Main Menu

Friday, April 26, 2013

Ketika Ayam dan Udang menyatu..Jadilah Rollade Yang Lezat..^^


 


Menu hari ini..masih memanfaatkan sisa ayam dan udang..sisa dari membuat nugget tahu kemaren. Karena jumlahnya nanggung semua..daging ayamnya cuma tinggal 150 gram..dan daging udangnya tinggal 100 gram..mau di olah sendiri2 kok nanggung banget ..ya udah di gabung aja keduanya..jadilah menu baru yang lezat..Rollade Ayam dan Udang. Ayam dan udang nich memang klop banget kalau di campur jadi satu terus di jadiin olahan seperti rollade, siomay, bakso, pangsit goreng..dll hidangan gurih semacam itu. Karena kalau cuma ayam aja..rasanya akan sedikit hambar. Nah jika ketambahan si udang yang gurih ini..rasa gurihnya jadi kuat dan menonjol. 

Udang ini memang oke ya buat penyedap alami aneka masakan. Sampai2 udang yang sudah kering kayak rebon atau ebi..juga olahan udang seperti terasi, petis dll..juga mantab buat pelengkap bumbu masakan Indonesia. Jika kita bikin mi goreng atau nasi goreng..tambahkan satu atau dua udang yang di geprek..di tumis bareng bumbunya..rasa mie goreng dan nasi goreng..akan semakin gurih dan lezat..cobain dech teman2. Nah..jika kita mengolah udang..dan hanya memakai dagingnya saja..kepala dan kulitnya jangan di buang ya..banyak kandungan gizinya juga lho di kepala dan kulitnya. Jadi..buat apa  kepala dan kulit udang..? Banyak gunanya kok…bisa jadi kaldu yang enak..caranya..panggang sebentar kepala dan kulit udang di oven..sampai berubah warna..atau di sangrai di wajan juga bisa…supaya bau amisnya hilang..setelah itu..di rebus dengan air sampai mendidih..saring air kaldunya. Bisa di simpan di freezer..sewaktu2 bikin sup..bisa di pakai kaldunya..atau di buat Tom Yam Soup tuch..juga pas banget pakai kaldu udang. Yang simple…bisa di buat bubur tuch..jadi dech bubur udang pagi2..yummy buat sarapan. 

Tips juga kalau mengolah udang yang agak besar2..jangan lupa belah punggungnya ya..dan keluarkan kotoran seperti benang warna hitam di punggung udang..supaya lebih enak olahan udangnya. Kalau masak udang di tumis..sebentar aja ya..jangan terlalu lama numisnya..karena kalau kelamaan jadi keras dan hilang dech rasa alami udangnya yang manis2 gurih gitu. Semoga berguna ya teman2..sedikit tips2 nya tentang si udang ini..yukk coba bikin rollade ayam dan udang ini..enakk banget..bisa buat campuran sup..atau di goreng gitu aja..terus di cocol saus sambal..yummy. tapi kalau mau lebih sehat ya di kukus gitu aja juga udah enak kok..selamat mencoba ya….

Rollade Ayam dan Udang

Bahan :
150 gram daging ayam, cincang sampai halus
100 gram udang kupas, cincang sampai halus
1 butir putih telur
2 sendok makan tepung tapioka
1 siung bawang putih, haluskan
½ sendok teh merica bubuk
½ sendok teh kaldu ayam bubuk dan sedikit garam
1 sendok teh gula pasir
3 butir telur , kocok lepas untuk kulit dadar

Cara Membuat :
Campur ayam dan udang cincang dengan bawang putih halus dan bahan2 lain, aduk rata.
Buat dadar telur tipis2.
Ambil selembar kulit dadar. Oleskan campuran rollade ke telur dadar secara merata..lalu gulung dan padatkan. Bungkus dengan plastik.
Kukus 20 menit hingga matang. Potong2 serong.
Sajikan untuk campuran sup..atau di goreng untuk lauk .





11 comments:

  1. enak2 ya masakannya mbak diah. sering mampir disini ngeliat resep masakan.
    Salam kenal ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mba Greissani...udah sering mampir gini..salam kenal juga ya Mba..^^

      Delete
  2. Salam kenal mb Diah... *BigHug
    Suka ngilerrrr kl blog walking ksini...smwx jadi pngen dcobain ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga Mba Sabariah..mksh ya udah sering mampir..:)

      Delete
    2. Ak itu seriiiinngg bnget *nyuri* resepx mb Diah trus dcobain di dpurku hihihiii...tpp lama2 ÄŸ nyaman kl ÄŸ izin ke yg pnya :) maap ya mb telat izinx..*tutup muka pke serbet

      Delete
    3. Hihi..nggak pa2 kok Mba..emang niatnya di share biar banyak yang nyoba..alhamdulillah jika sesuai selera ya..:)

      Delete
  3. hai mbak dd..

    aku nyobain resep ini hari ini.
    kali ini kali kedua bikin olahan ayam udang dg resep di atas.

    tapi aku bikinnya tak modifikasi.
    resep aku tambahin setengah sendok teh minyak wijen.
    terus udang sama ayam aku blender biar halus.
    terus aku pake 1 sdm tapioka 1 sdm terigu. jadinya gak kiyel-kiyel (kalo cuma pake tapioka doang.
    kiyel-kiyel ki boso endi ya.. haha).

    jadi deh bento kayak di restoran jepang.

    :)

    suwun resepnya..

    salam,
    -ulya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sippp Mba Ulya..iya boleh kok di mofif sesuai selera,..kalau mau di buat kayak hok ben..di bungkus kulit kembang tahu lebih enak lagi Mba..:)

      Delete
  4. hai hai mbak diah. td sy bikin resep ini. sy timbang dl ayamnya, eh cm 60 gr. pdhl dikemasan tertulis 100 gr, beli di supermarket terkenal tp kok timbangan ga adil gt,hik. ya udah sy akali ditambahin wortel cincang pake foodprocessor. trs dtambah 1 sdt minyak wijen. alhamdulillah rasanya enak bgt, mirip hokben pny, loncat2 kegirangan deh,hahaha......Mbak, slain wortel sayur hijau yg bisa dcampurin lg apa ? soalnya anak sy ssh mkn syr. trus klo pake kembang tahu, hrs kembang tahu yg basah ya ? td nyoba pake yg kering direbus eh mlh rusak bentuk kembang tahunya. tp sy blm prh bl kembang tahu basah. yg bgs merk apa n bl dmn ? suwun mbak diah ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Ratna..bisa di tambah jamur jika suka Mba..atau brokoli mungkin..:)
      Kembang tahu keringnay di rendam dulu kan Mba di air hangat hingga lemes sebelum di pakai ?

      Delete
  5. Mbak, cara gulungnya gimana ya biar bagus? saya nyoba kok mbleber2 :(

    ReplyDelete