Google Ad

Wednesday, September 9, 2020

Asem-Asem Daging

 

Asem-asem Daging

Sore, menu sore ini adalah Asem-Asem Daging dengan lauk pindang goreng. Horeee .... 

Sayurnya? Ada, dalam bentuk brokoli crispy favorit Yodha ๐Ÿคฃ

Resep Asem-Asem Daging versi Bumbu Iris

Bahan :
  • Daging tetelan yang berlemak 250 gram, rebus hingga empuk dengan 1500 ml air
  • 5 belimbing wuluh / tomat ijo, potong-potong.
  • Kecap manis 2 - 3 sendok makan / sesuai selera
  • Kaldu bubuk rasa sapi 2 sendok teh dan garam sesuai selera
  • 1 sdk teh gula pasir
  • 1 sendok makan air asam kental
Bumbu :
  • Cabai merah 6 buah, iris bulat 
  • Cabai hijau 5 buah, iris juga
  • Bawang merah 6 butir, iris tipis
  • Bawang putih 3 siung, iris tipis
  • Daun salam 2 lembar
  • Lengkuas 2 cm, memarkan
Cara Membuat :
  • Panaskan sedikit minyak, tumis bumbu iris hingga harum dan matang.
  • Masukkan ke rebusan daging.
  • Masak hingga bumbu meresap dengan api kecil, terakhir masukkan belimbing wuluh / tomat hijau.
  • Sajikan hangat.

Brokoli Krispy

Bahan :
  • 1 kuntum brokoli ukuran besar, potong-potong.
  • Rendam di air plus sedikit garam, tiriskan.
Bahan tepung lapisan, ayak bersama :
  • 200 gram tepung terigu
  • 2 sendok makan maizena
  • 1 sendok teh bawang putih bubuk
  • 1 sendok teh kaldu bubuk
  • 1 sendok teh garam ( sesuai selera )
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
Cara Membuat :
  • Ambil 50 gram tepung, beri air secukupnya hingga jadi adonan agak encer
  • Celup brokoli ke adonan basah
  • Baluri adonan tepung kering
  • Goreng di minyak terendam
Selamat mencoba!
3

Saturday, September 5, 2020

Bala-Bala Alias Bakwan


Bala-Bala Alias Bakwan


Happy weekend teman-teman ๐Ÿ’•

Menu sarapan enak di hari Sabtu yang cerah ini, tak perlu mahal ๐Ÿ˜ƒ Pagi-pagi goreng bakwan ala Bandung alias bala-bala, dimakan dengan nasi pecel, wis to gak perlu nasi, bisa habis 3 atau 5? Hayo ngaku ๐Ÿคญ๐Ÿคฃ

Bahan :
  • 200 gram kol, iris halus
  • 1 wortel, iris kecil
  • 2 daun bawang, iris
  • 2 sledri, iris
  • 1/4 bawang bombai, iris
  • 150 gram terigu protein rendah agar kriuk
  • 150 ml air

Bumbu :
  • 2 bawang putih, halusin
  • 1 1/2 sdk teh kaldu ayam / atau ganti garam
  • 1/2 sdk teh merica bubuk
  • 1/4 sdk teh gula pasir

Cara Membuat :
  • Campur semua bahan, aduk rata
  • Sendokkan bulat2 ke minyak yang sudah di panaskan..usahakan terendam agar matang merata dan kriuk luarnya.
  • Bala-bala ini aku meniru tukang gorengan ala Bandung deket rumah..cuma tak tambah wortel. Kalau di tukang gorengan itu hanya kol aja sama daun bawang. Bala2 nya itu kriuk luar lembut di dalam karena jumlah sayuran banyak. Tidak perlu tambahkan telur ya..agar garing luarnya.
Selamat mencoba ya!




2

Monday, August 31, 2020

Penthol Ndower

Penthol Ndower

 
Siang teman-teman, 

Menu menantang siang ini, hari ini aku kok pengen yang pedes-pedes jadi ingat pernah makan Penthol Ndower di Solo yang terkenal itu, makanya jadi pengen bikin sendiri dech.

