Google Ad

Tuesday, April 7, 2020

Asem-Asem Daging Ala Demak

Asem-Asem Daging Ala Demak.

Siang,

Badan agak kurang fit.. beberapa hari ini kurang tidur, mulai galau kayaknya.. padahal ya gak ada masalah apa2..galau kebanyakan baca berita ๐Ÿ˜…..jadi minggu ini ngga berani ke pasar dulu.

Jadi lauknya ayam atau daging lagi..karena cuma minta tolong suami..ambil pesanan ke tukang ayam atau daging yang udah langgananku di luar pasar.. tinggal sms aja. Jadi menu hari ini Daging Tetelan lagi ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ.. Kali ini aku buat Asem2 Daging tapi beda versi lagi sama yang lalu..kali ini versi Demak... seperti kalau makan di Asem2 Rahayu yang terkenal itu.

Dan Alhamdulillah Yodha suka..seger katanya. Asem2 Demak ini kuahnya agak merah kecoklatan..karena pakai cabai merah halus dan sedikit kluwak. Rasanya unik.. segar. Biasanya di sajikan sama Bothok Telur asin..tapi belum sempat buat..padahal udah siap bahan juga sich tadi ..jadi lauknya Bacem Tahu aja ya...๐Ÿ˜… Yuk cobain teman2.. bahannya juga murah meriah kok.. daging Tetelan aja bisa ๐Ÿคฃ

Asem-Asem Daging Ala Demak

Bahan :
  • Daging tetelan 300 gram
  • Air 1000 ml
  • 2 buah tomat hijau, potong-potong
  • 2 sendok makan air asam Jawa
  • 1/2 sendok makan gula merah
  • 1 sendok makan kecap manis
  • ½ sendok makan gula pasir
  • 1/4 sendok teh kaldu sapi dan 1/4 sendok teh garam ( secukupnya )
  • 1 batang sere, 2 cm lengkuas, dan 2 lembar daun salam
  • 8 buah cabai rawit
Bumbu Halus :
  • 1 buah kluwak, seduh air panas jika kluwak kering
  • 6 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 3 buah cabai merah
Cara Membuat :
  • Haluskan bawang merah, bawang putih, cabai merah dan kluwak.
  • Tumis hingga harum dan matang.Tambahkan sere, laos dan salam. aduk rata.
  • Masukkan potongan daging, aduk hingga berubah warna
  • Tuangi air dan masukkan semua bumbu, kecuali tomat hijau. masak api kecil hingga meresap
  • Setelah daging matang, cek rasa
  • Masukkan tomat ijo
  • Sajikan hangat
Selamat mencoba!

3

Sayur Bening Kelor

Sayur Bening Kelor.

Malam,

Menu makan malam ini..Sayur Bening Kelor ๐Ÿ’•

Ini super, pertama makan daun kelor...๐Ÿคญ๐Ÿคฃ Bukan apa2..karena di tempatku di Yogya, ibuku jarang masak daun ini..walau dulu seingat ku di samping rumah dekat sungai ada pohonnya gede. Mungkin karena kepercayaan waktu itu daun ini identik dengan hal2 mistis gitu, kayak misal sebagai peluntur jimat atau susuk ..atau penangkal ilmu hitam..dll...๐Ÿ˜…๐Ÿ™„ ..Jadi gak pernah di masak kalau di kampung ku..๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ Eh sekarang Kelor makah nge trend ya karena khasiatnya yang banyak. 



