Main Menu

Monday, September 18, 2017

Kroket Klasik, Isi Ragout Ayam


Hari ini bikin Kroket lagi...tapi versi yang klasik atau jadul..yang biasa di jual di pasar..eh..tapi dulu ya...soalnya sekarangpun banyak Kroket pasar pakai Tepung panko , atau tepung roti yang kasar. Kalau di bakery-bakery jadul, masih ada sich. Kroket berbalut Panir halus seperti yang aku buat ini.

Bedanya apa sich Panir Halus sama Panko ?..Ada teman-teman yang menanyakan itu, baiklah aku bahas sedikit ya. Panri halus itu dari Roti tawar di keringkan, terus di haluskan. rotinya biasa roti tawar yang berkulit itu. Kalau Panko, itu Tepung roti tawar yang serpihan kasar. Biasa di pakai untuk Nugget, Ebi Furai, Katsu dll. Namun  buat aneka gorengan seperti Kroket dan Risol juga enak.

Aku biasa pakai keduanya sich, tapi hari ini lagi rindu Kroket yang pakai Panir halus. Rasanya khas lembut garing luarnya beda sama jika pakai Panko. Aromanya juga beda, walau sama-sama terbuat dari Roti tawar. Selain untuk Kroket, Panir halus ini biasa uga untuk membuat Risoles klasik. 

Jika kesulitan mencari Panir halus, kita bisa membuat sendiri kok teman-teman, pakai Roti tawar yang di oven hingga kering, lalu di blender kering hingga halus. mengovennya api kecil saja ya, agar tidak gosong, nanti pahit Panirnya jika gosong. 

Untuk Kroket kali ini aku pakaiisian Ragout Ayam. Biasanya kan Kroket isi Daging Sapi, nah kalau mau lebih ekonomis, pakai Ayam juga enak teman-teman. Untuk adonan kulit, seperti biasa aku pakai Tepung kentang yang mudah dan praktis, tinggal seduh aja. Untuk membuat Kroket ini menyeduhnya jangan terlalu lembek ya, agar adonan keset dan mudah di bentuk dan tidak akan pecah ketika di goreng.

Untuk isian Ragout ayam sayur, yang legit dan gurih, sangat pas dengan lembutnya adonan Kroket dari Tepung Kentang Flakes ini. Yang mau coba silahkan wa ya ..ready stok baru datang Tepung kentangnya. Wa aja ke 089654712500.

Ok, ini dia resepnya ya :

Bahan Kroket :
100 gram tepung kentang, seduh dengan air panas secukupnya hingga jadi kentang kukus kesat ( kurang lebih 200 ml, tuang air sedikit demi sedikit )
1/2 sendok teh kaldu ayam atau sapi atau garam sesuai selera
1 butir kuning telur
2 sendok makan susu bubuk
1/2 sendok makan gula pasir ( sesuai selera, kalau aku suka ada rasa sedikit manis gurih kroketnya )
1/4 sendok teh merica bubuk
1/8 sendok teh pala bubuk
Aduk rata semua bahan. cicipi dengan menggoreng sedikit adonan.

Ragout :
100 gram ayam rebus, cincang kasar
1 buah kentang ukuran sedang, potong kotak kecil
1 buah wortel, potong kotak kecil
50 gram daging ayam rebus, cincang
1 batang daun sledri, cincang halus
500 ml susu cair
75 gram tepung terigu protein sedang
2 sendok makan margarin untuk menumis

Bumbu :
1/2 buah bawang bombay, iris halus
1 siung bawang putih, haluskan
Secuil kecil pala, haluskan ( 1/8 sendok teh pala bubuk )
1 sendok teh kaldu ayam
1/4 sendok teh merica bubuk
1 sendok makan gula pasir ( sesuai selera )
Garam sesuai selera 

Cara Mmebuat Ragout :
Panaskan margarin, tumis bumbu halus dan bawang bombay hingga matang dan harum.


Masukkan daging ayam cincang, aduk rata.
Masukkan tepung terigu, aduk rata  hingga bergerindil, tujuannya agar ragout nggak bau tepung. Pada proses ini kecilkan api jika belum terbiasa agar terigu nggak gosong.
Tuang susu, sedikit demi sedikit, sambil di aduk hingga rata, walau masih bergerindil nggak apa-apa, nanti sewaktu proses di masak akan halus dan licin sendiri.
Masukkan  semua bumbu.
Jika ragout sudah meletup-letup, masukkan sayuran, aduk rata.
Masak terus hingga ragout mengental sambil terus di aduk. Jika udah kental, terakhir, masukkan sledri cincang. Aduk rata.

Penyelesaian :
Ambil sedikit adonan kroket, beri isi secukupnya
Celup ke kocokan telur, gulingkan ke panir halus
Goreng hingga matang

1 comment:

  1. Selamat malam bunda didi 😊, mau tanya kalau semisal ragoutnya di isikan ke roti tawar apakah bisa? Dan, maaf mau tanya di bagian bahan ragout tertulis 100gr ayam rebus cincang kasar dan 50gr daging ayam di cincang, berarti total daging ayam 150gr? Terima kasih

    ReplyDelete