Main Menu

Tuesday, August 22, 2017

Donat Ubi Cilembu


Kok jadi terjadwal malam terus nich postingan nya ya teman-teman...hihi. Ini juga sambil posting sambil lihat The King in Love, drama Korea terbaru di Chanel One. Ya begitulah, nggak bisa diem duduk manis di depan tivi sambil ngopi, terus nyemil mah kalau aku..tetep sambil di depan komputer..hihi. Tapi enjoy aja..asal tetap semangat..selesai semua juga.

Kemaren aku bikin Donat Ubi Cilembu. Memanfaatkan satu buah Ubi Cilembu yang udah bosan di makan gitu aja...aku campur ke adonan Donat saja. Dan seperti harapanku Donatnya jadi empuk dan enak..lebih manis alami dari tambahan Ubi Cilembunya. Donat ini ala-ala Pasar gitu yang biasa di jual di pasar-pasar...jadi lebih enak jika berbalut gula donat aja. 

Taburannya pakai gula Donat yang semriwing, itu sudah sangat membuat Donat ini tambah enak. Apalagi jika di makan hangat-hangat setelah matang, kres enak sekali. Walau di bakery banyak Donat indah berhias aneka warna coklat dll yang kekinian, aku tetap milih Donat gula ini...hihi. Jika Donat berhias coklat, paling makan separo udah eneg kenyang ya, jika bersalut gula seperti ini, weh dua biji anget-anget juga langsung masuk mulut..sambil goreng, sambil nyemil Donat..hahah.

Oh ya, aku punya assisten sekarang yang bantu menguleni adonan Donat..hihi..yaitu mesin Bread Maker. Jadi sekarang lebih bisa menghemat waktu dan tenaga dech jika membuat adonan donat, roti, pizza, dll..cukup aku serahkan ke Bread Maker aja..beres dech..hihi. Tinggal di masukin aja semua bahan, jadilah adonan yang sudah kalis, siap di fermentasi dech, terus tinggal di goreng. Menghemat tenaga 50 persen..hihi.  Yang jelas adonan pasti kalis elastis jika pakai Bread Maker ini, jadi aku sayang banget sama assisten baruku ini.

Oh ya,..kemaren aku buat Video juga cara membuat adonan Donat dengan Bread Maker ini, dan sudah di upload di youtube juga...di www.diahdidi.com, nama chanelnya. Ini dia ya videonya teman-teman. Jangan lupa, suscribe ya di chanel You tube aku, biar nggak ketinggalan Video-Video tutorial singkat resep terbaru.

Donat Kampung
Bahan-bahan :
300 gram tepung terigu protein tinggi
150 gram Ubi Cilembu kukus, haluskan
1/2 sendok makan (6 gram) ragi instan
35 gram gula pasir
15 gram susu bubuk
1 butir telur
100 ml air es
30 gram margarin
1 sendok teh garam
100 gram gula donut, untuk taburan
minyak padat untuk menggoreng

Cara Pengolahan :
  1. Campur tepung terigu, ragi instan, gula pasir, dan susu bubuk. Aduk rata. Tambahkan ubi. Aduk rata.
  2. Masukkan telur dan air es sedikit-sedikit sambil diuleni sampai kalis. Tambahkan margarin dan garam. Uleni sampai elastis. Diamkan 15 menit.
  3. Kempiskan adonan. Timbang masing-masing 25 gram. Bulatkan. Diamkan 10 menit.
  4. Pipihkan adonan. Lubangi tengahnya. Diamkan 45 menit sampai mengembang di loyang yang ditabur tepung.
  5. Goreng dalam minyak padat yang sudah dipanaskan dengan api sedang sampai matang.
  6. Dinginkan. Masukkan ke kantong plastik. Tambahkan gula donat. Kocok-kocok sampai teraduk rata.
Itu jika di uleni biasa ya..jika pakai Bread Maker, masukkan dulu cairan, telur, tutup terigu dan bahan kering, gula, susu, ubi, ragi di tengah, proses pakai tombol dough
Setelah setengah kalis, masukkan margarin dan garam. Biarkan mesin bekerja hingga kalis adonannya. Diamkan hingga double size, kempiskan adonan, giling dengan rolling pin agar gas yang di adonan bisa keluar. Cetak pakai cetakan donat, diamkan 45 menit lagi hingga mengembang. Goreng hingga matang.


No comments:

Post a Comment