Main Menu

Wednesday, October 8, 2014

Cara Membuat Gatot..dari Gaplek Kering


Kemaren pas ke daerah produsen gaplek dan tepung tiwul di Yogya..aku kan kulakan tepung tiwul, eh ada gaplek kering juga..bagus2. Lama bangat gak ketemu gaplek kering..hihi. Apa itu gaplek..buat temen2 di luar Jawa belum tau ya mungkin..gaplek itu singkong yang di keringkan..sampai benar2 kering ..jadi kayak kayu..saking kering dan kerasnya..hihi. Proses pengeringan di lakukan alami dengan bantuan sinar matahari..di hujan2 kan..dan di tunggu sampai benar2 kering dan mengeras. Jadi nggak mudah dech prosesnya. Makanya sekarang ini jarang dech ketemu gaplek..kecuali memang di daerah khusus di Yogya yang masih banyak pembuatnya. Nah..gaplek ini lah yang selanjutnya jadi gatot. Makanan khas Yogya juga..temennya tiwul. Mungkin temen2 berpikir..apa nggak jamuran..basi dll..gaplek itu kok di jemur berhari2 dan di hujan2 kan pula. Justru jamur itu yang di cari..hihi..tapi jamur aman kok teman2..karena jamur ini yang mengurai singkong jadi lebih kandungan gizinya ketika jadi gaplek. Dan rasanya jadi lebih enak lho..rasa khas gaplek gitu..susah di ceritain dengan kata2..kalau  yang udah biasa atau pernah makan gaplek ya pasti tau rasanya.

Nah..akhirnya pas beli tepung tiwul di Yogya kemaren aku beli gaplek kering juga..pengen bikin gatot sendiri di rumah..karena selain langka..yang jual jarang gatot ini..jika ada pun suka nggak sesuai selera..ngolahnya. Ada yang pakai pemanis buatan..ada yang kurang matang atau keras alias *kenyoh kenyoh* atau magel gitu gatotnya..dll..pokoknya kurang sipp gitu. Nah..jadi aku pengen bikin sendiri..dan ternyata..memang enak bingits..kalau bikin sendiri. rasanya lebih fresh..bersih dan juga sesuai seleraku manisnya. Jadi..untuk gatot aku suka yang manisnya lamat2 aja..alias cuma pakai gula pasir dikit, kalau terlalu manis itu citarasa asli gaplek jadi hilang dech berganti rasa manis aja yang dominan. Wua..jadi nyesel..kemaren cuma beli gaplek keringnya sekilo..lha masih ragu2 enak apa ndak kalau bikin gatot sendiri. Kalau tepung tiwulnya sich beli banyak nich teman2..jadi yang mau pesan tepung tiwul udah ready stock nich..fresh lho..kemaren aku dapat yang habis giling..jadi tepungnya mnasih baru .Wah..nyesel juga ndak bisa sekalian beliin teman2 yang pesan gaplek kering..hihi..next time kalau mudik lagi ya teman2..aku beliin gaplek kering buat gatot..karena sekarang udah yakin dan hasilnya enak ..makanya next time berani nyetok dech. Kan awet juga..hihi..kayak nyetok kayu lho beneran keras dan kering banget gaplek kering itu.

Karena gaplek dalam bentuk kering makan cara membuatnya jadi gatot, perlu di rendam dulu pakai air berhari2. Aku kemaren dari hari minggu..berarti sekitar 4 harian ya..baru bisa di kukus dan di nikmati gatotnya..hihi. Makanya ya jarang kali sekarang yang jual ya teman2..karena dari singkong segar   untuk jadi gatot itu perlu waktu berminggu2..haha. tapi..karena aku pangkas bikinnya dari gaplek kering..ya cukup 4 hari aja nich..udah bisa makan gatot yang menul2..gurih dan kenyil2 enak dech pokoknya teman2..dan fresh, serta lebih bersih ya karena buatan sendiri. Gimana nggak bersih, karena prosesnya kan 4 hari di rendam air, berarti 4 kali di cuci dan di ganti air baru..hihi.