Pentol Ndower ini pentol yang dimasak berselimut bumbu pedas sedikit manis enakkk.

Beda dengan Penthol Setan ala Surabaya, kalau Pentol Ndower ini sekalian ditumis Pentolnya, bukan disiram bumbu pedas.

Enakkkk ! Kalau aku penyuka pedas sich iyes bangettt, kalau teman-teman ada yang suka juga?

Oh ya, pentholnya aku gak bikin sendiri,  pakai yang sudah siap pakai dari IG @pentoldahsyat , enak dan ada keju lelehnya. Pentholnya itu lembuttt tapi tetap ada tekture sedikit kenyal dan gurih daging masih terasa enak banget.
 
Oh ya di IG @pentoldahsyat selain menjual aneka penthol Frozen, juga tersedia bakso dahsyat, tahu bakso, tahu walik dll. Enak-enak semua udah aku coba teman-teman, dalam bentuk frozen ya.. Jadi bisa buat stok di rumah dech.๐Ÿ’•๐Ÿ’•

Eh beda Penthol sama Bakso apaan sich? Menurutku, kalau Penthol cenderung buat dicemil lebih banyak tepung daripada daging tapi tetap enak gurih rasanya. Jadi pas banget di masak ala Penthol Ndower gini.

Oh ya, aku tulis lagi resepnya ya ...

Pentol Ndower

Bahan :
  • 1 pack Pentol Dahsyat Frozen ( isi 16 biji gede2 mantep )
  • 80 -100 gram cabe rawit merah, (sesuai selera tingkat kedowerannya ๐Ÿ˜…..eh kepedasan maksudnya).
  • 2 bawang putih
  • 1 sdk teh kaldu ayam
  • Secukupnya garam
  • 1/2 sdk teh gula pasir
  • 2 daun jeruk
  • Merica bubuk secukupnya jika suka.
Cara Membuat: 
  • Rebus cabe sebentar, haluskan kasar dgn bawang putih, tumis
  • Masukkan 100 ml air, gula garam dan kaldu
  • Masukkan Pentolnya
  • Masak hingga meresap
  • Cek rasa
  • Nah pas penyajian..boleh di tambah sedikit saus tomat atau kecap manis sesuai selera..tapi jangan di campur pas masak kecap atau saus tomat..beda rasa hasilnya soalnya.. biarkan tetap rasa pedes gurih cabe yang menonjol duluan ๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜ƒ

Itu video yang ngedit Yodha..๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ.. dia melamar part time job jadi team editing Mami katanya, masih belajar tapi lumayan ya teman-teman .. Walau lupa nulis bumbu merica bubuk terus ml ditulis mili sama dia ๐Ÿคฃ

Biarin dulu pelan-pelan belajar nanti kalau ditegur ndak mutung gak mau belajar lagi ๐Ÿคญ


2

Friday, August 28, 2020

Lentho Gurih

 

Lentho Gurih

Selamat Siang,

Sarapan pecel yang pakai lentho kacang tholo, sekalian ngabisin stok kacang tholo yang sudah direndam sisa dari buat sambel goreng labu kemaren, tapi barusan mateng lentho-nya jadi nunggu minta tolong suami beli sayuran. Eh tapi koq sudah enak dicemilin ini, jadi kenyang duluan .. Piye jal? ๐Ÿคฃ

Lentho

Bahan :
  • 300 gram singkong parut ( peras sedikit airnya jika singkongnya kandungan airnya , jika tidak yang nggak usah )
  • Kelapa parut 1/2 butir
  • Kacang tholo 100 gram ( rendam 3 jam atau hingga mekar )
Bumbu Halus :
  • 2 siung bawang putih
  • 1 cm kencur
  • 2 sendok teh kaldu ayam / garam secukupnya 
  • 1/4 sendok teh ketumbar
  • 2 lembar daun jeruk purut
  • 1/4 sendok teh gula pasir
Cara Membuat :
  • Campur singkong parut dan kelapa parut dengan semua bumbu. 
  • Cicipi..sampai rasa gurihnya pas, jika kurang bisa tambahkan garam. 
  • Ambil sedikit adonan, kepal-kepal kuat, bentuk lonjong pipih dengan tangan. 
  • Goreng dalam minyak yang sudah panas sampai kuning keemasan, atau sampai coklat renyah. jika suka. 
  • Sajikan untuk cemilan atau pelengkap pecel, yummy lho !

