Google Ad

Wednesday, February 11, 2015

Yummy & Easy Potatoes Schotel With LOCK & LOCK Oven Glass Steam Hole


Teman - teman suka memasak menggunakan pinggan tahan panas ? Itu lho..pinggan yang tahan di oven atau di kukus langsung dalam proses pemasakannya. Memasak dengan pinggan tahan panas memang praktis ya teman - teman..karena tinggal memasukkan saja semua bahan makanan yang di masak ke dalam pinggannya..hemat waktu..hemat tempat. Tapi kadang - suka pernah kejadian nggak pinggan tahan panasnya pecah tiba tiba ? Aku pernah lho..waktu itu aku buat puding panas yang di oven..nah..waktu sudah matang langsung di pindah ke piring saji, eh sama mba assisten rumahku langsung dech di siram air dingin, maksudnya mau di cuci gitu..dan akhirnya..*pletakkk..pecahlah pinggan tahan panasku dengan tiba - tiba..hihi. Jadi ragu ragu sekarang kalau mau pakai pinggan tahan panas untuk mengoven makanan..dan seringnya pakai alumunium foil dech . Tapi kalau pakai alumunium foil kadang  ragu - ragu juga ya teman, tentang keamanannya walaupun food grade juga. Selain itu lebih boros juga ya..karena sekali pakai langsung buang.

Makanya aku senang sekali..setelah di beri kesempatan oleh LOCK&LOCK Indonesia untuk mencoba salah satu produk terbaru mereka yaitu  LOCK&LOCK Oven Glass Steam Hole, yang merupakan varian baru dari LOCK&LOCK Oven Glass, atau wadah kaca yang bisa di  oven langsung. Bentuknya cantik sekali dengan warna penutup yang   cerah. Langsung jatuh cinta dech pada pandangan pertama dengan LOCK&LOCK Oven Glass Steam Hole ini..hihi. Ada yang bentuk kotak dan bulat..semuanya cantik dengan warna tutup silicone yang cerah warna warni, seperti punyaku ini merah muda dan kuning, segar warnanya


Yang membedakan LOCK&LOCK Oven Glass Steam Hole dengan produk oven glass lain yaitu adanya tutup silicone yang mempunyai lubang kecil di atasnya. Tutup silicone ini membantu sekali pada waktu memanaskan makanan  yang sudah kita buat sebelumnya dengan LOCK&LOCK Oven Glass Steam Hole. Jadi jika kita memasak makanan dengan LOCK&LOCK Oven Glass Steam Hole, tapi tidak langsung kita nikmati, bisa kok di panaskan kembali ketika hendak di makan, langsung di masukkan saja ke dalam microwave hingga makanan hangat kembali. Rasanya tetap sama seperti masakan baru, karena ada tutup silicone yang membantu menjaga makanan tidak menjadi kering atau kehilangan rasa selama di panaskan kembali.


Dengan adanya tutup yang terbuat dari silicone, maka tutup ini tahan panas, dan menjaga makanan yang sudah matang di dalam LOCK&LOCK Oven Glass Steam Hole, tetap terjaga citarasanya seperti ketika baru matang , jadi nggak kering atau gosong. Adanya lubang kecil di atas tutup silicone juga memudahkan sirkulasi panas masuk ke dalam makanan. Jadi memanaskan makanan dengan LOCK&LOCK Oven Glass Steam Hole jadi lebih mudah dan menyenangkan. Buat Bapak - bapak nich, mudah cara pemakaiannya,  misalnya di tinggal ibu arisan..nggak perlu repot jajan di luar..minta saja di tinggalin makanan yang sudah di masak dengan LOCK&LOCK Oven Glass Steam Hole ini, ketika mau makan, tinggal masukkan  lagi ke microwave hingga makanan hangat kembali. Karena bentuknya yang cantik dan tidak terlalu besar, LOCK&LOCK Oven Glass Steam Hole ini juga bisa sekalian menjadi alat saji di meja makan. Jadi hemat  cucian piring juga kan..hihi.


