Google Ad

Thursday, December 7, 2017

Sayur Bening Campur



Yodha sudah agak bosan makan lauk dnegan sambal. Nah...aku coba dengan aneka sayuran yang ringan bumbunya seperti Sayur bening, kok sudah mau sekarang. Walau masih pilih-pilih jenis sayurannya...tapi lumayan lah, daripada makan keringan lauk aja..hihi.


Kalau Yodha sudah suka makan sayuran gini aku yang suka, soalnya menu favorit emaknya ya sayuran gini, jadi sekalian masaknya. Walau tetap masak yang bersantan-santan buat suami..hihi. Kalau lagi malas makan, menu sayur beningan gini paling cocok teman-teman.

Kemaren Yodha lauknya ikan Lele goreng. Aku cukup pakai Teri Medan goreng aja sama sambal terasi udah enak banget. eh waktu makan bareng Yodha dia nyicip Teri Medan, dan bilang enak..dan suka. Sipp dech..jadi bisa dapat menu favorit baru Yodha..jika kepepet nggak ada lauk, paka Teri Medan aja doayn dia..hahah.

Bumbu sayur bening itu sesuai selera ya teman-teman..ada yang pakai kencur, pakai kunci, boleh-boleh saja..memasak itu bebas kok...sesuai selera masing-masing. Kalau aku mesti aku tambah salam laos, jadi makin sedep rempah tapi ringan. Oh ya..sayur bening ini rasanya ringan aja, cuma jika bumbu garam aja, cenderung biasanya di lebihi manisnya agar ada rasanya. Namun kalau aku kurang suka yang terlalu manis, jadi aku tambah kaldu jamur jika masak Sayru bening sekarang. Sama-sama dari sayuran..hemm..makin sip dech rasanya...jadi lebih gurih dan seger. Aku pakai lokal ya, bukan yang impor teman-teman. Yang kesulitan cari kaldu jamur, aku juga ready...wa aja 089654712500

Oh ya, jenis sayuran untuk Sayur Bening ini bebas aja kok, tapi usahakan kombinasi warna warni seperti ini ya teman-teman, pastia akan lebih menarik untuk anak-anak. Masak sayuran jangan terlalu lama agar masih terasa renyah manisnya. Oke, ini dia ya resepnya, selamat mencoba teman-teman...:D
Sayur Bening Campur

Bahan :
5 lonjor Kacang Panjang, potong-potong
1 buah Labu Siam, potong kotakkecil
1 buah wortel ukuran besar, potong kotak kecil
50 gram Taoge Kedelai
1 genggam daun so ( melinjo )
2 cm lengkuas, memarkan
2 lembar daun salam
2 cm temu kunci, memarkan
2 buah bawang merah, iris tipis
800 ml air
1 sendok teh kaldu jamur
1/2 sendok teh garam ( sesuai selera )
1/2 sendok makan gula pasir

Cara Membuat :
Didihkan air
Masukkan semua bumbu
Masukkan sayuran
Masak sebentar saja hingga sayuran agak lunak, tapi masih cerah warnanya
Koreksi rasa, harus seimbang ya, gurih, dan sedikit manisnya
Sajikan dnegan sambal terasi dan lauk sesuai selera

2 comments :

  1. mb didi.. kaldu jamurnya itu apa yang bebas msg mb?
    harga brp ya mb?
    tks

    (susan)

    ReplyDelete

Google Ad

Visit Our You Tube Channel