Note :
  • Jika takut ambyar waktu digoreng boleh ditambah 1 sdk makan tapioka.
  • Tapi asal pas dikepal-kepal dengan kuat hingga terbentuk "Cap Jari" ๐Ÿคญ๐Ÿคฃ Dan minyak sudah panas baru adonan masuk, sebenarnya tidak akan ambyar waktu di goreng ๐Ÿ˜ƒ.
Selamat mencoba!
2

Bakso Kampung

Bakso Kampung

 Selamat Malam, 


Udara dingin, jadi pengin yang seger-seger buat makan malam makanya bikin yang ini aja ya ...

Bakso Kuah Kampung, tapi ala kampungku di Yogya sana. Bakso yang pakai irisan Tahu Pong, pakai sawi ijo mentah diiris terus disiram kuah bakso panas, aromanya sungguh khas...๐Ÿ˜‹

Terus kalau mau otentik ndeso, mie-nya pakai mie kuning pasar yang basah seharusnya tapi aku gak ada pakai mie kering saja ๐Ÿ˜….

Yang khas lagi kuahnya bening karena gak pakai kaldu tulang, sumsum apalagi jerohan dll seperti bakso kota ๐Ÿ˜ƒ. Tapi ini cuma pakai bumbu bakso kuah sachet yang instan saja, tapi rasanya justru otentik jadul seperti bakso kuah jaman aku kecil, yang murah meriah tapi ngangenin.. ๐Ÿ˜ƒ

Cara Membuat :

Siapkan aja Bakso siap pakai, bisa beli di pasar atau supermarket.

Bahan kuah :
  • 1000 ml air
  • 2 sdk teh bumbu kuah bakso sachet, kalau gak ada ganti kaldu sapi bubuk
  • Secukupnya garam
  • 5 bawang putih, goreng, geprek
  • 2 batang sledri, ikat
  • 1/2 sdk teh merica bubuk
Cara Membuat :
  • Masak semua bahan kuah api kecil
  • Hingga meresap
  • Cek rasa
  • Sajikan dengan :
    • Mie basah kuning ala pasar
    • Tahu Pong iris
    • Bakso
    • Sawi ijo, jangan di rebus..cukup di iris2 mentahan..tuangi kuah panas bakso nanti jadi layu..aromanya jadi khas
    • Bawang goreng, sledri iris
    • Kecap
    • Saos
    • Sambal rawit
Kalau ada bakso goreng bisa ditambahkan, tapi sayangnya tidak ada.๐Ÿคฃ

Selamat mencoba!

2

Bubur Ayam Kuah Kuning

Bubur Ayam Kuah Kuning

Selamat pagi teman-teman,

Beberapa hari ini udara pagi hari dingin banget ya? Jadi ingin sarapan bubur ayam nich, tapi mau jajan masih takut jadi baiknya mari kita buat sendiri aja bubur ayamnya ya ... Sedikit repot tapi hasilnya memuaskan selera keluarga dan lebih enak ๐Ÿ’•๐Ÿ’•

Nah, biasanya aku buat bubur pakai Rice Cooker saja, kali ini aku mau berbagi cara membuat Bubur Ayam dengan cara manual ya teman-teman ... pakai panci, teng-teng!

Kalau membuat bubur dengan cara manual begini, aku lebih suka memakai pan yang berbahan stainless. Walau banyak koleksi pan, namun panci stainless seperti merk Arturo ini, harus  tetap wajib ada di dapur teman-teman. Mengapa? Karena sangat berguna jika masak menu-menu seperti bikin bubur, gudeg, rendang dan lain-lain, yang butuh waktu lama mengolahnya jadi lebih cepat matang.