Material kaca dari LOCK&LOCK Oven Glass Steam Hole ini terbuat dari borosilicate, yaitu material yang aman di gunakan dan tidak akan pecah tiba - tiba ketika terjadi perubahaan suhu mendadak, ( dingin - panas - dingin ). Bahan kaca seperti ini di sebut  heat-resistant-glass (kaca tahan panas), itulah salah satu keistimewaan dari LOCK & LOCK Oven Glass Steam Hole. Keunggulan heat-resistant-glass, selain tahan perubahan suhu, bahan kaca jenis ini juga aman di gunakan di kulkas, microwave, oven atau diswasher, beratnya lebih ringan di banding tempered glass, serta permukaannya akan tetap bening, walaupun di gunakan berkali - kali.

Jadi bahan LOCK&LOCK Oven Glass Steam Hole adalah bahan kaca yang  heat-resistant-glass, sangat berbeda dengan tempered-glass, yang merupakan jenis kaca yang berbahaya untuk digunakan pada perangkat makan atau dapur, karena bisa tiba tiba pecah ketika terjadi perubahan suhu mendadak. Mengapa bisa demikian ? Tempered-glass mudah pecah secara tiba - tiba, karena pada waktu pembuatannya di pabrik akan mengeluarkan sisa bahan yang bernama Nickel Sulfide, ketika di panaskan atau terjadi perubahan suhu tertentu..maka Nickel Sulfide ini akan menyebabkan kaca jadi mengembang, dan menyebabkan kaca mudah pecah berkeping keping..jadi bisa jadi berbahaya kan di dapur teman - teman jika kita pakai tempered-glass biasa. 

Kalau LOCK&LOCK Oven Glass Steam Hole ini bahan kacanya lebih aman, karena tidak mengandung Nickel Sulfide, jadi lebih aman. Begitulah penjelasan dari Dr Andreas Kasper..seorang doktor ahli dari Jerman yang ahli dalam bidang tempered glass. Wah jadi tenang dech sekarang..karena ada produk oven glass yang lebih aman ya teman - teman, untuk kita gunakan di dapur, seperti LOCK&LOCK Oven Glass Steam Hole ini.


Nah..sekarang saatnya kita praktek masak yuk..pakai LOCK&LOCK Oven Glass Steam Hole. Sejak punya di rumah..beberapa hari ini, aku udah beberapa kali memasak pakai LOCK&LOCK Oven Glass Steam Hole, hasilnya oke semua masakannya. Seperti kreasi masakanku hari ini, aku membuat potatoes schotel saja yang mudah dan cepat. Dan beneran lho..LOCK&LOCK Oven Glass Steam Hole ini tahan panas, waktu masuk ke oven tadi, aku masukkan ke suhu maksimal sampai 200 derajat, aman aman saja. Kalau oven glassnya, tanpa tutup bisa tahan sampai suhu 400 C , tapi untuk tutup siliconenya hanya   sampai suhu 200 C ya teman - teman. Tapi ya tidak masalah..suhu segitu sudah cukup panas untuk mamatangkan makanan yang kita masak atau kalau hanya untuk memanaskannya saja..cukup banget lah suhunya. Jadi..praktis dan mudah dech memasak memakai LOCK&LOCK Oven Glass Steam Hole, bisa untuk memasak, memanaskan sekaligus jadi alat saji di meja makan karena bentuknya yang cantik. Nggak malu malu in dech jika di suguhkan ke tamu langsung. Atau buat bekal di kantor, wah praktis juga kayaknya. Apalagi kantor modern sekarang kan komplet ya fasilitasnya, jika ada microwave di kantor kan enak..bawa bekal yang sudah di masak pakai LOCK&LOCK Oven Glass Steam Hole ini, tinggal di panaskan dech waktu makan siang.


