Main Menu

Sunday, May 17, 2015

Bakwan Daun Singkong Bumbu Ketumbar


Selamat menikmati hari Minggu teman-teman. Sekarang tanggal berapa ya ?..Hemm..nggak sabar nunggu akhir bulan..nunggu buku 62 RESEP MASAKAN LEZAT UNTUK MENU SEHARI-HARI di launching..hihi. Maklum..karya perdanaku teman-teman. Makasih buat teman-teman yang udah pesan..baik via inbox fb : Diah Didi, page : Diah Didi 's Kitchen atau email di bundadidi@gmail.com. Terharu dech..walau  buku belum beredar..udah banyak yang pesan. Jadi sebagai wujud terimakasihku..nanti buat yang pesan buku secara online via aku..aku adakan undian berhadiah ya. Sebagai ucapan rasa syukur juga..untuk terbitnya buku perdanaku ini,. Daripada buat acara launching yang berlebihan..lebih baik buat berbagi ke teman-teman aja ya..betul ?..Nah..hadiahnya apa ?..Tenang.udah ku siapin ya..antara lain mungkin Sutil donat jika udah ready lagi..nich baru pesan ke pabriknya..karena stok di rumah udah tinggal dikit juga..belum di kirim stock baru..tapi aku udah siapin juga..hadiah spesial..yaitu crepes maker atau wajan kewalik..karena selama ini banyak yang kesulitan cari ya..alat dapur unik ini ya. Atau ada hadiah lain..di tunggu saja ya..kejutannya..hihi. Jadi..buat yang mau pesan..ayukk..segera pesan..bisa diskon juga jika pesan langsung lewat aku..plus bonus tanda tanganku...haha. *gubrak..artis juga bukan..*

Oke dech..sekarang balik maning ke dapur dulu ya. Yukk..masak mudah dan enak..yaitu bakwan daun singkong. Daun singkong....selain di sayur, enak lho di buat cemilan teman-teman. Pernah makan keripik daun singkong nggak ?..Enak lho..jadi kayak paru rasanya. Kapan-kapan ku buat dech. Sekarang kita buat yang mudah dulu yuk..bikin bakwan..hihi. Biasanya sich daun singkong paling suka di buat rollade tahu. Tapi kemaren lagi malas..gulung menggulung..jadi langsung di kasih adonan tepung..goreng aja dech jadilah..bakwan daun singkong yang gurih dan enak. 

Daun singkong..pilih yang masih muda ya teman-teman, jika merebus sendiri agar nggak alot. Kasih sedikit garam agar warnanya nggak berubah. Tapi jika mau praktis..ya..beli di pasar aja yang udah rebusan..banyak kok..murah pula. daun singkong yang udah di rebus, bisa di simpan di kulkas hingga 2 hari, tapi sebelum di masak atau di oleh..rebus lagi bentar di air mendidih, lalu peras.

Bakwan daun singkong dulu pernah ku posting juga..tapi kini aku pakai tehnik beda..pakai ketumbar bumbunya. Wah..lebih enak rasanya ternyata. Jadi adonan kayak adonan mendoan, tapi lebih kental dikit. Jadi..jika mau pakai tepung mendoan yang aku jual..jika teman-teman yang kemaren beli dan masih ada..bisa di pakai juga lho. Praktis kan..tinggal di adonin pakai air, kasih daun singkong rebus, goreng dech..ajdi bakwan singkong yang enak.

Oke..yang mau coba..ini dia ya resepnya ^^
Bakwan Daun Singkong

Bahan ;
250 gram daun singkong yang udah di rebus, peras airnya, potong-potong
250 gram tepung terigu protein rendah atau sedang
300 ml air
2 siung bawang putih , haluskan
1/4 sendok teh ketumbar, haluskan
1/4 sendok teh gula pasir
1 sendok teh  kaldu bubuk
Garam sesuai selera

Cara membuat :
Campur semua bahan kecuali daun singkong, aduk rata dengan sendok saja, jangan di uleni dengan tangan ya..nanti alot bakwannya. Masukkan daun singkong, aduk rata
Goreng di minyak yang di panaskan hingga matang kering.
Sajikan hangat


5 comments:

  1. wah...ada ada saja mbak Diah ini..siiip...besok takhunting daun singkong!!!
    eh mbak...saya blm pernah merebus daun singkong sndri..kira kira brp menit ya?!
    makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp mba met coba ya..jk daun nya muda...15 - 20 menit udah empuk kok mba..:)

      Delete
  2. Wah, bonus bukunya semuanya sangat menarik! Pemenang undian ke-1, ke-2 dan ke-3 begitukah? Mudah2an saya beruntung.... Sukses untuk mbak Diah dengan buku perdananya, laris manis.
    Sisca - Surabaya

    ReplyDelete
  3. Selamat ya mbak diah didi bukunya sudah terbit ya

    ReplyDelete
  4. mbak, mau pesen juga dong bukunya, gimana caranya?

    ReplyDelete