Friday, February 17, 2017

Tips Membuat Risoles


Kemaren aku buat risoles dalam jumlah banyak untuk acara 7 harian Bapak. Aku posting di Instagram, banyak teman-teman yang menanyakan tips kulit risoles agar tidak mudah sobek. Sebenarnya sudah banyak resep risoles aku posting di web, namun kali ini aku akan bahas tips-tipsnya ya...agar teman-teman yang baru belajar bikin Risoles, bisa membuatnya dengan lebih baik.

Risoles, sebenarnya mudah saja, namun yang pertama kita harus perhatikan, adalah komposisi adonan kulitnya harus pas. Tidak terlalu tebal dan juga tidak terlalu tipis. Jika terlalu tebal, nanti akan terasa *mblenger, karena masih ada lapisan pankonya. Jika di goreng  juga kadang terlalu keras nanti kulitnya. Jika terlalu tipis, mudah robek dan berminyak risolnya..jadi harus pas ya. Yang pas itu, kulit risolesnya lembut, namun tetap kuat, lentur dan tidak mudah sobek.

Takaran adonan kulit risoles favoritku yang pas menurutku itu : 150 gram tepung terigu protein sedang, 2 butir telur dan 400 ml cairan, bisa pakai susu atau air biasa, dan sedikit garam. Jika pakai susu tentu adonan lebih lembut, namun jika mau hemat, pakai air biasa juga bisa. Adonan harus di aduk hingga rata dan di saring agar halus dan tidak bergerindil. Waktu memanggang Risol adonan harus sering di aduk, agar tetap rata.

Nah, yang kedua, proses pemanggangan. Waktu memanggang kulit risoles, biarkan hinggat benar-benar set, jangan di bolak balik, nanti jika sudah set dan matang akan lepas dengan sendirinya. Jika belum matang sudah di angkat makan kulit akan sobek. Jika adonan pas, tidak masalah di panggang hingga agak matang, masih lentur kok kulit risolnya. Jadi juga bisa di simpan paling nggak untuk besok harinya jika di panggang hingga matang kulitnya. Jikaa mau lebih praktis, gunakan wajan kewalik atau crepes maker, itu sangat efektif juga untuk membuat kulit Risoles dengan cepat teman-teman.

Yang ketiga, adalah membentuk risolnya, agar bentuknya seragam, jumlah isinya harus sama. Jika belum bisa mengira seberapa isinya agar sama, timbang saja pakai timbangan digital atau pakai takaran sendok, jadi pasti nanti akan sama ukurannya. Padatkan isian di ujung kulit Risoles bentuk memanjang, jadi nanti ketika di gulung akan padat dan canti Risolesnya. Jika isinya kurang padat, makan ketika di goreng akan menggelembung Risolesnya.

Selanjutnya, waktu melapis dengan panir, jangan gunakan kocokan telur, karena lebih boros ya. Tapi gunakan sisa adonan kulit untuk bahan pencelup sebelum di lapis Panko, maka lapisan Pankonya akan cantik merata dan tidak mudah lepas ketika di goreng. Waktu melapisi Panko, tidak perlu di tekan-tekan terlalu kuat, nanti malah lepas lapisannya, karena kan adonan cair agak licin di kulit risol, jika di tekan-tekan malah terkelupas semua. Cukup baluri merata dan tekan perlahan, sesudah di celup ke adonan pencelup, nanti Panko akan menempel dengan sendiri. Simpan di kulkas terlebih dahulu agar lebih set ketika di goreng. Dengan cara ini makan lapisan Pankonya tidak akan banyak yang rontok.

Untuk bahan isian Risoles, sebenarnya kita bisa banyak berkreasi kok teman-teman. Tidak hanya isi Ragout aja, tapi  bisa isi aneka tumisan sayuran, dll. Seperti yang aku buat kemaren, aku buat risoles isi Makaroni, Risoles isi tumisan Soun, Ayam, Jamur dan sayuran, jadi lebih lebih variatif isinya. Jika nggak sempat membuat isian, kita juga bisa membuat isian dari Mayo, Daging Asap, atau Sosis, dll..jadi dech Risoles Mayo. Jika mau manis, kita pun bisa membuat isian dari Pisang, durian, dll. Pasti akan lebih variatif ya...apalagi jika teman-teman yang punya usaha snack di rumah, pasti akan lebih menarik, dengan banyak variasi isian Risolesnya.

Oke,...segitu dulu ya tips hari ini, semoga bermanfaat ya teman-teman...untuk resep aneka isian Risoles, silahkan cek di postingan lamaku. Untuk Isi Makaroni, resepnya di SINI. Untuk isian tumisan Ayam Sayuran, resepnya di SINI. Untuk risoles isi Ragout, resep di SINI. Untuk isian Mayo dan Daging Asap, silahkan lihat resepnya di SINI. Ada juga cara melipat Risol Segitiga, sudah pernah aku tulis di SINI. Selamat mencoba...:)


4 comments :

  1. mba diah...saya pernah mencoba membuat risoles dengan menggunakan sisa adonan sebagai bahan pencelup untuk lapisan panir, tapi setelah di goreng hasil risoles meresap banyak minyak. bagaimana tipsnya mba agar hasilnya tidak meresap minyak.

    ReplyDelete
  2. Mbak saya pernah cb buat kulit risolnya tp sllu lengket di teflon kulitnya. Apa ada tipsnya mbak? Makasih

    ReplyDelete
  3. Mbak Diah,

    saya pembaca setia blognya. Senang sekali karena update blognya rutin, fotonya bagus, ceritanya seru2, resepnya bikin ngiler kadang suka saya praktekin. Posisi saya tidak di Indonesia, jadi kalau mau coba aplikasikan resepnya, banyak bahan yang gak ada, akhirnya ya seringnya cuma liat2 blog aja.

    Sukses terus ya Mbak buat kerjaan dan blognya.

    ReplyDelete
  4. Mba vita yucita olesi teflon dengan minyak sedikit bun karena kwalitaa teflon anti lengketnya sudah kurang bagus jadi lengket saya biasa begitu mba

    ReplyDelete