Thursday, October 12, 2017

Asem Asem Ceker



Menu hari ini, yang murah meriah dan seger aja ya teman-teman. Murah dan meriah, 10 ribu aja dapat banyak jika beli Ceker ya...hihi. Tapi kalau beli Ceker di pasar, aku lebih suka yang ukuran kecil. Jika gede-gede banget kok ya gimana gitu..hahah. Padahal aku suka ngrikiti Ceker, tapi yang ukuran kecil-kecil sukanya.


Tadi beli setengah kilo ceker, sebagian buat Seblak, sebagian aku baut Asem-Asem Ceker. Cekernya di buat Kaldu dulu, dengan api kecil, agar keluar kaldu beningnya. Kalau daging ayam broiler kurang enak di buat kaldu, tapi kalau Cekernya..masih lumayan lah, walau nggak segurih kaldu ayam kampung atau pejantan...tapi paling nggak nggak amis banget.

Untuk resep Seblak sudah pernah aku share ya teman-teman, tapi untuk lebih jelas, silahkan lihat di video berikut ya..


Jika beli ceker juga perhatikan telapak kaki bagian tengahnya, pilih yang bersih dan bebas luka ya teman-teman. Kalau aku mending naglahin milih satu-satu...hihi. Sampai yang jual hafal sama aku. Setelah di cuci bersih, di buat kaldu dulu boleh, langsung di olah juga boleh. Ceker ini sangat fleksibel di olah jadi menu apa aja kok teman-teman. Aku kasih satu menu dengan Ceker ini ya, yaitu Asem-Asem Ceker. 

Cara membuatnya mudah sekali, cukup di iris semua bumbu, tumis, kasih kuah, dan bumbu...masak hingga meresap, jadi dech. Untung lauknya yang simple aja juga, aku buat Mendoan imut kecil-kecil..hihi. Pakai Tepung mendoan aja produk jualanku, praktis tinggal kasih air dan daun bawang, karena sudah berbumbu komplet.

Oke aku share ya resep Asem-Asem Ceker nya, videonya juga bisa di liat di sini jika mau lebih jelas ya :


Bahan :
15 buah Ceker, rebus api kecil hingga keluar kaldu bening
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
1 sendok makan air asam Jawa kental
1 - 2 sendok makan kecap manis ( sesuai selera )
1 sendok teh kaldu ayam dan garam, sedikit gula merah / sesuai selera
1 buah tomat hijau
Air kaldu 800 ml
6 butir bawang merah, iris tipis
3 siung bawang putih , iris tipis
3 buah cabai merah, 3 buah cabai hijau, iris serong

Cara Membuat :
Tumis Bawang merah, putih, hingga harum
Amsukkan cabai. 
Masukkan Ceker dan air kaldu serta bumbu2 lain
Masak hingga meresap
Koreksi rasa
Sajikan hangat



Tadi sore aku juga buat Pukis Tepung kentang teman-teman, rasanya enak sekali, menul-menul empuk dan legit. Tapi belum sempat motret, jadi belum aku share ya resepnya. tapi video cara pembuatnnya sudah ada di youtube aku. Nich aku upload ya jika mau di liaht dulu. Dengan memakai Tepung kentang, jajanan tradisional seperti Pukis ini lebih empuk dan lebih kuat daya simpannya, karena tepung kentang sudah di olah kan, jadi kandungan air tidak terlalu tinggai seperti kentang segar. Yang mua coba Tepung kentang atau tepung lain yang aku jual, silahkan wa atau sms 089654712500 ya.



Selamat mencoba.

DD


No comments :

Post a Comment