Google Ad

Tuesday, May 2, 2017

Nasi Lemak ala Malaysia


Haloo....masak apa hari ini teman-teman ?

Aku bikin Nasi Lemak nich. Nasi gurih khas Malaysia. Gara-gara sering lihat ulasan di Afc tentang Nasi Lemak ini kok jadi kepengen buat juga..hihi. Dari beragam acara dari acara masak yang di bawakan Chef Malaysia hingga acara Taste with Jason,sering banget mengulas tentang Nasi Lemak ini.

Jadi Nasi Lemak ini Nasi khas ala Malaysia, makanan Nasional mereka gitu. Nasinya gurih, harum aroma pandan. Bedanya dengan Nasi gurih kita ya pelengkapnya aja sich. Nasi Lemak yang tradisional di sajikan dalam bungkusan daun yang di lapisi koran di jual di pagi hari untuk sarapan. Jadi semacam Nasi Bungkus gitu ya teman-teman. Versi sederhana, lauknya juga sederhana..hanya Sambal Terasi, Kacang Tanah goreng, dan Telur rebus sepotong.

Karena aku buat sendiri di rumah, jadi aku tambahin lauk Ayam Goreng dech biar Yodha mau makan. Kalau sambal teri aja..mana mau dia makan..hihi. Cara penyajiannya juga unik, Nasinya langsung di siram Sambal yang agak encer. Jadi kuah sambalnya meresap ke dalam Nasi..jadi begitulah keunikan dari Nasi lemak ini, kata mas Jason sich..hihi.

Jadi sederhana, namun *nglawuhi, jika dalam bahasa Jawa..jadi walau di makan dengan Sambal terasi dan Teri aja..terasa sudah enak memang. Namun banyak versi juga Nasi Lemak yang lebih istimewa dnegan beragam lauk. Nah..kali ini aku mau share resep dasarnya aja ya..yang pakai Sambal. Resep aku sesuaikan seleraku dari hasil nonton beragam tayangan tentang Nasi Lemak ini di Afc...hihi. Aku pilih yang versi praktis aja, pakai Rice cooker. Walau pakai Rice cooker hasilnya tetap cantik kok Nasi Lemaknya. Jika mau di aron dulu terus di kukus juga boleh  kok teman-teman, Oke, selamat mencoba ya..jika suka.


Nasi  Lemak 

bahan :
500 gram Beras yang kualitas bagus
500 ml air
1 sachet santan instan
1 sendok teh garam
2 lembar daun pandan
2 cm jahe, biarin utuh

Masak semua bahan di atas di Rice cooker...hihi..praktis kan. Jangan lupa jika sudah matang di aduk-aduk ya jika bikin pakai Rice cooker, agar santan meresap merata.
 
Untuk pelengkap :
Teri Goreng
Telur Rebus
Ketimun iris

Bahan Sambal :
10 b uah cabai merah keriting ( aslinya pakai cabai merah kering )
5 buah cabai rawit merah
10 buah Bawang merah, iris tipis
1 buah Bawang bombay, iris tipis
1 siung bawang putih
1 sendok teh Terasi bakar
1-2 sendok teh gula merah ( sesuai selera manisnya )
1/4 sendok teh garam ( sesuai selera )
2 batang serai, ambil pangkal yang putih, iris halus 
1/2 sendok teh air asam

Cara membuat :
Haluskan cabai dan bawang putih
Tumis Bawang Merah dan Bawang bombay iris hingga matang dan harum, masukkan cabai dan terasi
Masak hingga matang
Masukkan air dan air asam serta bumbu lain
Masak hingga meresap dan matang
Koreksi rasa

Sajikan Nasi dengan sambal, Teri goreng, kacang dan ketimu, serta telur rebus
Bungkus atau sajikan dengan daun pisang


6 comments :

  1. artikelnya bagus, kalau ga bisa masak dimana saya bisa menemukan / membeli ini ?

    ReplyDelete
  2. Mba Diah, 1 sachet santan instannya ukuran brp ml? Trm ksh.

    ReplyDelete
  3. 1 sachet santan instannya brp ml mbak?

    ReplyDelete
  4. These important tasks and processes can easily be neglected and forgotten, especially during busy restaurant hours where they are needed to be applied the most. wasco bakery

    ReplyDelete
  5. Actually original resepnya pake halba, serai, dan risan bawang merah mbak, dan rasa sambenya itu khas bau cabe kering, rasanya harus manis, dan tekstur sambalya cair,.
    Karena saya lama hidup d jkrta dn biasa makan nasi uduk jadi pas makan nasi lemak ini saya kurang doyan dan kombinasi rasanya aneh....
    baru Memasuki tahun ke 4 hidup d sini nemu nasi lemak yg original dn rasanya nendang, itupunbs d hitung pake jari dalam 1 tahun makan berapa kali hehehe

    ReplyDelete

Google Ad

Visit Our You Tube Channel