Aku pakai Arturo Casserole 24 cm dari (IG) @gastroline.indonesia, banyak kelebihannya teman-teman:
  • Salah satu panci paling aman dan sehat.
  • PFOA free.
  • PTFE free.
  • Tidak beracun dan bereaksi terhadap makanan.
  • Awet sepanjang masa, bisa diturunkan ke anak cucu.
  • Investasi 1x saja, tidak boros karena harus beli dan beli lagi.
  • Body tebal, sehingga memasak makanan dalam temperatur tinggi matang merata dan tidak cepat gosong.
  • Sandwich bottom tebal 0.5cm bisa utk segala jenis kompor, termasuk kompor induksi.
  • Gagang hollow dan ada lubang kecil sehingga tidak cepat panas.
  • Menggunakan las laser (bukan baut), sehingga lbh modern dan tidak ada sisa makanan yang tersangkut.
  • Design bibir panci anti tumpah.
Bahan Kuah dan Ayam Suwir :
  • 1/2 ekor ayam yang udah di buat kaldu
  • 2 batang serai, dimemarkan
  • 4 lembar daun jeruk, dibuang tulangnya
  • 2 cm lengkuas, dimemarkan
  • 2 lembar daun salam
  • 2 1/2 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 1.000 ml air biasa atau air kaldu
Bumbu Halus:
  • 10 butir bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 4 butir kemiri sangrai
  • 1 cm jahe
  • 1/2 sendok teh ketumbar
  • 3 cm kunyit
Cara Membuat :
  • Tumis bumbu.
  • Masukkan air, ayam..semua bumbu.
  • Masak hingga meresap.
  • Angkat Ayam, goreng ayam, suwir-suwir.
Bahan Pelengkap:
  • 100 gram kerupuk kanji ,kacang kedelai goreng.
  • 1 sendok makan bawang merah goreng.
  • 1 sendok makan seledri, diiris halus,kecap dan sambal.
Selamat mencoba!

2

Tuesday, August 25, 2020

Risol Ragout Sayur

Risol Ragout Sayur

Sore, 

Menu snack kemaren ini teman-teman, aku buat Risol Ragout sehat dan cocok dech untuk snack anak-anak karena isi-nya ayam, dan full sayur. Kulitnya lembut lentur pakai susu, jadi lebih gurih dan lembut, terus digoreng pakai minyak kelapa dari (IG) @mamaco.id, minyak kelapa yang bening dan buat goreng-goreng gini rasanya tetap enak, tanpa ada aroma aneh di gorengan, bisa renyah krispy dan cantik. Selain itu minyak goreng kelapa Mamaco ini juga rendah kolesterol dan mengandung anti oksidan ๐Ÿ’•๐Ÿ’•

Lihat dech hasil risol-ku ini, menggoda kan teman-teman ?!

Mamaco ini bisa di beli di Blibli.com dan harga gak mahal 5 liter Rp 115 ribu, jadi dipakai sehari-hari tetap ekonomis dan bisa 6 kali pakai. Hemat kan teman-teman? Yuk cobain ya, minyak goreng kelapa dari (IG) @mamaco.id ini.

Oh ya, isi ragout-nya aku share di sini ya, takut videonya kepanjangan, kalau resep kulit risol yang lembut dan lentur sudah ada di video di atas ya.

Bahan Ragout Ayam Sayur ENAK :
  • 100 gram daging ayam, rebus
  • 1 wortel, potong dadu, rebus
  • 1 Jagung, serut, rebus bersama wortel
  • 100 gram kacang polong
  • 1/2 bawang bombai, cincang
  • 200 ml susu
  • 50 gram terigu
  • 2 sdk teh kaldu ayam
  • secukupnya garam
  • 4 sdk teh gula pasir
  • 1/2 sdk teh merica
  • 1/4 sdk teh pala
  • 2 sledri cincang
  • 2 sdk margarin
Cara Membuat:
  • Tumis bawang bombai dgn margarin, masukkan ayam, aduk Masukkan terigu, aduk hingga berbutir-butir.
  • Masukkan susu dan sayuran.
  • Masukkan semua bumbu.
  • Aduk-aduk hingga mengental.
  • Cek rasa.
  • Jika sudah pas masukkan sledri cincang.
  • Dinginkan.
Selamat mencoba ! 