Ya oke dech..sekarang mari kita mulai masak aja ya..dengan memakai LOCK&LOCK Oven Glass Steam Hole, ini resep praktis, tapi enak..cocok buat bekal atau buat makan siang anak anak. Misal teman - teman bekerja juga..pagi bisa masak ini saja buat anak anak, siang tinggal minta tolong orang rumah buat memanaskan kembali. Yuk. sekarang simak step by step cara membuatnya ya ^^

Pertama siapkan isian dulu ya, aku pakai mix vegetables, yang bisa di buat sendiri atau bisa juga beli jadi banyak tersedia di supermarket.

Siapkan sekitar 150 gram mix vegetables, 3 - 5 buah sosis sapi  yang di iris kecil, 1/2 buah bawang bombay yang di iris kecil, serta 1 siung bawang putih yang di haluskan.


Tumis bawang bombay, bawang putih dengan sedikit margarin hingga harum dan matang, masukkan sosis, beri bumbu sedikit garam secukupnya, 1/2 sendok teh gula pasir, dan 1/8 sendok teh merica bubuk, aduk rata ya hingga bumbu tercampur rata. Sisihkan.


Nah..setelah isian siap, kita siapkan dulu bahan utamanya ya..yaitu kentang kukus halus sebanyak 200 gram saja. Agar lebih mudah aku pakai tepung kentang seduh yang di seduh dengan air panas saja tadi, lalu timbang 200 gram juga.

Kentang kukus dan isian sudah siap, terakhir siapkan dulu saus untuk menyiram adonannya..yaitu terbuat dari 1 butir telur, 100 ml susu cair, 1/4 sendok teh garam atau sesuai selera, gula pasir 1 sendok teh, serta pala halus 1/8 sendok teh, aduk rata ya. Jika suka, bisa di tambahkan keju parut juga ya di saus ini.


Selanjutnya, siapkan LOCK&LOCK Oven Glass Steam Hole, oles dengan margarin secukupnya. Tuang setengah bagian kentang kukus di dasarnya, siram dengan saus  campuran susu dan telur secukupnya. Lalu masukkan tumisan mix vegetables dan sosisnya hingga setengah tinggi dari LOCK&LOCK Oven Glass Steam Hole.Tuang kembali saus siraman secukupnya.


Selanjutnya, masukkan sisa kentang, tuang adonan saus siraman lagi secukupnya. Lalu ratakan hingga setinggi LOCK&LOCK Oven Glass Steam Hole. Tutup dengan penutup siliconenya, hingga rapat.



Selanjutnya tinggal di panggang dech di oven. Biar hasilnya lebih lembut kita panggang uap ya..atau dengan sistem Au Brain Marie, caranya, tuang air panas hingga 1/4 tinggi loyang, lalu letakkan LOCK&LOCK Oven Glass Steam Hole yang berisi potatoes schotel ke dalamnya. Tidak perlu takut..aman kok memasak dengan cara ini teman - teman..memang sedikit beruap dan mengembun ovennya ketika di panaskan, tapi tidak ada masalah.


Setelah di panggang 20 menit, buka tutup siliconenya, lalu taburi parutan keju secukupnya. Panggang kembali dech sekitar 10 menit ( tanpa tutup ) hingga keju kecoklatan Jika belum kering, bisa di pindah ke oven rak atas, biar cepat mengering kejunya. Tapi di awasi ya..jangan sampai gosong kejunya..hihi.


Udah dech..potatoes schotel yang  praktis dan mudah..siap di nikmati. Jika di simpan untuk sarapan pagi, bisa di buat malam hari sebelumnya. Pagi pagi tinggal di panaskan kembali dech di microwave atau di oven lagi sebentar..tetap di LOCK&LOCK Oven Glass Steam Hole, nggak usah di pindah tempat lagi..praktis bukan teman - teman. Oke..semoga bermanfaat ya..sedikit info gadget dapur baru ku hari ini. Selamat mencoba resep potatoes schotel nya juga jika suka.




