Main Menu

Wednesday, July 11, 2018

Mangut Lele Goreng


Mangut lele , biasanya aku masak pakai lele asap.  Tapi di pasar lagi susah cari lele asap , jadi aku ganti pakai lele goreng aja . Tetep enakkk,  tapi minus aroma khas ikan asap di kuahnya 😀

Kali ini aku bikin versi yogya yang bumbu minimalis,  bukan seperti mangut pati atau Semarang yang kaya bumbu. Kalau versi Yogya ini bumbu minimalis yang penting ada kencur sama sunti / kunci. Rasanya jadi khas, seger kuahnya. ADa juga yang mangut pakai kemiri, tapi kalau versi Yogya aku suka yang seger nggak pakai kemiri. Ala ibuku..atau mirip mbah marto yang di Nggeneng itu lho teman-teman. Rasanya seger tapi teras pedes sedep.

Menggoreng lele agar tidak lengket, pakai pan anti lengket, terus jangan terlalu banyak di kerat jika di buat mangut gini agar cantik ya. Waktu memasak juga jangan terlalu lama, masukkan Ikan lele goreng ketika kuah sudah matang dan bumbu meresap, agar tidak lembek. Jadi sebelumnya Lele di bumbuin sedikit garam dulu ya sebelum di goreng agar lebih gurih.

Oke, yang mau coba, aku share ya resepnya :
Bahan :
5 ekor ikan Lele, lumuri air jeruk nipis, cuci bersih. Lumuri 1/2 sdk teh garam, diamkan 15 menit, goreng hingga matang agak kering.
Haluskan bumbu :
6 bawang merah, 2 bawang putih, 8 cabai merah, 5 cabai rawit, 1 cm kencur, 1 cm temu kunci
Tumis bumbu halus hingga matang, tambahkan 750 ml air, 2 cm lengkuas, 2 daun salam, tambahkan 3 sdk mkn Fibercreme, aduk rata, didihkan hingga bumbu meresap api kecil. Tambahkan garam, kaldu, gula merah secukupnya.
Jika kuah sudah meresap dan pas rasanya, masukkan ikan Lele goreng, masak sebentar hingga meresap, tapi jangan terlalu lama agar ikan tidak lembek.



2 comments:

  1. Mine its not working mba.. Huhu, entah dimana salah nya,tp mangut saya pahiit dan warna nya coklat. . Ini pertama kali masak lele jg sii, tp resep mba ga pernah failed.. Slaluu enyaaakk.. Yg ini, saya ga tauu salah nyaa saya dmana nyaa. Hahaha.. But iam not giving up! Nect brlajar bikin lagii*semangaaattt

    ReplyDelete
  2. Saya sdah mencoba ini mb. Masyaallah enak. Seger. Memang saya kurangi cabenya karna g kuat kalau banyak. Jdinya warnanya kurang merah. Tapi tetep maknyus. Mengobati kangen jogja

    ReplyDelete