Google Ad

Tuesday, February 2, 2016

Tahu Petis Renyah


Sore tadi..hujan rintik - rintik...kok pengen nyemil yang gurih-gurih dan hangat, untung masih punya tahu. Jadi kepikiran pengen tahu petis. Tapi, bikin tahu petis yang dalamnya di isi petis..kan udah biasa ya..jadi pengen buat yang beda. Akhirnya kepikiran tahunya di goreng hingga garing, dan di bumbuin, jadi udah gurih tahunya, baru dech di cocol sambal petis. Ternyata..enak juga..ada sensasi gurih,  kriuk renyah tahunya berpadu sambal petis yang pedes sedep..hemm enak banget. Tak terasa sepiring habis berdua sama suami. Kalau Yodha sich gak mau ngemil tahu, aku buatin bakwan jamur tadi dia suka. Duch..kalau musim hujan gini..gak bisa nahan makan goreng-gorengan..walau merasa * berdosa * sama tubuh..hihi.




Kalau di Semarang, tahu petis itu pakai petis yang lembek, yang agak murah harganya, karena banyak tepungnya. Nah..petis lembek ini sudah gurih manis sich, tapi biasanya di penjual gorengan pinggir jalan, tetep di tambahin bumbu lagi, jadi sesuai selera masing-masing penjual. jadi..walau petis yang di pakai sama, hasil citarasa akhirnya tetap beda. Petis lembek ini memang memberi sensasi rasa lumer di mulut ketika di padu dengan tahu goreng yang masih hangat. Biasa tahunya masih agak basah di dalam.

Tapi jika untuk cocolan, lebih cocok pakai petis berbumbu yang kesat dan kental, seperti yang aku jual produknya, karena citarasanya berbeda. Petis ini terbuat dari udang asli yang di masak dengan campuran sedikit tepung, sehingga hasilnya lebih kalis dan kesat, kental banget, jadi lebih tahan lama. Selain buat cocolan, bisa juga untuk menu masakan yang berbumbu kacang seperti rujak cingur, tahu telur, tahu gimbal, dll.

Petis yang sudah berbumbu yang aku pakai, petis berbumbu jualanku..hihi..buatan umkm seperti ini nich..kesat dan kental..enak..:)



Tadi aku coba versi beda dari tahu petis. Tahunya aku pakai tahu berkulit yang tengahnya basah, setelah itu tahu aku belah 3 bagian, tapi nggak sampai putus, selanjutnya di rendam bumbu garam, bawang putih ketumbar dan sedikit kaldu ayam, diamkan hingga meresap, baru di goreng hingga kering. Jadi tahunya juga udah gurih hingga ke bagian dalam. Tapi jangan terlalu asin ya teman-teman bumbuinnya. Selanjutnya, tinggal di makan dech anget-anget, pakai petis pedas. Kalau buat jualan, cocoknya petis di plastik terpisah gitu ya teman-teman, pasti lebih menarik.

Oke..semoga bermanfaat tipsnya ya teman-teman.


19 comments :

  1. Mba DD klo pk petis yg sk ada disupermarket gt bs ga mba bwt cocolan gorengan? Harus ditambah bumbu atau air lg ga? Trs yg petis mba DD kan kental nah... pas yg petis nya yg dimangkok itu ditambah air lg ga mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak mba..itu buat masak aja biasanya..karena rasanya kuat dan nggak manis..kalau petis yang ku jual memang untuk cocolan, jadi pedas manis gurih rasanya..:)

      Delete
  2. mb minta price list jualanya mb diah dong ke email kristianaend@gmail.com. mksh

    ReplyDelete
  3. Sepertinya enak, oiya mak Didi saya juga mau dong dikasi pice list jualannya yaa ke tianpink85@gmail.com thanks

    ReplyDelete
  4. Ok..sudah di email ya Bu wahyudi, mak Tian..:)

    ReplyDelete
  5. Mbak diah, saya jg mau dong di email price list produk2nya mbak diah. Ini alamat email saya varianidiaveterini@gmail.com tks ya mbak di

    ReplyDelete
  6. olahan aneka tahu ku paling suka dibanding tempe mb DD,,pa lagi tahu goreng yg asin gurih..tp suka sebel klo bkin tahu goreng udh direndam lama tp msh kurang asin,,eh akhirnya nemu tipsnya,,setelah direndam bumbu bbrp saat, goreng tahu,,setelah setengah matang angkat masukkan lagi ke bumbu bawang,,kopyok2 bentar,, masukin lagi deh ke minyak panas,,dijamin tahu bkal gurih asin tanpa terlalu lama merendam dlm bumbu...--bunda chera

    ReplyDelete
  7. Mb diah... minta diemail juga ya, n makasih banyak inspirasi2 nya :)
    Intan

    ReplyDelete
  8. Mb diah... minta diemail juga ya, n makasih banyak inspirasi2 nya :)
    Intan

    ReplyDelete
  9. Aslm mb didi....mbak jualan apa aja toh mbak...mbok saya dikirimin jugak...nelongso ni mbak jauh sana sini..hihihi...email maja.dpukukar@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, bisa aja nih.. coba bikin sendiri, mudah kok..hehe

      Delete
  10. Hi mbak di udah lama ga mampir ke blog nya, liatin postingan petis tuh gatau kenapa bikin laper trus ujan2 gini. Btw kalo mau beli petis nya Mbak harus dikirim lewat jne juga kah ? Di tembalang kok._. Hehee

    ReplyDelete
  11. Mbak diah saya juga mau dong price list jualannya minta tolong diemail ke isdewanti@gmail.com ya

    ReplyDelete
  12. Mbak diah aku juga mau dikirimkan ke email ku santishotijah@gmail.com
    Terima kasih mbak.
    Salam kenal :)

    ReplyDelete
  13. Mbak didi salam kenal, bisa mnta price list smua jualan mbak k calystacia14@gmail.com
    Trima kasih

    ReplyDelete
  14. Mbak didi salam kenal, bisa mnta price list smua jualan mbak k calystacia14@gmail.com
    Trima kasih

    ReplyDelete
  15. Mba Di, bole minta price list nya jg kah.. Bisa diimel ke r_leena_dewi@yahoo.co.id
    Mksh..

    ReplyDelete
  16. Mba Di, bole minta price list nya jg kah.. Bisa diimel ke r_leena_dewi@yahoo.co.id
    Mksh..

    ReplyDelete

Google Ad

Visit Our You Tube Channel