30 comments :

  1. Wahh,,,ssiipp,,skrg resepnya sma pictnya,,jdi lbh enk buat pemula kyk aq,,

    ReplyDelete
  2. Pengen coba mak...tapi pake loyang biasa bisa kan ya 😊

    ReplyDelete
  3. Wahh simple & enak bingits resepnya, pengen coba ahh tapi pake loyang biasa aja dulu yg kupunya mbak Diah. Nabung dulu nih buat beli Lock&Lock Oven Glass...hihih ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..sipp Mba Erti..ayu nabung..cantik dan nggemesin ini oven glass nya..jadi bisa di koleksi di dapur..:D

      Delete
  4. Menu masakan bisa nambah nih kalok punya yg ini. Simpen dlu dah. Tfs ya mak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak Inda..iya nich..jadi pengen masak terus aku..hihi

      Delete
  5. Nyemmmm, praktis buat sarapan ya, Mak. Bisa dibikin malamnya.Tfs Mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak Helda..bener banget..atau buat bekal kantor juga enak..:)

      Delete
  6. Hemm...enak nih buat camilan musim penghujan gini. TFS Mak ;)

    ReplyDelete
  7. Praktis untuk bekal ke sekolah nih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Ratna..praktis dan bergizi buat anak2 ya..:)

      Delete
  8. lock n lockny akeren mbak, aku belum punya yang dari bahan gelas seperti ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya Mak Lidya..bentuk tutupnya itu juga lucu warna warni..nggemesin gt..:D

      Delete
  9. pokoknya klo liat resep mb Dii sllu bkin ngilerr :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..makasih mba Ika..ayukk di coba di rumah ya.:)

      Delete
  10. Hi,,,mba diah salam kenal ya Mba,blog mba diah salah satunya blog yang isi nya menginspirasi saya untuk tidak pernah bosan untuk mencoba resep -resep baru nya mba diah yang akhirnya sy juga belajar buat blog untuk menuangkan apa yg sdh sy dapatkan dan akan sy pelajari nanti nya,,,,makasih ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi mba Tari..salam kenal juga mba..iya mba..ayukk semangat..coba resep2 baru..terus di buat diari masak di blog..jadi ntar kalau udah banyak kan seru baca2 blog sendiri..misal..lagi coba resep ini..berhasil..atau berlum berhasil..kan di catet tiap hari..bonusnya..dapat pahala..bisa share hal bermanfaat ke byk orang..:)

      Delete
    2. aamiin yaa rabbal alaamiin mba diah..

      Delete
    3. Keren Mba Diah motivasinya, makasih yaa... Salam kenal Mba.

      Delete
    4. iya mba..salam kenal juga ya..:)

      Delete
  11. skrg lg jdi anak kost mbk. blum bisa bereksperimen sering2. pling cuman klo pas pulang aja. jdi tiap hari cuman bisa nengokin blog nya Mbk Dii trus nyatet2 yg pngen d prktekin klo plng bsok. hihihi
    tp mksih ya mbk dh mmberi bnyak inspirasi about cooking. . jd tmbh smngt bljar nii biar bsok klo dh jd ibu rt minimal bisa msakin buat kluarga :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba..di tabung dulu ya ilmunya ya..besok kalau udah menikah bisa di prkatekin buat suami..hihi

      Delete
  12. Mbak diah, Lock n lock nya di toko progo jogja ada ngga ya mbak..?
    Mksh..
    -diana-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum liat aku mba kalau di Progo..di online mba ada yang jual ya :)

      Delete
  13. Hmmm... mengin2i aja mba diah. asik kyknya yah LnL nya. Mw jg dilempari dr LnL :)))

    ReplyDelete
  14. mba Diah, kalo boleh tau lock n locknya beli di onlineshop apa ya?mupeng.com :) nuhun...

    ReplyDelete

Google Ad

Visit Our You Tube Channel