Google Ad

Friday, May 15, 2015

Spahgeti Lada Hitam



Wua, kemaren libur..bersih-bersih dapur sampai seharian..maklum mba art ku ku libur..eh kok ya lama ya..hihi..seharian baru selesai..padahal di bantu pak tukang kebun  yang biasa bersihin halaman belakang buat bersih2 lantai dll, jendela dll..yo masih aja seharian. memang..baru nyadar..kerjaan ibu rt itu ndak ada habisnya..hihi. Aku biasanya karena kesibukan, apa-apa tak serahin mba artku untuk urusan dapur..tapi kadang gemes gitu..karena semua barang di tumpuk jadi satu..aku jadi suka bingung cari peralatan perangku jika mau masak..huhu. Akhirnya libur kemaren niat beres-beres sendiri..eh keasyikan..jadi seharian dech..sampai nggak masak malahan..haha. Pagi..keluyuran cari mie kopyok pak Dhuwur..Siang jajan tahu gimbal..sore pada makan burger. Jadi maafkan no postingan kemaren ya teman2. Sekarang..dapur udah bersih..siap..di berantakin lagi buat masak..hihi..*nah lho..* di rapiin lalu di berantakin lagi..lol..! *

Oke..waktunya kembali ke lap top ( kumputer ding..hihi..)..buat posting menu2 harian ya teman-teman. Hari ini menunya yang simple aja ya..siapa tahu bisa jadi ide menu weekend besok. Jika bosan dengan menu tradisional..yukk..makan menu luar sekali-kali,..tapi tetep..dengan sentuhan citarasa Indonesia yang berbumbu..hihi. Kita bikin spahgeti lada hitam ya..pasti suka kan. Sering beli kan di restoran..nah..daripada  beli mahal..ayuk kita buat sendiri ya di rumah.

Untuk membuat spahgeti lada hitam ini, paling enak, pakai daging sukiyaki yang tipis-tipis tuch lho teman-teman..karena tips , cepat matangd an empuk dagingnya. Daging seperti ini bisa di beli di supermarket ya..murah kok..11 ribuan biasa dapat satu pack..tapi sinya ya cuma berapa iris tipis..hihi. Atau jika mau hemat..pakai daging udang, ayam aja juga enak. Mau praktis lagi..pakai sosis aja..juga enak. Untuk lada hitamnya biar terasa banget dan bisa mirip-mirip sama yang di resto..pakai merica hitam yang masih butiran ya. Bisa di beli di supermarket..atau di pasar. tapi..saranku sich beli di pasar aja..kalau di supermarket mahal ya..hihi. Kalau di pasar tempatku ada di tukang jual bumbu-bumbu halus..kayak bumbu rendang..dll..itu ada jual merica hitam butiran kecil-kecil gitu kemasan..cuma berapa ribu.

Untuk spahgeti, bisa pakai jenis apa aja..pakai pasta jenis lain juga boleh. Tapi memang pasta yang terkenal di Indonesia, spahgeti dan makaroni ya..teman-teman..padahal masih banyak jenis pasta lain..seperti pasta jenis penne..angel hair, dll. Wua..jadi ingat drama Korea yang berjudul *Pasta*..itu..asli..bagus banget..layak di koleksi DVD nya. Ceritanya simple..seputar keseharian seorang Chef dan anak buahnya..di dapur sebuah restoran Italia di Korea...tapi dalem banget ceritanya. Dari situ bisa banyak belajar lho..cara ngolah pasti yang benar serta aneka jenis pasta. Hemm..jadi kangen dra kor yang bertema kuliner dan makanan dech jadinya. 

Baiklah..besok libur..mau coba spahgeti lada hitam ini..yuk..catat dulu ya teman-teman...selamat mencoba. Intinya..bumbu lada hitam itu..perpaduan saus kecap dan saus tiram, serta lada hitam halus, tinggal di sesuaikan selera aja takarannya ya. Tumisan bisa di buat toping terpisah atau langsung di campur dengan spahgeti jadi satu tumisan. Jika langsung di campur..sesuaikan takaran saus ya..sesuaikan kebutuhan. Untuk variasi jika suka sedikit asam, boleh juga di tambah saus tomat. Jadi dech..toping pasta yang enak..dan Indonesia banget..hihi.

Spagheti Lada Hitam

Bahan :
150 gram spagheti, rebus dengan sedikit garam hingga al dente, tiriskan
100 gram daging tipis ( sukiyaki )
1 buah bawang bombay, iris tipis, 2 cabai merah, 2 cabai hijau, iris serong
2 siung bawang putih, geprek
Jahe 2 cm, geprek
Lada hitam 1/2 sendok makan, ulek kasar
Saus tiram 1 sendok makan
Kecap manis 1 sendok  makan
Gula pasir 1/4 sendok teh
Garam 1/8 sendok teh ( secukupnya )
Daun bawang 2 batang iris serong
50 ml air

Cara Membuat :
Panaskan minyak goreng
Tumis bawang bombay, bawang putih, dan jahe hingga harum.
Masukkan daging sukiyaki. Tumis daging sampai berubah warna
Tambahkan saus tiram, kecap manis, garam, merica hitam, dan gula pasir. Aduk rata
Tuang air. Aduk rata hingga kuah menyusut, koreksi rasa
Tambahkan daun bawang.
Tuang tumisan ke atas spahgeti atau bisa langsung di campur spahgetinya.

Tips :
Jika di sajikan sebagai toping, perhatikan pemakaian garam ya, agar tidak terlalu asin tumisannya
Masukkan garam ke dalam air rebusan spahgeti agar rasanya tidak tawar
Rebus spagheti bersamaan dengan menumis daging, agar spahgeti tetap hangat ketika akan di sajikan

2 comments :

  1. yummy nih mbak..kebetulan kami jarang banget makan pasta krn biasanya yg dibeli di resto atau yg instant selalu berbumbu saos merah dan pedas..jd kurang suka..masih enak mi goreng, hahah. tp ini toppingnya beda..patut dicoba nih.
    thank u always ya mbk Di buat sharing tips tipsnya seputar dunia perdapuran..hehe.

    saya mau pesan buku resepnya mbak. lewat emailkah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp mba Ratna.met coba ya..iya aku lebih suka yang ini juga..lebih Indonesia rasanya..hihi

      Delete

Google Ad

Visit Our You Tube Channel