Wednesday, November 15, 2017

Taoge Goreng


Sudah lama aku penasaran sama Taoge Goreng khas Bogor. tapi dari dulu baca-baca resep itu kok pakai Oncom bumbunya. jadinya mau bikin kok nggak kesampaian terus karena belum ketemu Oncomnya. Waktu dari Bandung beli Oncom, keburu di masak menu lain..hihi.

Nah kemaren waktu ke Superindo kok liat ada Oncom, kayaknya baru datang karena hari sebelumnya belum ada. Aku cek masih padat dan orange warnanya. Aromanya juga harum nggak asem aromanya. Lngsung aku beli dech dan kepikiran bikin Taoge Goreng ini.

Akhirnya berhari-hari belajar cara membuat dari youtube, dll...oh ternyata banyak variasi resepnya. Akhirnya aku lebih sreg ke tehnik yang semua bumbu di tumis dan Oncom di campur sama Tauco dan di masak sekalian, jadi oncomnya nge blend sama bumbu dan matang sempurna. Ada yang bilang Oncomnya di taburkan aja, tapi menurutku takut aneh rasanya hahah. maklum lidah jateng. Kalau udah tercampur bumbu kan udah nggak terasa tekture oncomnya, udah tercampur semua bumbu dan bahan, jadi menurutku lebih enak versi yang ini.

Oh ya, Taoge Goreng ini namanya aja yang pakai di goreng, tapi dalam proses memasaknya ngga di goreng Taogenya..hihi. Taoge cukup di panaskan saja di sedikit air mendidih, jadi matang, tapi masih kres - kres enak. Yang di goreng Tahunya aja. Aslinya pakai Ketupat, tapi aku lagi nggak punya, jadi aku ganti Lontong. Lebih enak lagi jika pakai Mie Basah pasar yang tradisional gitu, tapi aku nggak punya, jadi aku pakai Mie kering biasa yang di rebus.

Untuk takaran bumbu menyesuaikan selera aku ya teman-teman, selamat mencoba ya jika suka.
Taoge Goreng ( untuk 3 porsi )

Bahan :
100 gram Taoge panjang
3 buah Ketupat / Lontong
3  buah Tahu Goreng
100 gram Mie Basah
Kecap manis secukupnya
100 gram Oncom
150 gram Tauco
300 ml air
1/2 sendok teh garam
1 sendok teh gula pasir

Bumbu Halus 
5 buah cabai merah keriting
5 buah bawang merah
2 siung bawang putih 

Cara Membuat :
Tumis bumbu halus hingga matang dan harum
Masukkan Tauco dan Oncom, air dan bumbu lain
Masak hingga meresap, koreksi rasa
Panaskan wajan dengan sedikit air
Setelah air mendidih, masukkan Taoge, masak sebentar saja hingga Taoge matang, tapi masih kres tekturenya, tiriskan
Tata Lontong, Mie, Tahu, Taoge di piring
Tuang Saus
Sajikan segera, cara makan di aduk rata terlebih dahulu, baru di nikmati

Jika ada yang kurang jelas cara membuatnya, silahkan liat di video berikut ini ya teman-teman... 



No comments :

Post a Comment