Google Ad

Sunday, April 14, 2019

Oseng Mie Bumbu Ebi


Beberapa hari lalu aku masak Oseng Mie lagi teman-teman. Dulu udah pernah aku share sich ya, tapi kali ini aku pakai ebi untuk bumbunya. Jadinya rasanya jadi tambah enak sekali Oseng Mie nya.

Oseng Mie ini menu khas Yogya. Kalau di yogya sich jadi menu sehari-hari dari jaman aku kecil. Nggak cuma ibuku lho yang masak gini, tetangga kiri kanan juga, bahkan kadang jadi menu untuk hajatan. Jadi ini otentik lah menu nya, menu yang banyak di konsumsi di tempatku di Yogya.

Karena banyak teman yang heran, Mie kok di buat Oseng..hihi. Enak kok teman-teman, rasanya itu beda ya sama mie goreng, karena ini memakai bumbu ala tumisan, dan di iris bumbunya. Enak, ada gurih, manis, pedes.

Mie yang cocok untuk Oseng Mei ini kalau aku pakai Mie atoom bulan. Aku lebih suka Mie ini scih daripada merk lain, karena mienya ini lebih pulen, dan mengembang gede-gede gitu jika di masak. tektruenya juga kuat nggak mudah lembek.

Aku pernah kerjasama dengan Mie atoom bulan ini waktu  mereka ada pameran di Semarang, dan aku ikut serta masak di acara pamerannya. Hal yang paling berkesan itu bisa ketemu ownernya langsung terus cerita, memang mereka hanya menggunakan bahan kualitas terbaik, jadi hasil mie nya kenyal enak. Hal lain yang berkesan dulu waktu masak itu aku sama Chef profesional juga, sama-sama masak mie pakai atoom bulan ini, tapi Chefnya masak mie ala chinese food, sedangkan aku masak mie goreng ala Jowo, semua yang nyicip bilang enak, bahkan Chefnya nyicip Mie buatanku, bilang enak sampai nambah makannya hihi. Padahal sama-sama masak Mie waktu itu.

Jadilah sekarang aku makin cinta sama Mie Atoom Bulan, tiap masak mie apapun ya mesti pakai itu.

Oke, ini resepnya ya teman-teman :

1 pack Mie Atoom Bulan, rebus hingga matang 3 menit
6 bawang merah, iris
3 bawang putih, iris
1 sdk makan Ebi, seduh
7 cabai merah / rawit, iris
Kaldu ayam, garam, kecap secukupnya
Cara membuat :
Tumis bumbu hingga harum, masukkan ebi
Ada juga yang pakai daun salam dan lengkuas jika suka, di tumis setelah bumbu matang
masukkan mie, bumbu kaldu ayam, garam secukupnya,aduk cepat di api besar ya ( tidak perlu air ya, jadi tekture mie nya tetap pulen dan bumbu lebih terasa )
Kecap 2 - 3 sendok makan, ini sesuaikan selera masing-masing ya
Cek rasa
Tambahkan taoge pendek, aduk rata
Sajikan hangat

No comments :

Post a Comment

Google Ad

Diah Didi YouTube Channel