2

Sunday, August 23, 2020

Soto Klethuk

 

Soto Klethuk

Malam, 

Ini menu siang tadi teman-teman, Soto Klethuk.๐Ÿ’•๐Ÿ’•

Soto Klethuk ini khas Blora, aslinya, tapi pakai kucai, dan aku gak punya. ๐Ÿคฃ Jadi pake loncang wae...๐Ÿ˜ƒ Terus lupa naruh telur rebus juga pas motret, padahal udah siapin telur rebus, pas mau makan baru ingat. ๐Ÿ˜…

Ciri khas Soto Klethuk ini pakai gethuk singkong goreng yang dipotong kecil-kecil, tapi aku versi praktis pakai singkong goreng aja sama enaknya. Gorengan singkong ini yang kalau di makan bunyi klethuk-klethuk, alias renyah, enak dech, sensasi rasanya beda dan unik. Yodha aja sukaaa ๐Ÿ’•

Soto Klethuk Blora

Bahan :
  • 1 ekor ayam, rebus api kecil hingga keluar kaldu bening, sisihkan 1200 ml air kaldunya. Angkat ayam, sisakan 2 potong untuk suwiran
  • 2 butir telur, rebus, belah dua 
  • 50 gram soun, seduh air panas hingga mekar
  • 1/8 sendok teh pala bubuk, 1 cm jahe, memarkan, 2 daun salam, 2 sereh, 2 daun jeruk
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 6 butir bawang merah, 3 bawang putih, haluskan
  • 2 cm kunyit, memarkan
  • 2 sendok teh kaldu ayam bubuk dan garam secukupnya
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 1 sendok makan kucai iris / daun bawang
  • 150 gram singkong, kukus 10 menit, potong kecil
Cara Membuat :
  • Tumis bumbu halus dan kunyit hingg amatang dan harum
  • Masukkan air kaldu dan semua bumbu lain
  • Masak hingga meresap
  • Bumbuin singkong : 2 siung bawang putih, 1/2 sendok teh garam, 1/2 sendok teh kaldu ayam, sedikit air, diamkan hingga meresap
  • Goreng hingga kering
  • Sajikan Soto dengan pelengkap dan gorengan singkong
Selamat mencoba!
2

Thursday, August 20, 2020

Lodeh Tempe Semangit

Lodeh Tempe 


Malam,

Tiap hari masak menu enak untuk Yodha dan Papinya, tapi tetap seleraku yang begini saja udah nikmat makan...๐Ÿ˜…..

Memang ilat ndeso (lidah ndeso), ketemu tempe semangit udah seneng..๐Ÿคญ

Kali ini aku lagi pengen lodeh tempe yang agak kental kuahnya, jadi kupakai kemiri bumbunya, bumbu lain diiris saja biar rasanya tetap sedap ringan dan gak "mblenger" (eneg). Wis lah, pokoknya kalau masak aku itu lagi pengen apa ya masak saja, jadi malah banyak versi-nya, lodeh aja beragam resep yang bisa aku buat. ๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜ƒ

Bahan :
  • 1 papan kecil tempe semangit, potong2 ( 200 gram )
  • 2 lembar daun salam
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • 1000 santan
  • 1 sdk mkn gula merah
  • 2 sdk teh kaldu sapi
  • Garam, secukupnya.
  • 1 sdk makan rebon
  • 1 terong , iris2
  • 50 gram kulit melinjo
  • 50 gram toge dele..biar tambah sedep
Bumbu:
  • 6 bawang merah, iris
  • 3 bawang putih, iris
  • 8 cabe merah
  • 5 cabai rawit, iris
  • 2 kemiri, ulek
Cara Membuat:
  • Tumis duo bawang hingga harum
  • Masukkan kemiri dan cabe
  • Tumis hingga layu
  • Masukkan santan...dan bumbu2
  • Didihkan
  • Masukkan tempe , kulit melinjo
  • Masak api kecil hingga meresap
  • Masukkan terong
  • Cek rasa
  • Masak api kecil ya..agar kuah tidak cepat habis dan meresap bumbunya.
Selamat mencoba.
2

Google Ad

Visit Our You Tube Channel