Bahkan di dekat rumahku di Yogya ya banyak restoran yang menu serba kelor tapi mau coba ya belum sempat. Akhirnya masak ini tadi.. ternyata seger yaa..enak..๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜ƒ

Aku lebih bisa makan daun kelor ini di banding daun Katuk...nek daun katuk gak iso kolu ๐Ÿคญ๐Ÿคฃ

Bahan :
  • 1 mangkuk daun kelor yang muda saja
  • 1 wortel
  • 1 labu siam
  • 2 cm temu kunci, memarkan
  • 3 butir bawang merah, iris tipis
  • 2 lembar daun salam
  • 1000 ml air
  • 1 sendok teh kaldu jamur dan 1/2 makan garam ( sesuai selera )
  • Gula merah 1 sendok makan

Cara Membuat :
  • Rebus air, temu kunci, bawang merah iris, salam dan garam, bumbu semua.. hingga mendidih, masukkan labu dan wortel, masak hingga hampir matang, lalu masukkan daun kelor, tunggu sebentar hingga berubah warna, angkat
  • Jangan lupa cek rasa.
Selamat mencoba!
1

Monday, April 6, 2020

Terik Daging Campur

Terik Daging Campur

Malam....
Menu malam ini..Terik campur2 ada Daging, Tahu, campur Telur... sekalian biar sekali masak ๐Ÿ’•๐Ÿ’• Terik Daging & Tempe

Bahan :
  • 300 gram daging, yang mudah empuk ..misal Lulur atau Kisi
  • 5 buah tahu
  • 5 telur rebus
  • 3 lembar daun salam
  • 3 cm lengkuas, memarkan
  • Daun jeruk 3 lembar
  • Serai 2 batang, memarkan
  • Kaldu sapi bubuk 2 sendok teh
  • Garam secukupnya
  • Gula merah 50 gram
  • Santan agak kental 1000 ml
Bumbu halus :
  • 6 buah bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 6 butir kemiri
  • 1/2 sendok mkn ketumbar
  • 1/4 sendok teh merica butiran
Cara membuat :
  • Tumis bumbu halus hingga harum dan matang. 
  • Masukkan daging, aduk hingga berubah warna, masukkan santan dan bumbu2, serta tahu. 
  • Masak dengan api kecil hingga bumbu meresap, kuah mengental hingga tinggal 1/4 dari jumlah santan awal ya, kuah agak menguning atau kecoklatan, tergantung gula merah yang di pakai..dan daging empuk, telur gempi dan berubah warna itu tandanya sudah matang.
  • Koresi rasa. Sajikan
Beda Terik dengan Opor, Terik di masak hingga mengental dan mlekoh..jadi bumbu2 lebih meresap dan legit. Rasa juga lebih medok..gurih manis enak. Selamat mencoba!
4

Friday, April 3, 2020

Puding Pisang

Puding Pisang

 Sore,

Punya pisang ranum..biar nggak di goreng terus..kita bikin puding aja yukkk ๐Ÿ’•๐Ÿ’• 

Bahan :
  • 1 pack agar2 bubuk plain
  • 1/2 sdk teh nutrijel plain (optional , kalau aku suka pakai krn tekture puding jadi kokoh tapi tetap lembut)
  • 900 ml santan
  • 200 gram gula merah
  • 1/2 sdk teh garam
  • 2 daun pandan
  • 8 pisang, boleh kepok..boleh raja yang penting ranum..matang betul jadi harum, kukus 5 menit, potong2
Cara Membuat :
  • Campur semua bahan kecuali pisang
  • Masak hingga mendidih
  • Masukkan pisang
  • Aduk rata
  • Matikan api
  • Tuang ke cetakan
  • Dinginkan di kulkas
Selamat mencoba!



1

Asem-Asem Daging Buncis

Asem-Asem Daging Buncis
Pagi....sarapan pagi ini....๐Ÿ’•๐Ÿ’• Cemplungin sisa2 bahan yang ada di kulkas..ada sedikit tetelan dan koyor, ada sedikit buncis..ada 2 tahu..campur2 aja jadi Asem-Asem..seger pas untuk sarapan. Lauknya cukup Tempe Garit aja sama kerupuk..๐Ÿ‘Œ๐Ÿ˜˜ 

