Google Ad

Tuesday, May 26, 2015

Sambal Goreng Kering Berkecap


Sambal goreng tuch..menu yang tak ada matinya di dapurku..hihi. Coba search aja teman-teman di web ku ini..banyak menu rupa-rupa sambal goreng..hihi. Karena memang lidah Jawa kami ini suka sama sambel goreng..dari tempe..tahu..sayuran hingga daging..semua enak di buat sambal goreng. Bisa di variasikan..mau sambel goreng seger berkuah banyak..sambel goreng nyemek ( kuah sedikit ) hingga sambel goreng kering.
Kalau sambel goreng berkuah banyak..coock untuk makan lontong atau kupat sayur, nasi liwet dll. Kalau Sambel goreng nyemek..cocok sebagai teman gudeg..nasai ayam Semarangan..nasi rames dll. Nah..kalau sambel goreng kering seperti yang aku buat ini..coock untuk teman nasi kuning..atau isian arem-arem. Tapi..yang pasti..semuanya..sangat enak..untuk makan nasi putih sehari-hari..hihi..jika males nyusun menu yang cocok teman-teman.

Bumbu utama sambel goreng itu adalah bawang merah, bawang putih, cabai...dan beberapa bumbu lain. Untuk sambal goreng yang nyemek biasa cabai yang di gunakan banyak, jadi kemerahan sambal goreng. Namun cabai sebenernya bisa di sesuaikan selera. Boleh di ulek..boleh di iris..atau campuran keduanya. Kalau aku suka sambal goreng yang sebagian bumbu di iris, sebagian di ulek..jadi komplit dech ada hiasan cabe2 iris gitu, tapi bumbu tetep merasuk ke bahan.

Untuk sambal goreng kering ini nggak pakai krecek atau kulit sapi..jadi bisa di ganti ati ampela atau hati sapi. Biar tambah sedep bisa di tambah udang kupas juga. Bahan yang paling cocok untuk sambal goreng kering ini..bisa kentang yang di potong kecil-kecil dan di goreng atau tempe. Nyamleng dech rasanya..nglawuhi..kalau orang jawa bilang..alias udah bisa buat lauk nasi..walau tanpa lauk lain.

Memasak sambal goreng yang enak itu..jangan buru-buru ya teman-teman..harus sabar..di masak perlahan agar bumbu meresap. Kalau sambal goreng di masak pakai api besar..kuah cepat menyusut dan habis, padahal bumbu belum meresap sempurna ke bahan. Jadi masak perlahan hingga kuah mengental dengan sendirinya. Baru setelah itu di masak sebentar dengan api sedang hingga kering ( di gongseng ) dan bumbu menyelimuti sambal goreng.

Oke..buat teman yang suka sambel goreng juga..selamat mencoba. Jika masih ada sisa esok harinya..sambal goreng ini enak untuk isian arem-arem lho..atau nasi bakar..^^

Sambal Goreng Kering Berkecap

Bahan :
4 pasang ati ampela, rebus, potong-potong kecil, goreng sebentar
2 buah kentang ( 250 gram ) , potong kotak kecil, goreng hingga matang
50 gram udang kupas
1/2 papan petai, belah dua, goreng sebentar saja
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
1/2 sendok makan gula merah
1/2 sendok teh kaldu ayam & garam sesuai selera
1 sendok makan kecap manis
6 buah cabai merah, iris serong tipis
4 buah bawang merah, iris tipis
2 buah bawang putih, iris tipis
800 ml santan sedang

Bumbu Ulek :
4 buah bawang merah
1 siung bawang putih
5 buah cabai merah

Cara membuat:
Tumis bawang merah , bawang putih iris hingga harum dan matang, masukkan cabai iris dan bumbu halus, tumis hingga matang benar. Masukkan udang, aduk hingga udang berubah warna
Masukkan santan dan bumbu-bumbu lain
Tunggu hingga mendidih, masukkan bahan lain, masak sambil di aduk sesekali agar santan tidak pecah. Setelah 5 menit di masak, koreksi rasa. Kecilkan api..masak hingga bumbu meresap dan kuah hampir mengering. Masukkan kecap manis, petai, aduk rata dan masak sebentar.
Koreksi rasa, sajikan.


8 comments :

  1. Pas dehhh di dapur ada kentang, ati ampela ama pete...tp udangnya mase di pasar....heheheh



    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp mba..sini mba tak pinjemin udang..hihi..di freezerku masih byk..:D

      Delete
  2. Ya Allah...enak bngt ini mba... Ngiler abis saya...Makasih ya mba atas inspirasi menu2 yummy nya...

    ReplyDelete
  3. Mbak, saya mila. Sebentar lagi kan puasa, mau dong di beri tips dalam mempersiapkan bumbu dapur, cara menstok daging , ikan ataupun olahannya. Saya tahu kalau mbak pernah menulis 30 hari menu sahur dan berbuka, tapi rata2 yang ada resepnya. Maksud saya cara2 kita menyimpan bumbu, biar cepat di olah, karena bulan puasa jangan sampai terlalu lama berkutat di dapur. Terima kasih banyak ya Mbak sebelumnya. Salam untuk keluarga Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi mba..tenang..sudah ku tulis semua tips2 dasar memasak hingga menyiapakan bahan makanan dan bumbu2...serta 62 resep untuk bekal puas abesok..ada di mana..di buku perdananku mba...bisa di dapat di toko Gramedia dan Gunung Agung ya..:) atau di pesan online via aku..hihi..Liat dulu di sini jk belum sempat baca kmrn ya..:)

      Delete
    2. oh iya ini linknya,..http://www.diahdidi.com/2015/05/alhamdulillahakhirnyamy-first.html

      Delete
  4. untuk makan nasi uduk juga bisa ya mbak

    ReplyDelete

Google Ad

Visit Our You Tube Channel