Google Ad

Wednesday, April 18, 2018

Set Menu Komplet untuk Makan Malam


Beberapa hari ini lagi rajin bikin set menu, jadi menu lengkap untuk makan malam atau makan siang..yaitu lauk dan pelengkap yang cocok. Karena banyak teman yang sering wa  minta saran, kalau lauk ini cocoknya pendampingnya apa...dll. Ya oke lah..aku share aja sekalian ya teman-teman...apa yang aku masak sehari-hari untuk keluarga kecilku. Walau menu sederhana aja sich.
0

Monday, April 16, 2018

Mie Goreng Hijau Sawi



Kemaren aku buat Mie homemade lagi. Kali ini aku buat warna hijau dari Sawi Hijau.  Salah satu pewarna alami untuk Mie yang paling mudah di dapat. Ada yang menanyakan..kenapa pakai Sawi, nggak pakai daun Suji. Ya..karena memang yang paling mudah di cari ya Sawi ini..bisa di beli di pasar. Kalau daun Suji kan agak susah carinya. Seandainya punya daun Suji sich enak juga ya lebih bagus mesti warnanya. Tapi hari gini susah cari daun Suji. Kebanyakan daun pandan aja yang banyak. Seperti di kebun kecilku di belakang juga yang banyak pandan..hihi.
3

Friday, April 13, 2018

Ayam Geprek Saus Keju


Yodha sore request Ayam goreng Krispy saus keju.  Di dekat rumah ada sich gerai ayam krispy murah meriah pakai saus keju. Cuma kejunya kurang nendan..daripada beli..mending bikin sendiri. Dan beneran..kata Yodha ini yang terbaik dari saus keju manapun katanya..hihi.
2

Wednesday, April 11, 2018

Gudeg Basah pakai Slow Cooker


Akhirnya kembali bisa masak pakai Slow cooker lagi, dulu punya udah pecah, mau beli lagi lupa terus, dan keseringan pakai panci Presto juga jadi malas pakai slow cooker haha. Tapi karena ini dapat gratis ya harus di pakai ya tho.
2

Monday, April 9, 2018

Cara Membuat Ikan Pindang


Ikan pindang, salah satu bahan makanan favoritku. Ikan hasil olahan ini rasanya enak gurih dan luwes di olah jadi aneka menu. Ikan pindang ini bisa di goreng, di oseng, di masak santan, di pepes, atau menu lain. Semua enakkk..๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹

Ikan pindang ini merupakan salah satu cara mengawetkan ikan di Jawa yang bisa tahan beberapa hari. Cara pengolahannya cukup mudah. Ikan yang sudah di bersihkan, lalu di rebus bersama air garam. Ikan di letakkan di keranjang bambu kecil2 seperti di foto di atas, jadi tidak akan hancur ketika di rebus lama. Makanya nama lain ikan ini, adalah ikan keranjang.

Jika jaman now, mungkin bisa di kukus aja kali ya teman2 hihi. Cuma memang beda ya, jika di rebus itu garam lebih meresap dan ikannya terendam sari kaldu ikan, karena di masak biasa dalam jumlah banyak, jadi lebih gurih dan khas aromanya.

Jadi begitulah kira2 cara membuat ikan pindang ya, buat teman2 yang tinggal di luar pulau Jawa atau malah di luar negeri, jika ingin menikmati ikan pindang ini, selamat mencoba.

Jadi proses pertama ikan di bersihkan, kemudian di taruh di keranjang kecil2, masukkan ke panci berisi larutan air dan garam, lalu di rebus api kecil hingga 2 jam kurang lebih, angkat dan tiriskan.
4

Sunday, April 8, 2018

Tips Membuat Bekal Kreatif Anak



Membuat bekal anak yang menarik itu gampang-gampang susah ya teman-teman. Karena waktu istirahat anak yang terbatas, selain menikmati bekal tentu anak-anak ingin bermain juga bersama teman-temannya. Jadi Bekal sekolah yang kita bawakan kadang nggak habis dengan alasan ingin bermain bersama teman-teman.
1

Friday, April 6, 2018

Empal Kelem Dengan Bumbu Tanpa Di tumis


Kemaren aku buat empal Kelem, tapi semua bumbu langsung masuk saja tanpa di tumis. Karena aku masaknya udah malam, males menumis bumbu lama-lama...dan ternyata rasanya tak kalah enaknya. Di masak api kecil hingga meresap sedap banget.
2

Wednesday, April 4, 2018

Soto Kemangi Khas Yogya


Soto...salah satu makanan favoritku. Tak pernah bosan aneka jenis Soto apalagi Soto ala Jawa yang seger dan enak-enak.  Aku sering masak Soto, tapi yang paling aku suka adalah Soto ala Yogya yang bening ala Soto Kadipiro atau ala Soto Kotagede.
2

Monday, April 2, 2018

Tips Agar Gudeg Coklat dan Legit



Gudeg, menu khas Yogya yang sudah puluhan kali atau ratusan kali ya ku masak hihi. Lha gimana menu yang sejak kecil sudah biasa aku makan ini, kok ya nggak pernah bosan,. Suami juga suka, jadilah sering sekali masak Gudeg ini. Memasak Gudeg jug abukan hal yang baru  buatku, di rumahku di Yogya dari kecil ibuku biasa masak Gudeg Karena di rumahku Nangka muda melimpah, tinggal petik di kebun. Klaua sekarang mau masak Gudeg musti beli, kemaren beli satu buah Nangka muda ukuran kecil aja 24 ribu..hihi.
13

Google Ad

Visit Our You Tube Channel