Main Menu

Saturday, November 10, 2018

Tumis Ayam Mede



Maaf telat posting di web ya teman-teman, minggu ini jadwal aku padat sekali hihi. Masak juga menu yang simple-simple aja. Ya gimana udah tanggung jawad kerjaan secara profesional kudu di jalani ya, walau badan capek sebenernya, butuh piknik...hihi. Tapi belum ada kesempatan...kesempatan waktu terutama, karena kerjaan tumpuk menumpuk. Alhamdulillah di syukuri aja ya.


Hari ini mau posting menu tadi malam.
Menu sehat dan cepat tadi malam untuk makan malam nich teman-teman. Gara-gara punya stok mede nganggur aku karyakan jadi menu masakan aja. Medenya di sangrai aja, atau di goreng pakai airfryer ya..jadi lebih sehat. Aku kemaren malah coba bikin kacang bawang pakai air fryer itu matang lho teman-teman. Buat goreng kacang mede juga, enak gurih.

Jadi kesimpulannya, kalau bahan-bahan mengandung minyak alami, di goreng pakai airfryer, tanpa minyak, oke-oke saja. Buat goreng tahu juga, enak, cuma kalau buat goreng tempe agak kering ya tempenya hihi. Kapan-kapan aku ulas soal airfryer lagi ya teman-teman.

Oh ya, aku share resep menunya ya. Ini ala-ala Chinese food, tapi bumbu sudah aku sesuaikan lidah lokal dan lidah orang rumah..hihi. Rasanya enak, gurih dan praktis. Ayamnya sebenernya lebih enak kalau di goreng dulu ya di lumuri maizena, jadi ada tekture kriuknya, tapi kan ini judulnya menu sehat hihi, jadi ayamnya langsung di tumis aja. Enak juga kok teman-teman

Yuk cobain ya

Tumis Ayam Mede

Bahan :
200 gram ayam fillet, potong dadu besar
50 gram mede, sangrai
1 buah bawang bombay, iris kasar
2 siung bawang putih, cincang
2 cm jahe, memarkan
5 cabai kering, potong-potong
2 daun bawang iris
100 ml air
2 sendok makan kecap manis
1 sendok makan saur tiram
1 sendok makan saus tomat
1/4 sendok teh merica
1/2 sdk teh kaldu jamur

Cara membuat :
Tumis bawang bombay, bawang putih dan jahe
Masukkan ayam, aduk hingga berubah warna
Masukkan air, dan semua bumbu serta saus
Masak hingga mengental
Masukkan daun bawang dan mede
Aduk rata
Koreksi rasa
Sajikan hangat


No comments:

Post a Comment