Cara membuat gatot dari galpek kering begini nich teman2 :
  • Rendam gaplek selama beberapa hari, min 3 atau 4 hari ya
  • Ganti air rendaman dengan air bersih setiap hari
  • Jika gaplek udah empuk dan ngembang lagi, jadi kayak singkong mentah yang empuk, potong kecil2, lalu kukus hingga matang.
  • Beri gula dan garam sesuai selera ya waktu mengukusnya.
  • Kukus hingga empuk dan kenyil2 gatotnya.
  • Sajikan dengan kelapa parut yang sudah di beri sedikit garam..yummy dan eksotis dech rasanya. 
Ini penampakan gaplek kering yang udah ku rendam selama 4 hari ya teman2. ada warna hitam2 itu justru  nanti hasil gatot jadi enak..karena protein dari singkongnya sudah di urai oleh jamur, jadi hasilnya bisa kenyil2 dan aromanya khas..cobain dech..kalau pas main ke Yogya ya..masih banyak kok yang jual gatot dan tiwul di pasar2 tradisional Yogya.



15 comments:

  1. asiknya bisa dapat gaplek kering. Kalo diitung udah bertahun-tahun nggak ketemu gaplek.
    Habis lebaran kemarin, bakul pecel yang tiap hari lewat, bawa gatot dari kampung. Rasanya sih enak tapi kok aromanya rada apek bin tengik (dikit sih tapi tetep aja kecium waktu dimakan). Itu kenapa ya ? Waktu dikukus boleh kali ya air kukusannya diberi daun pandan ? Atau gatotnya dikasih vanili bubuk ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada dua kemungkinan mba Rina..gapleknya udah lama...atau bakulnya nggak ganti airnya..hihi. Kalau aku tiap hari ku ganti air rendamanya mba..jadi aromanya nggak ada apek atau tengik..fresh aja..aroma khas gatot gt..hihi

      Delete
  2. Mbak diah salam kenal yaa..resep2nya menginspirasiku setiap harinya hehe. Udah bnyk resep2nya yg tak cobain dan sukses tapibaru kali ini sempet ucapin makasih banyak yaa mbak, termasuk resep gatot jadul ini pengen bikin dari dlu tp kata orang2 bikinnya ribet jadi takut nyobainnya. Ni lgsg meluncur ke pasar beli gaplek keringnya mau segera di uji coba ni resep smg berhasil hehe...makasih ya mbak....
    Salam astuti

    ReplyDelete
  3. Ya Alloh mbaaa, sy lg pengeeeeeen bgt sm gatot eee malah ada tulisan mba didi, bikin tambah ngiler :'(

    ReplyDelete
  4. aku masih nyimpen tepung tiwul ya mbak, heheheee...
    waktu itu pas mau ambil mbak Diah nya mau turun, padal aku pas ke atas ngurus STNK.
    pengen tepung gatot ini juga mbak ?
    boleh minta harga tepungnya mbak, supaya bisa beli sekalian & titip kakak kalau pas ketemu sama pak marjoko.
    makasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih mba..kalau mau tak simpenin lagi..hihi..soale cepet habis ini..:)

      Delete
    2. boleh mbak...
      boleh minta harga tepung mbak ? supaya belinya sekalian aja, makasih...

      Delete
  5. Waw makanan eksotik... Selalu ayahku bawa gatot kalo abis dari kampung di wonosari gunungkidul jogjakarta... Enak kenyil kenyil.. Sesuatu bingit... Pake kelapa di kasi garam...

    ReplyDelete
  6. kelapanya matang atau mentah untuk urap gatotnya?

    ReplyDelete
  7. Suamiku orang Semarang koq gak tau Gatot yaa..? Heran dan sampe debat, masa dia asli dari Jawa gak tau makanan Gatot & Gaplek..
    Hahaha...

    Aku yang orang Sumut aja tau enaknya Gatot & Gaplek... Hihihi
    Karena dulu ortu sering buat sendiri..
    Awalnya geli sih liat proses nya, begitu dimakan lho kok nambah2 aku sampe gak selera liat nasi... Hihihi
    Liat tulisan mbak, jadi saya pengen buat sendiri, mudah2an berhasil..
    Salam kenal yaa mbak...

    ReplyDelete
  8. Numpang nambah kawruh ya!
    Kalau pengin rasa gatotnya lebih cemenul lagi, coba tambahi 1 langkah kegiatan lagi yaitu ;
    Setelah gaplek direndam sampai lunak/empuk lalu tiriskan, kemudian masukkan dalam wadah dan ditutup daun waru atau daun apa saja yg lebar dan masih basah. Biarkan sampai sampai terjadi vermentasi sekira 2 hari 2 malam, dan akan terjadi semacam jamur berubah warna kearah kecoklatan atau kehitaman. Selesai diperam makan keluarkan semua dan potong kecil2 dan cuci bersih damai air cuciannya bening. Kemudian kukus Gatot itu beserta bumbu oborampenya seperti proses yg diatas.

    ReplyDelete