Asem-Asem Buncis Campur
  • Daging tetelan yang berlemak 200 gram atau Koyor 200 gram, presto / rebus hingga empuk dengan 1500 ml air
  • 100 gram buncis, potong kecil, 2 tahu, potong kotak kecil
  • Tomat hijau 3 buah, potong sesuai selera
  • Kecap manis 2 - 3 sendok makan / sesuai selera
  • Kaldu bubuk rasa sapi 2 sendok teh dan garam sesuai selera
  • Gula merah 1/2 sdk mkn
  • 1 sendok makan air asam dari 5 mata asam Jawa, remas2 dgn sdkt air
Bumbu :
  • Cabai merah 3 buah, iris bulat
  • Cabai hijau 3 buah, iris juga
  • Bawang merah 6 butir, iris tipis
  • Bawang putih 3 siung, iris tipis
  • Daun salam 2 lembar
  • Lengkuas 2 cm, memarkan
Asem-Asem Daging Buncis
Cara Membuat :
  • Daging tetelan dan koyor di potong kotak kecil.
  • Saring air kaldu, ukur 1000 ml.
  • Panaskan sedikit minyak, tumis bumbu hingga harum dan matang.
  • Masukkan daging tetelan dan koyor, buncis, tahu dan semua bumbu.
  • Masak hingga bumbu meresap dengan api kecil, terakhir masukkan tomat hijau. Masak lagi hingga tomat sedikit layu
  • Sajikan hangat.
  • Note: Jika mau pedas tambah cabe rawit, tapi kalau untuk anak2 pakai cabe besar aja. Cabe rawit bisa juga di cemplungin utuhan.
Selamat mencoba!

0

Peyek Ndeso ... Gurih!

Peyek Ndeso (1)
Lihat kacang di dapur..anak Lanang kok request peyek ndeso seperti yang di buatin Budhenya waktu ke Semarang beberapa waktu lalu..peyek yang kacangnya glundungan..utuh2 ..๐Ÿคฃ Soalnya aku kalau bikin peyek mesti versi Semarang yang kacang di iris kecil2..yang praktis dan cepet gorengnya..sekali goreng langsung kering.

Peyek Ndeso (2)

Peyek Ndeso (3)

Kalau versi ndeso gini bikinnya agak ribet, karena harus dua kali goreng.. pertama di alumi ( seperti di foto slide 2 ) dulu ..terus di dinginkan ..baru di goreng.

Kalau langsung goreng kacang gak bisa renyah, peyek mudah gosong. Yo wis lah demi anak Lanang..dan pas dia makan langsung habis 5 peyek hingga detik ini masih nyemil dia...terus itu komennya yang heboh..ilang capeknya dech.

Sampai belum masak lauk makan malam..baru sempat nyayur rebung ๐Ÿ˜… (slide terakhir fotonya ya)

Bahan :
  • 250 gram tepung beras
  • 50 gram tepung tapioka
  • 300 - 325 ml air, kurang lebih di kira2 saja hingga adonan encer, tapi terasa adonannya jika di aduk
  • 1 butir telur
  • 5 lembar daun jeruk, iris halus
  • 250 gram kacang tanah, cuci bersih
  • 2 sdk teh kaldu ayam dan garam secukupnya
Bumbu halus :
  • 2 bawang putih
  • 2 sdk teh ketumbar
  • 1 cm kencur
  • Campur semua bahan , aduk hingga jadi adonan encer
  • Panaskan minyak di wajan cekung, tidak perlu terlalu banyak dulu
  • Tuang 1 sdk sayur adonan, di minyak yang sudah panas
  • Goreng setengah kering masih putih ya, seperti foto slide 2 , lakukan hgg adonan selesai
  • Dinginkan minimal 1 jam, lebih lama lebih baik baru di goreng kembali di minyak banyak hingga kering
Noted : utk peyek jadul gini aku lebih suka ala ibuku yang tidak pakai kemiri dan tidak pakai santan, jadi enak di cemal cemil, nggak mblengeri gurihnya ringan ๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜
Adonan peyek setengah matang ini bisa juga di simpan sehari sebelumnya, besok baru di goreng. Jaman dulu kalau ada hajatan biasa bikin peyek banyak, sehari sebelumnya bikin peyek aluman ( setengah matang ) bisa belasan hingga puluhan tampah ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…..hari berikutnya baru di goreng hingga kering.

