Google Ad

Saturday, November 1, 2014

Tips Membuat Swiss Roll Bermotif


Maaf ya teman2..kemaren nggak sempat posting resep baru..hihi. Seharian baking uji coba tepung2 mix baru ari Lazetta. Sebagai bentuk rasa tanggung jawab aku harus coba semua dong sebelum di launching produknya. Dan juga biar aku lega..karena belum ku launching aja udah ada beberapa teman  yang ambil banyak produk ini..jadi kalau udah ku coba dan hasilnya enak..jadi tambah plong dech melepas produk ini ke pasaran. Kemaren yang aku uji coba tuch chiffon cake..swiss roll..cake coklat dll. Dan hasilnya..enak semua. Aku suka produk *Lazetta ini karena cara pembuatannya yang praktis, jadi lebih mudah buat teman2 yang suka baking tapi nggak ada waktu banyak nich. Semua sistem kocok all in one..jadi nggak perlu ribet. Dan hasilnya ajaibnya ya lembut itu , sama kayak kalau kita buat manual cake..yang di kocok dulu telur , gula, baru tepung aduk balik dll. Nah..jadi buat yang  biasanya keder mau bikin cake,  karena musti pakai sistem aduk balik..nich..cocok banget nich tepung mixnya..karena cara  buatnya pakai mixer aja semua...wis nggak bakalan bikin kotor dapur dech..tinggal tuang ke wadah adonan. Tambah telur dan minyak..di mixer..panggang..jadi dech aneka cake atau kue ala bakery.

Beneran lho teman2..rasanya nggak kalah sama bakery hasil produk Lazetta ini..ya karena memang di racik ahlinya Bapak Husin Syarbini penulis buku A - Z bakery..dan dulu adalah tenaga ahli bakery adviser di beberapa perusahaan tepung ternama..jadi..di jamin dech kualitas produknya. Dan yang aku suka itu rasanya tetep homamade gitu..pas aja semua..nggak ada bau2 pengembang yang berlebihan..manis juga pas..dan bahan2 juga berkualitas. Lidahku sensi nich..misal coklat bubuk gitu ya teman2..aku tau dech..mana yang murah atau yang berkualitas..jadinya ya coock banget aku pakai tepung ini. Jika punya modal gitu..buka bakery aja berani lho pakai tepung mix ini..menghamat tenaga karyawan kan..karena semua udah praktis, tapi rasa oke..karena udah di racik secara pas. Jadi kayak *bayar* bakery adivisor terkenal kan..hihi. tapi lewat racikan tepungnya aja. Ayukk..siap yang mau punya usaha bakery..cocok nich.

Kemaren aku coba swiss roll itu enak banget..lembut membelai lidah..padahal telurnya nggak banyak banget lho..kayak resep2 yang pernah aku coba..tapi ini rasanya udah pas lembut dan manisnya. Suka dech ringan aja gitu..nggak bau telur sama sekali. Nah..karena kemaren coba swiss roll dasarnya udah enak..baiklah..mari kita bermain sebentar di dapur..mumpung weekend nich. Jadilah tadi pagi2 bangun tidur, aku bikin swiss roll lagi..kali ini dengan motif...padahal mau ada acara agak siangan nanti..tapi karena lagi semangat baking ya tetep aja...nguplek sebentar di dapur..jadi dech. Kan lagi trend kan swill roll bermotif ya teman2.Ada motif gambar yang lucu2 ala Jepang..zebra, garis2, polkadot, batik..yang ala Indonesia..hihi..dll. Nah..kalau aku suka yang abstrak aja..lebih mudah dan cepat..nggak perlu sempurna kan bikin motifnya kalau abstrak..hihi. Kalau mau motif gambar yang lucu2, di gambar dulu ya bagus ya teman2, baru langkah2nya sama kayak pas bikin dengan motif abstrak ini. Kalau nggak telaten menggambar..ya kayak aku aja..pakai motif2 abstrak..lebih mudah dan cepat. Jadilah pilihanku jatuh ke motif Giraffe aja..alias motif Jerapah..hihi. walau setelah jadi..bingung juga..ada nggak ya Jerapah motif gini. Tadi juga di protes Yodha.."No..Mom..Girrafe is like spot..motifnya kata dia....haha..yo wis ndak apa2..yang penting hasilnya cantik kan teman2..hihi. Iya juga sich..kalau Jerapah itu motifnya krem ya..terus badannya coklat..lha aku kok kebalik..hahah. Oke..next time coba lagi ya kak Yodha..kataku. Seru kan teman2..ribut di dapur bareng anak2..moga2 bisa jadi ide berkreasi di dapur bersama si kecil ya. Suruh aja si kecil yang gambar motifnya..kan hasilnya malah lucu..alami anak2 ya..hihi. Cara gambar motifnya kayak gini nich teman2..di kertas roti ya..lalu di balik, terus atasnya di oles margarin juga agar motif nggak nempel di kertas.


