Google Ad

Saturday, December 27, 2014

Hotteok Original


Beberapa waktu lalu..setelah mencoba hotteok kentang..wah..Yodha jadi ketagihan..hampir setiap hari minta di buatin hotteok..hihi. Memang enak banget sich pas masih anget2 gitu. Tapi Yodha ku memang gitu..kalau lagi musim pengen crepes..tiap hari minta crepes, musim martabak mini..request cemilannya ya itu2 terus..sekarang..lagi musim hotteok dech di rumahku..hihi. Jadi tiap sore tuch akan tercium aroma wangi gula merah yang tercampur kayu manis..hemmm. Tapi itu buatku..yang buat Yodha ya tentu saja isi coklat..hihi.

Setelah mencoba hotteok modifikasiku sendiri yang pakai tepung kentang kemaren..rasanya kok kurang afdol jika nggak coba hotteok versi aslinya. Akhirnya biar ilmunya juga nambah..aku coba hotteok versi asli..tanpa tambahan tepung kentang. dan menurutku..rasanya sich sama2 enak..tapi aku..dan Yodha..lebih suka yang pakai tambahan kentang di adonannya..karena lebih empuk. Ya iyalah ya..misal donat pun lebih neak yang donat kentang ya teman2..di banding donat biasa. Nah..berlaku juga buat hotteok..dengan tambahan tepung kentang, jadi lebih empuk dan lembut. Sampai dinginpun tetep empuk. Kalau yang versi original ini harus pas hangat2 di makannya. Jika udah dingin jadi agak alot. Jadi..rekomendasi hotteok yang paling enak..menurutku yang pakai campuran tepung kentang.

Tapi jika mau bikin yang versi original enak juga kok teman2 ini, tapi kekurangan lain yang versi original ini..adonan lebih lengket , jadi butuh kesabaran buat membentuknya. Kalau yang pakai tepung kentang..enak banget di bentuk2..mulus aja..karena adonan nggak terlalu lengket. Oke..yang mau coba versi original..ini ya teman2..aku adaptasi dari Aeriskitchen, kalau yang versi modifikasi ala aku pakai tepung kentang..resepnya di SINI ya.

Selamat mencoba..^^

Siapkan dulu 1/2 cup air hangat suam2 kuku, 1/2 sendok makan ragi instan, 1 sendok makan gula. Aduk rata, diamkan 5 - 10  menit hingga berbusa.


Ukur 3 cup tepung terigu protein sedang..pakai takaran cup standart internasional ya..kayak di bawah ini..peres saja..jangan di tekan2 atau di gethok2 ya ngukurnya. Alat ukur cup 1 set biasa di lengkapi alat untuk menakar adoanan agar peres..jika tidak ada gunakan pisau bersih untuk meratakannya. Selain itu ukur 1 cup susu cair, 1 sendok teh garam juga.


Aduk rata tepung, susu, garam, dan campuran ragi. Uleni sebentar hingga rata. Adonan memang agak lengket. Tutup dengan plastik wrap, diamkan hingga mengembang 2 kali lipat. Kira2 1 jam atau tergantung cuaca juga ya.


Ambil adonan hotteok secukupnya. Beri isian sesuai selera. Yang original isinya brown sugar / gula merah serut, kacang sangrai cincang dan kayu manis bubuk, aduk rata. Bisa juga di isi coklat..nuttela, pasta kacang merah, dll. Siapkan pan anti lengket , beri sedikit minyak, panaskan, taruh beberapa adonan hotteok. Biarkan hingga bagian bawah agak matang.


Tekan2 hotteok dengan spatula tau sutil kayu, bolak balik agar matang merata.


 Masak hingga kedua sisi matang dan isi meleleh.


Hotteok hangat siap di nikmati..:) Mudah kan..selamat mencoba ya teman2..



14 comments :

  1. assalamualaikum dan salam kenal Diah dari kak Noor..lazatnya roti tu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wass Kak Noor..salam kenal juga. Terimakasih ya..:)

      Delete
  2. Mbak tepung nya kalau di timbang brapa ya,,? Gsk da cup yg

    ReplyDelete
  3. Mba ijin nyontek resepnya ya :)

    ReplyDelete
  4. Wah, udah lama banget nyari resep ini, makasih yaa.. Ijin copas ya..

    ReplyDelete
  5. Mba, ragi instan itu fermipan ya?butuh berapa bungkus fermipan mba untuk resep ini?
    Terimakasih mba

    ReplyDelete
  6. mbak..keren ih..bisa dtakar ga pakai timbangan? soalnya ga punya cup internasional..

    ReplyDelete
  7. Mba di,trnyata enak loh..
    Ku lgi nyoba bkin sekarang..
    Gampang buatnya,bhannya juga ad di rumah..
    Ku suka isi coklat yg meleleh sm angko (sisa bkin onde kmrn)..
    Mkasih mba resepnya..

    ReplyDelete
  8. Mba di,trnyata enak loh..
    Ku lgi nyoba bkin sekarang..
    Gampang buatnya,bhannya juga ad di rumah..
    Ku suka isi coklat yg meleleh sm angko (sisa bkin onde kmrn)..
    Mkasih mba resepnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sippp mba..syukurlah jk berhasil ya bikin hotteoknya..:D

      Delete
  9. Ragi instant sama fermipan sama bukan? Resep ini jdi brpa porsi?

    ReplyDelete
  10. Ragi instant sama fermipan sama bukan? Resep ini jdi brpa porsi?

    ReplyDelete
  11. Mb..salam kenal...mb...mp nanya boleh pake gelas blimbing gk ya

    ReplyDelete

Google Ad

Visit Our You Tube Channel