Selamat mencoba!



0

Thursday, April 2, 2020

Oseng Cumi Hitam

Oseng Cumi Hitam

Pagi... Sarapan pagi ini..ini aja ya...Oseng Cumi...๐Ÿ’• Mbak menunya kok gonta ganti..apa belanja tiap hari ke pasar..kan lagi di rumah saja ?

Nggak sich.. belanjaan hari Minggu kemaren ini...terus kadang suka nitip Budhe Sayur langganan.

Budhe Sayur langganan tiap hari masih ke rumah..walau kadang sampai rumahku udah kelarisan tinggal bumbu2 aja..katanya malah laris manis jualannya sejak ibuk2 pada di rumah aja...๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ...

Tapi walaupun gak bawa apa2 yo tetep aku minta ke rumah..karena mesti ada aja makanan yang aku kasih ke Budhe...jadi belanja atau nggak belanja tetep mampir.

Tapi Budhe Sayur ini baik hati..kadang nggak di minta suka nyapuin halamanku..padahal udah aku larang. Habis dari rumahku..dia ke rumah seorang Eyang yang tinggal sendiri, gak di bayar lho...masakin dulu baru pulang atau kerja yang lain jadi art pocokan.

Jadi itulah..makanya di tengah kondisi susah seperti ini dia tetap jualan..dan nyatanya ya tetap laku, malah laris manis...intinya tetap semangat ya teman2 ๐Ÿ’•๐Ÿ’• Okay.. kembali ke resep ya... Biasanya aku masak cumi hitam bumbu ulek yang pedes gitu..tapi karena ini masak untuk Yodha sekalian...jadi nggak aku buat pedes. Aku kombinasi aja bumbu ulek dan iris..hasilnya tetap sedepppp ๐Ÿ˜‹

Bahan:
  • 500 gram Cumi segar
  • Cuci bersih, lumuri air jeruk nipis, bilas, potong2.. tintanya jangan di buang
  • 2 cabai merah besar, 2 cabai hijau besar, iris
  • 6 bawang merah
  • 3 bawang putih, iris
  • 2 tomat hijau, iris
  • 2 daun salam
  • 2 cm lengkuas
  • 3 sdk mkn kecap manis
  • 1 sdk teh kaldu ayam, secukupnya garam
  • 1/2 sdk teh merica
Bumbu halus :
  • 4 kemiri sangrai
  • 2 cm jahe
  • 2 cm kunyit
  • Tumis humbu iris , masukkan bumbu halus
  • Masukkan cumi, dan semua bumbu
  • Aduk2, cek dulu jika air yang keluar dari cumi sudah banyak, tidak perlu di tambah air
  • Aduk2 dan masak api besar
  • Jangan terlalu lama agar tidak alot
Mateng? Mateng lah..cumi salah satu seafood yang sangat mudah matang..๐Ÿ‘Œ
Selamat mencoba!

0

Wednesday, April 1, 2020

Brongkos Pepaya Muda


Brongkos Pepaya Muda


Pagi,

Sarapan pagi ini..cukup manasi Brongkos Pepaya Muda yang aku buat kemaren sore..๐Ÿ’• Brongkos Yogya itu banyak variasi..sayur macam2 bisa masuk..salah satunya Pepaya Muda..ini enak di brongkos..palagi campur Tetelan sama kulit melinjo..๐Ÿ˜‹..tapi kulit melinjo ku habis. Yang wajib ada itu kacang tholo aku kalau bikin brongkos..soalnya di gado aja enak ๐Ÿคฃ