Kalau lihat di web2 luar gitu kayaknya rumit ya bikin motif di swiss roll teman2..padahal aslinya nggak lho..jadi mari aku jelaskan dengan bahasa sederhana ya..biar lebih mudah di mengerti teman2 yang baru belajar baking. jadi intinya....motif kita buat dulu, dengan adonan putih telur yang di campur sedikit adonan swiss roll nya. Mengapa pakai adonan putih telur..agar motifnya ini bisa kering dulu sebelum di timpa adonan swiss roll nya. Kalau motifnya mbleber2 ke mana2 kan nggak bisa jadi motifnya kan..ntar malah jadi marmer motifnya..hihi..jadi kita butuh bantuin putih telur yang cepat mengering ketika di panggang sebentar. Ada juga yang caranya di masukkan ke freezer dulu sebentar adonan motifnya agar mengering..kalau aku suka ku panggang aja 1 menit. Setelah motif set agak kering, baru dech di timpa adonan swiss rollnya. Tapi manggang motifnya juga jangan terlalu  kering ya..jangan lebih dari satu menit. Kalau terlalu kering nanti bisa misah motifnya tertinggal...ketika kertas roti kita buka.


Nah..sudah siap berkreasi dengan swiss roll bermotif..yukk mari simak caranya...tapi cuma caranya ya..karena aku pakai tepung mix praktis..jadi lumayan menghemat waktu bakingnya nich..tinggal berkreasi dengan motifnya saja. Jika mau teman2..bisa pakai resep swis roll andalan masing2 ya. Oh no..aku jadi ketagihan bikin motif2 swiss roll nich beda2 gitu..tapi pertanyaannya adalah..siapa yang mau menghabiskan swiss rollnya nanti..hihi. Walaupun rasanya enak dan lembut banget..tapi Yodha dan papinya udah mblenger ku sodorin aneka cake beberapa hari ini..jadi lebih sering ku bagi2 aja..hihi...

Swiss Roll Bermotif 

Bahan :
250 gram tepung Lazetta Swiss Roll Mix.
75 ml air, 75 ml minyak goreng
5 butir telur ukuran kecil ( 250 gram )

Bahan motif :
1 putih telur
1 sendok teh terigu
2 sendok teh gula pasir
2 sendok makan adonan swiss roll
1 - 2 sendok teh pasta coklat

Cara membuat :
Campur Lazetta mix swiss roll dengan telur dan air, kocok dengan speed rendah 3 menit hingga rata, lalu naikkan speed mixer ke tinggi, kocok kembali 10 menit hingga kental berjejak dan kaku , membentuk jambul petruk yang ngak turun ketika mixer di angkat. Masukkan minyak goreng..kocok 1 - 2 menit hingga rata dengan speed rendah saja.
Adonan siap di gunakan.

Adonan  motif :
Kocok gula dan putih telur hingga kaku, masukkan terigu dan 2 sendok makan adonan swiss roll, aduk rata perlahan. Masukkan kantong platsik segitiga, lalu semprotkan ke loyang yang sudah di alas kertas roti bergambar motif tadi. Panggang 1 menit. Keluarkan. 

Penyelesaian :
Tuang adonan swiss roll ke loyang khusus bolu gulung tinggi 3 cm,  hingga 3/4 tinggi cetakan saja karena akan mengembang nanti. Oven 20 menit di api 190 C  hingga matang. 
Dinginkan di rak kawat agar tidak berkeringat hingga benar2 dingin, olesi bahan isian jika suka....lalu lepaskan kertas roti sambil di gulung perlahan, padatkan.
Potong2 sajikan. Mudah  kan teman2..^^
Tepung mix Lazetta Swiss Roll kayak gini nich kemasannya teman2..1 kg ya..bisa 4 kali pakai. Sekali pakai 250 gram, jadi dua bolu gulung. Punyaku bolu gulungnya ini tanpa isian..cuma aku oles tipis2 selai aja..karena lagi malas bikin isian..jadi kalau swiss roll nya mau lebih gendut lagi..di isi aja..pakai ganache, cream, whip cream, pisang dll..hihi. Yang mau order tepungnya..di  tunggu ya..hihi.








38 comments :

  1. mb diah, sy arisah
    mau tanya, waktu kue ny d dinginkan d rak kawat, d keluarkan dari loyang dl atw ga? trus d balik atw gmn? yg d beri isian, sisi yg nempel kertas roti atw yg sisi satu ny. makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak mba..biar dingin secara perlahan dulu. Yang di oles selai bagian permukaan cakenya ya..setelah itu di gulung perlahan sambil di lepaskan kertas rotinya. Jadi terbalik dgn swill roll biasa, kalau ini yang di gulung yang bagian bawah..isi di bagian atas.

      Delete
  2. cantik sekali mbak diah ....

    ReplyDelete
  3. Amboi... ayune mbak... seayu yang bikin. Adonan membentuk jambul petruk...hihih lucu deh mbak Di sebutannya untuk adonan yang kaku berjejak.

    ReplyDelete
  4. Mbak Diah kapan nih kita di kirimin yang motif kayak gini?

    ReplyDelete
  5. sore mba diah...salam kenal yaa, seru dan seneng banget baca tips.
    Mba...aku rencana mau buat cake ulang tahun buat anakku,tapi aku masih pemula banget euy...jd masih maju mundur gitu kl bikin kue, aku mau nanya dong...kl buat bikin cake ultah bisa ga pake tepung swiss roll..?trs tolong ajarin takaran dan komposisinya dong, rencana aku mau buat cake ultah yang coklat ato rainbow...pls help ya mba, thanks :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa mba.kalau pakai tepung swiss roll yang aku jual lembut sich..jadi buat cake juga neak..atau ada cake coklat khusunya juga..email aja jk mau coba..di bundadidi@gmail.com

      Delete
  6. Teksturnya seperti bolu gulung kukus ya mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beda sich mba..itu karena di balik aja kan..biasanya kalau bolu gulung biasa kan bagian yang berkulit di luar..kalau ini krn bermotif..mk bagian bawah yang di luar..:)

      Delete
  7. Mbak diah, blh minta pricelist pertepungannya? Emailku: lastye.paramytha@gmail.com
    Suwun Mbak :)

    ReplyDelete
  8. mbak boleh minta list harga tepung dan variannya? emailku meiliza_23@yahoo.com tq

    ReplyDelete
  9. Mba minta price list tepungnya juga. Tolong email ke lovelydhie@gmail.com
    Terima kasih

    ReplyDelete
  10. mbak boleh minta list harga tepung dan variannya? emailku umiyaa2001@yahoo.com

    ReplyDelete
  11. Mbak minta list harga tepungnya dan varian, ini emailku melly_su@yahoo.com. Terimaksih.;))

    ReplyDelete
  12. Mba.. boleh minta list harga tepungnya? msh bs pesen ngga mba? boleh dikirim ke email idola_perdiniputri@yahoo.com .. makasih

    ReplyDelete
  13. Pagi mb..salam kenal yak..minta daftar hrganya dong mb..tolong invite pinku aja yak 2642B049.tq b4.

    ReplyDelete
  14. mb diah..boleh juga ya minta price list aneka tepungnya..dari tepung swiss roll sm tepung kentang, tepung bakso juga..hehe..
    emailku : uyunk_ni@yahoo.com

    makasih^^

    ReplyDelete
  15. Mbak mintak pricelist yah ke hasiwahyufairlina@gmail.com sama ongkirnya klo ke tangerang /kg brp y mb,maturnuwun sanget mbak

    ReplyDelete
  16. Mba Die, minta pricelist aneka tepungnya juga doonng......tertarik pengen coba resepnya mba die.
    Alamat email saya maricha.samad@gmail.com

    Thanks

    ReplyDelete
  17. Sore... salam kenal, senangnya bisa praktik beberapa resep milik mbk Diah untuk kegiatan cooking class di sekolah, terima kasih ya mbak :) boleh minta daftar harga macam2 tepungnya g mbk? ini emailku ya mbak jy140108@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba..silahkan..emailku bundadidi@gmail.com ya :)

      Delete
  18. Oh, my.... Malem2 liat blogmu, Mbak. Haduuuuuh bikin perutku keroncongan! :D :D :D :D

    ReplyDelete
  19. selamat pagi mba diah didi...salam kenal mba...saya fanny, boleh minta pricelist aneka tepungnya mba ? ini alamat email ku mba fannyst62@gmail.com... trma kasih mba

    ReplyDelete
  20. selamat pagi mba diah didi...salam kenal mba...saya fanny, boleh minta pricelist aneka tepungnya mba ? ini alamat email ku mba fannyst62@gmail.com... trma kasih mba

    ReplyDelete
  21. Salam kenal mb diah..,..suka banget lihat blognya mb diah. Sy tertarik dg tepung lazetta, bisa minta pricelistnya mb? Alamat email sy di erik.kusuma07@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ok..bs email di bundadidi @gmail.com ya..jika belum terima emailku..:)

      Delete
  22. mbak Diah minta daftar harga tepungnya dong, kalu pesen gmn caranya? email ya mabak di agusbina83@gmail.com

    ReplyDelete
  23. Mba beli tepungnya dmna?
    Email aq y d dhanisa17092703@gmail.com

    ReplyDelete
  24. mbak diah boleh minta daftar harga tepung nya,kalo mu pesen gimana
    emailku lestriida49@gmail.com mbak

    ReplyDelete
  25. mbak kalo rollcake nya di kukus bisa nggak ya?

    ReplyDelete
  26. mbak mau tanya,,, itu cakenya gimana bisa putih,, kan biasanya swiss roll kalau dipanggang bagian bawahnya jadi coklat.. itu gimana biar putih bersih,, jadi motifnya masih keliatan

    ReplyDelete

Google Ad

Visit Our You Tube Channel