Google Ad

Sunday, June 7, 2015

Bihun Goreng Seafood


Happy weekend teman-teman...masak apa hari ini ?...

Kalau aku karena masih sedikit sibuk..masih dengan menu yang simple-simple dulu ya..teman-teman..semoga menjelang puasa nanti bisa lebih banyak waktu memasak macam-macam. Nah..kali ini menu sarapan yang mewah..hihi. Cuma bihun goreng sich..tapi pakai seafood..jadi mewah tho. Lebih enak dan komplet gizinya. Jadi cocok juga untuk menu makan malam nich.

Seafood yang di pakai udang dan cumi. Aku kok favorit banget dengan kedua bahan seafood tersebut..karena selain enak di olah jadi aneka masakan, juga berfungsi sebagai penyedap masakan alami. Jadi masakan yang memakai seafood dua macam ini atau salah satunya..itu rasanya udah gurih banget, udah cocok banget dengan garam. Mengapa demikian..karena dalam udang dan cumi terkandung natural umami..ya semacam rasa gurih alami. Apalagi jika masih segar, maka di bumbuin garam aja udah enak..udang atau cumi ini.

Nah, cumi dan udang ini enak juga lho untuk campuran mie atau bihun goreng..jadinya tambah gurih dan padat gizi dech. Nggak perlu repot masak banyak masakan jika waktu terbatas. Jadi jika suka bihun..yuk di coba teman-teman. Pilih bihun beras ya..agar rasanya pulen dan enak..karena saat ini di pasaran lebih banyak bihun jagung ya sepertinya yang lebih murah harganya. Padahal yang namanya bihun itu enak banget kalau dari tepung beras asli. Tips merebus bihun beras, jangan terlalu lama ya teman-teman. Karen akalau lam , nanti akan hancur ketika di masak. Kalau   ibuku dulu ngajarinnya, bihun beras cukup di rendam aja pakai air hingga mekar,   nah nanti waktu proses pemasakan akan lebih aman..nggak hancur.

Oke..buat yang mau coba menu praktis buat hari Minggu..silahkan di coba ya...^^

Bihun Goreng Seafood

Bahan
150 gram bihun, seduh air mendidih hingga mekar, tiriskan
50 gram udang kupas
50 gram cumi kupas, potong bulat
5 buah bakso seafood siap pakai ( udang atau ikan, atau kekian udang ), potong potong tipis
3 lembar caisim, potong kasar
2 lembar kol, potong kasar
1 b uah wortel, potong serong tipis
2 batang daun bawang, potong serong
½ butir bawang bombay, iris tipis panjang
2 siung bawang putih, geprek hingga agak hancur
2 sendok makan kecap
1 sendok makan saus tiram
¼ sendok teh merica
1 butir telur                           
50 ml air

Cara membuat                     
Lumuri bihun dengan saus tiram dan kecap hingga rata, sisihkan
Panaskan minyak goreng , tumis bawang bombay dan bawang putih geprek hingga harum
Sisihkan di pinggir wajan, masukkan telur, buat orak arik
Masukkan cumi dan udang, aduk rata dengan bumbu halus dan telur  hingga udang  berubah warna, masukkan sayuran,dan air
Masak sebentar hingga sayuran layu dan air menyusut
Masukkan bihun, aduk rata dan masak hingga meresap
Koreksi rasa

Tips memilih udang segar, jika ada pilih yang seperti ini teman-teman..masih kinclong dan kenceng..udang seperti ini rasanya manis sekali..enak di olah apa aja. Namun jika tidak ada, yang penting pilih udang yang masih kenyal ketika di pegang, kepala dan bdan belum terputus, serta belum bau amis menyengat ya.




12 comments :

  1. mb kalau klik search kok ga bisa ya lewat hp apa browser ku aja atau gimana makasih

    ReplyDelete
  2. Ooh..gitu cara masak bihun...asli baru tahu. Pantas selama ini hancur bihun yg kumasak. Tfs mba Diah

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya mba...jangan di rebus terlalu lama ya..:)

      Delete
  3. Aku siram bihunnya pakai air panas dari kraan, mbak Diah. Panasnya gak terlalu panas, jadi gak hancur. Makasih resepnya...tambah lapar deh...hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp Bunda..iya bs juga pakai air panas tapi sebentar aja..kalau mau lebih cepat.

      Delete
  4. kalau untuk bihun gini enaknya udang ukuran segimana mbak

    ReplyDelete
  5. mba nanya itu kecapnya manis ato asin trus bisa diganti ga bihunnya dengan mie telur? ukurannya seberapa? maaf nanya nya banyak maklum newbie...mb resep kukernya enak2 semua, makasih ya..

    ReplyDelete
  6. wah oke juga nih Mbak Didi. Libur sekolah mau coba bikin trus diposting. Kangen masakan Indo. Terimakasih dah sharing. Bakal sering berkunjung dan nyobain resepnya:)

    ReplyDelete
  7. wah oke juga nih Mbak Didi. Libur sekolah mau coba bikin trus diposting. Kangen masakan Indo. Terimakasih dah sharing. Bakal sering berkunjung dan nyobain resepnya:)

    ReplyDelete
  8. wah oke juga nih Mbak Didi. Libur sekolah mau coba bikin trus diposting. Kangen masakan Indo. Terimakasih dah sharing. Bakal sering berkunjung dan nyobain resepnya:)

    ReplyDelete
  9. Walaupun ga punya seafood ga masalah. Isi kulkas diubek jadilah bihun goreng dengan wortel, sawi, buncis, telur orak arik, telur puyuh rebus (sayang sisa buat sop) plus cilok (ada stock cilok isi sosis buatan sendiri, anggap aja baso ikan atau kekian). Maaf resepnya diobrak-abrik. Biar melenceng tapi rasanya tetap mantap ko...

    ReplyDelete

Google Ad

Visit Our You Tube Channel