Google Ad

Friday, September 29, 2017

Nasi Bakmoy plus Kekian Udang


Kemaren badan agak kurang fit, meriang, kurang tidur karena masuk angin sepertinya. Pagi makan Soto Kudus jajan..kok kurang sip. Akhirnya siang..walau lemes tetap masak sendiri dech biar sesuai selera rasanya. Aku ingat masih punya stok Kekian Udang goreng ayang aku buat beberapa hari lalu. Aku pikir sangat enak dan pas untuk bikin Nasi Bakmoy, jadi nggak perlu repot bikin Gorengan Udang lagi, cukup  pakai Kekian aja..sama enaknya.

Jadi ini resep versi baru yang aku masak kemaren, pakai Kekian Udang. Rasanya sama enaknya sich..karena bahan gorengan Udang dan Kekian juga mirip, cuma bentuk aja beda. Rasa Nasi Bakmoy ini memang seger, apalagi di sajikan panas-panas, cocok banget untuk menu jika kita lagi kurang enak badan. Nasi Bakmoy ini terdiri dari Nasi, tumisan Tahu, Ayam, Gorengan Udang / Kekian, kemudain ada telur yang di masak bersama tumisan. Di sajikan dengan kuah bening yang gurih dan segar, pakai taburan daun bawang atau sledri, pakai sambel petis atau sambel rawit biasa jika aku, rasanya seger banget.

Apalagi jika pakai kaldu asli dari Ayam kampung atau pejantan, rasanya gurih alami, seger banget. Jangan pakai ayam broiler ya teman-teman. Ngga tau kenapa..rasa kaldunya beda aja..agak amis ya jika ayam biasa. Yodha aja tau bedanya..hihi. Jika kau kasih menu berkuah jika kaldunya bukan Ayam Kampung atau Pejantan, dia pasti bilang kok beda rasanya. Oh ya, cara membuat Kaldu Ayam bening yang gurih dan tidak amis, silahkan lihat resepnya di SINI ya.

Untuk Nasi Bakmoy ini pakai Daging Ayam aja, aslinya daging lain ya..yang namanya Bak..ini..tau kan..hihi. Tapi ini Nasi Bakmoy nya juga udah menyesuaikan lidah Jowo..hihi..jadi pakai bumbu yang ada aja di dapur, tetap enak kok rasanya. Yodha suka kemaren, apalagi pakai Kekian Udang favoritnya. Makanya kadang aku suka nyetok bikin Kekian Udang goreng ini untuk Yodha. Karena enak buat campuran Mie Goreng, Nasi Goreng, dll.

Seperti Mie Goreng berikut ini favorit Yodha...kombinasi Mie Goreng ala Chinese, tapi udah di adptasi ala Semarangan...:D..ini salah satu Mie favorit Yodha, selain Mie Goreng Jowo...hihi. Kalau di Semarang ada warung Mie Goreng yang terkenal, dengan jenis Mie Goreng seperti ini, Mie Goreng dnegan Kekian Udang melimpah :D

 

Cara membuat kekian ada videonya juga :



Yuk cobain teman-teman, resep Nasi Bakmoy dengan Video  di SINI ya :

Nasi Bakmoy

Bahan Tumisan Ayam dan Tahu :
200 gram dada ayam rebus, dipotong kotak kecil
200 gram tahu , dipotong kotak kecil
100 gram Kekian Udang goreng , potong kotak kecil
2 butir telur rebus
Bumbu : 2 siung bawang putih, cincang, 2 cm jahe, geprek
1/4 sendok teh merica bubuk
1 sendok makan kecap manis, 1/2 sendok makan saus tiram
1 sendok teh garam ( secukupnya )
100 ml air
1 sendok makan minyak untuk menumis

Tumis bawang putih dan jahe sampai harum. Masukkan ayam, tahu, kekian dan telur. Aduk rata. Tambahkan  kecap manis, saus tiram, garam, dan merica. Aduk rata. Tuang air. Masak sampai meresap.

Bahan Kuah:
1.000 ml air kaldu ayam
3 siung bawang putih utuh, digoreng, dimemarkan
2 cm jahe, memarkan
1 sendok teh kaldu ayam
Garam secukupnya
1/2 sendok teh merica bubuk
Cara Memasak :
Rebus air kaldu, bawang putih goreng, dan seledri sampai mendidih. Tambahkan kaldu ayam, garam, dan merica. Masak sampai mendidih.
Sajikan nasi dengan tumisan dan pelengkapnya.

Bahan pelengkap  :
Nasi putih
Bawang goreng
Sledri dan daun bawang cincang secukupnya

2 comments :

Google Ad

Visit Our You Tube Channel