September 20, 2017

Sambal Asam Udang Khas Aceh


Siapa suka Sambel ?..Pasti banyak yang suka ya teman-teman. Sambal sudah menjadi menu harian orang Indonesia. Banyak varian Sambal dari bergaia daerah yang bisa kita coba. Beberapa waktu lalu aku pernah bikin kuis teman-teman di Ig share anek Sambal Nusantara, banyak sekali yang share aneka Sambal yang unik-unik..yang ternyata belum pernah aku coba.

Salah satunya Sambal Asam Udang dari Aceh ini. Kalau di media sosial sich terkenal dengan nama Sambal Ganja. Katanya karena saking enaknya, bikin nagih...hihi. Tapi aku akan pakai nama aslinya saja ya, yaitu Sambal Udang / Udeung khas Aceh. Sambal ini mentah semua bahannya, kecuali Udangnya di rebus terlebih dahulu.

Kemaren waktu ke pasar pas nemu Udang yang bagus dan segar, jadi pengen coba buat Sambal ini. Pertama ragu sich, karena bahan mentah plus pakai Belimbing wuluh, apa nggak asem. Tapi setelah aku coba, jika perbandingan bahan pas, nggak asem sekali sich, hanya segar saja dari Belimbing Wuluhnya. Pas banget di sajikan di cuaca panas, siang hari makan Nasi hangat pakai sambel ini dan kerupuk aja udah enak banget..hihi.

Kalau di Aceh sana katanya sich di makan bersama ayam goreng. Wah..pasti makin sipp ya..hihi. Aku nggak punya ayam goreng sayangnya kemaren. Jadi pakai Kerupuk aja.
Oh ya bikin sambel ini kudu pedas, mengimbangi asem belimbing wuluhnya. Jika nggak suka cabai rawit merah, ada juga yang pakai cabai merah biasa atau cabai rawit hijau, seusai selera aja. Bikin Sambel itu takaran bumbu bebas kok, asal bahan-bahan seimbang, pasti enak.

Banyak versi sambal Udang ini, ada yang udang di goreng, ada yang di rebus. Menurutku lebih segar jika di rebus, jadi lebih gurih manis udangnya. Pilih Udang ya segar ya teman-teman agar tidak amis. Variasi sambal ini juga di bahan, ada yang pakai jeruk nipis, aku nggak pakai...takut terlalu asem..hihi. Aku lebih suka sedikit kecut seger dari Belimbing wuluh di banding jeruk nipis. Ada yang pakai Terasi juga, aku nggak pakai, ingin mencoba versi yang tanpa Terasi, karena jika pakai Terasi, sudah pasti menonjol gurih terasinya..hihi.

Jadi, resep ini adalah ala seleraku ya teman-teman..hihi. Selamat mencoba jika suka..

Video resepnya juga ada, seperti biasa klik aja tanda panahnya :D

 
Sambal Asam Udang

Bahan :
15 buah Cabai rawit Merah ( sesuai selera )
2 butir Bawang Merah
4 buah belimbing wuluh
10 ekor udang, kupas, rebus sebentar hingga berubah warna
1 batangs erai, iris halus
2 lembar daun jeruk purut, iris halus
1/4 sendok teh garam
1/2 sendok teh gula pasir ( sesuai selera )

Cara membuat :
Ulek kasar semua bahan
Koreksi rasa
Sajikan segera dengan Nasi hangat...seger...!

1 comment: