Friday, November 14, 2014

Jamur Krispi Dengan Potato Starch


Beberapa waktu lalu dapat email dari mba Septi yang bilang kalau dia coba jamur krispi pakai potato starch atau tepung kentang pati yang di beli dari aku..dan kata mba Septi enak sekali rasanya. Wah..aku jadi penasaran..akhirnya aku coba kemaren..hemm..memang enak banget..kres renyahnya itu beda sama terigu memang..lebih ringan dan aroma kentangnya itu juga yang bikin tambah enak lapisan tepung jamur krispinya. Nggak heran dech..kalau chef2 ala hotel bintang atau restoran atau celebrity chef kayak Ching-He Huang yang bawain acara Easy Chinese Cooking tuch suka banget pakai tepung kentang pati ini untuk melapisi udang dll, yang di goreng kemudian di beri saus..di banding pakai tepung lain. Memang hasilnya jadi lebih kres renyah banget dan enak. Udang goreng juga enak pakai tepung kentang pati ini teman2.

Buat teman2 yang kemaren order potato starch ini dan masih ada.selain buat cookies , buat aneka saus juga bisa.atau buat lapisan untuk menggoreng ayam atau jamur kayak gini enak juga lho teman2. Nanti aku mau coba buat goreng kacang juga ah..siapa tau enak juga..hihi. Jadi kacang telur tepung kentang judulnya..hihi. Resepnya mudah banget..bahan yang mau di goreng , misal jamur ini tinggal di lapis tepung kentang pati yang di campur dengan sedikit garam atau bumbu lain. Udah tinggal di goreng dech. Alhamdulillah juga beberapa resto Korea dan Jepang udah ambil tepung kentang pati ini secara rutin dari ku. Memang masih agak langka  ya tepung kentang yang pati ini teman2. kalau di Korea dan Jepang sich udah biasa ya di pakai untuk olahan  masakan sehari2. Misal..untuk di Jepang biasa di pakai untuk ayam goreng krispi yang di sebut *chicken kaarage. Sedang di Korea..masakan seperti *fish cake..atau kalau di kita kayak otak2 ikan ini..pakainya tepung kentang pati ini.

Ok buat teman2 yang oder tepung kentang pati kemaren dan masih ada stock..semoga bisa jadi inspirasi ya menu jamur krispi ini. Buat teman2 yang mau order tepung kentang patinya juga..selalu ready ya..di tunggu..hihi. Buat cookies juga enak banget lho. Duch..sayangnya kok belum ada waktu lagi buat membuat aneka cookies dengan tepung kentang pati ini. Moga2 besok weekend ada waktu luang..jadi bisa kasih lebih banyak ide resep dengan tepung kentang pati ini ya teman2.

Oke..resep jamur krispi dengan potato starch ini..sama sich dengan resep *gluten free fried chicken yang udah pernah ku share resepnya di SINI ya..cuma di ganti jamur aja bahannya. Aku tulis ulang aja ya...siapa tau ada yang ketinggalan ^^
Jamur Krispi Gluten Free

Bahan :
250 gram jamur tiram, cuci bersih suwir2 dan agak di peras sedikit airnya, campur dengan bumbu2 :

1 siung bawang putih, haluskan
¼ sendok the merica bubuk
1 sendok teh saus tiram
1/4 sendok teh gula pasir
Air 50 ml

Bahan pelapis :
Potatoes starch / tepung kentang pati 150 gram
Garam sesuai selera
Kaldu ayam bubuk ½ sendok teh ( optional )
Merica bubuk ¼ sendok teh
Bawang putih bubuk ½ sendok teh

Cara membuat :
Campur semua bumbu perendam, lalu lumurkan ke jamur hingga rata, biarkan 15 menit hingga meresap.
Panaskan minyak goreng hingga panas di api sedang, ambil potongan jamur, gulingkan ke tepung pelapis sambil di tekan2 dan di cubit2 hingga tepung menempel ke semua bagian jamur, lalu masukkan ke minyak panas. Minyak yang udah panas, tandanya jika jamur di masukkan akan terdengar bunyi berisik.
Goreng hingga matang dan renyah.

Selain untuk jamur krispi ini tepung kentang pati ini enak di buat cookies , bisa di liat di SINI hasilnya ya teman2. Atau untuk fish cake ala Korea..resepnya udah ku posting di SINI. Bisa juga untuk masakan Jepang Chicken Kaarage..resepnya bisa di liat  di SINI.

Kalau tepung kentang patinya kayak gini nich buat teman2 yang belum tau ya..^^



5 comments :

  1. Salam kenal mbak Diah....
    apabila sy berminat dgn tepung2 jualan mbak Diah...bagaimana pemesanannya?
    web jualannya mbak Diah apa ya mbak..?
    Terimakasih...

    ReplyDelete
  2. Webnya masih di benahi mba isinya..belum sempat update semua data..jd sementara baru via email atau inbox fb mba..karena udah banyak banget oprderan belum punya assisten..hihi. Jk mau email aku mba di bundadidi@gmail.com..nanti akau kasih list jualanku ya..:) mksh mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ok mbak.....nanti sy email ya...terimakasih...

      Delete
  3. Apakah dgn menggunakan potato starch ini bs mengurangi residu menggoreng spt hal nya kalo abis menggoreng chicken pok pok dgn campurang terigu+maizena?

    ReplyDelete