Ini Brongkos nya udah *medok ya..karena udah nginep Semalam terus di panasi..tapi memang aku suka kalau udah medok gini bumbu tambah meresep..๐Ÿคญ๐Ÿคฃ Ada juga yang brongkos jenis kuah agak encer, nggak pekat gini kuahnya..kayak kalau beli di warung2 di Yogya itu..tapi aku kurang cocok..lebih seneng yang mlekoh gini je...ala ibuku ๐Ÿค—

Brongkos Pepaya Muda

Bahan :
  • 100 gram daging tetelan / sandung lamur
  • 200 gram kacang tholo, rendam semalam atau hingga mekar
  • 100 gram tahu, boleh putih atau goreng / tahu plempung
  • 200 gram pepaya muda , potong kotak
  • 4 telur rebus
Bumbu :
  • 6 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 4 buah kluwak
  • 1/2 sendok makan ketumbar
  • 1 cm kencur
  • 4 butir kemiri
  • 1 sendok makan gula merah / secukupnya
  • 2 buah cabe merah
  • Cabai rawit utuh secukupnya 
  • 1/2 sendok teh terasi
  • Santan cair 1000 ml
  • santan kental 200 ml
  • Garam secukupnya,bumbu kaldu bubuk rasa sapi 2 sdk teh
  • 2 ruas jari lengkuas, memarkan
  • 2 batang serai, memarkan
  • 3 lembar daun jeruk
Cara Membuat :
  • Haluskan bumbu bumbu , kecuali lengkuas , serai dan daun jeruk. 
  • Tumis hingga harum, lalu masukkan daging, kacang tholo, tahu, telur rebus dan santan cair, masukkan bumbu2 dan pelengkap lain, lalu 
  • Ungkep hingga daging dan kacang tholo empuk, pepaya muda dan rawit bisa di masukkan setelah daging dan kacang tholo setengah matang supaya tidak terlalu empuk. 
  • Cicipi rasanya, jika sudah pas masukkan santan kental. 
  • Aduk rata..masak sebentar lagi hingga meresap.
Selamat mencoba!

0

Tuesday, March 31, 2020

Rempah Udang Gurih

Rempat Udang Gurih

Pagi,

Ini lauk teman makan Lodeh Tuju Warna kemaren teman2....sekalian bikin banyak untuk di kirim ke Mbah Uti Yodha...๐Ÿ’•๐Ÿ’• Rempah Udang..ini gurih enak..cocok untuk teman lauk Sayur Lodeh. 

Rantangan Lodeh 7 Warna, Rempah Udang dan Bandeng.

Lauk Bandeng.

Papine Yodha biasanya nggak suka lauk berbahan kelapa..kemaren pas makan tak cemplungin aja satu ke piringnya.. maksudnya biar nyoba..eh habis itu..minta lagi ๐Ÿคญ 

Mana lauk yang bulet2 tadi.. lagi katanya enak gurih..๐Ÿคฃ Makanya tho Pakne Yodha..ojok nolak2 makanan buatan istri..mesti enake wis ๐Ÿคญ๐Ÿคฃ

Rempah Udang Gurih

Bahan:
  • 1/2 butir kelapa (sedang, tidak terlalu tua tapi sudah bisa diparut panjang).
  • 50 - 100 gram udang, dikupas dan dihaluskan.
  • 1 butir telur ayam.
Bumbu, dihaluskan:
  • 2 siung bawang putih.
  • 1/2 sdt ketumbar.
  • 2 butir kemiri, disangrai.
  • 3 buah cabai rawit.
  • 1/4 sdt merica butiran.
  • 1/2 sdt gula pasir.
  • 1 sdt garam/bumbu kaldu instan rasa ayam.
Cara Membuat:
  • Campur kelapa yang sudah diparut, udang, telur dan bumbu halus hingga rata.
  • Bentuk adonan menjadi bulat pipih, atau bulat lonjong, sesuai selera.
  • Goreng ke dalam minyak panas dan banyak hingga kuning kecoklatan dan kering.
  • Angkat dan tiriskan.
  • Silahkan disajikan.
Selamat mencoba!
0

Google Ad

Visit Our You Tube Channel