Main Menu

Monday, July 7, 2014

Tempe Krispi...^^


Hihi..ini posting resep kok ya super simple banget..abis bete teman2..dari pagi ini komputerku trouble terus..gara2 kemaren itu kongslet..mati dech cpu ku..terus ganti cpu komp lama..aduch gara2 firefox nggak ke update jadi susah buka internet..kemaren tak kira malah habis pulsa..sampai tak tambahin lagi 100 ribu pulsa tri nya..eh ternyata yang trouble komputerku. Wo alah..salah sendiri ya teman..emak2 jadul..hari gini pakai komputer..hihi. Padahal ya ada papan Sam**** lumayan gede dan cepet juga sich kalau di isi sama tri buat buka internet..tapi ko ya males aja..ngetik2 di papan gitu..hihi..bisa2 cuma posting resep aja ndak bisa cuap cuap cerita banyak karena males ngetiknya kalau pakai papan gitu..lol..!  Nggak tau..aku memang suka apa2 di komputer aja..*manggon* sambil duduk manis..sambil nge teh..nulis..posting..ngedit dan buka2 internet juga cepet enak..bisa dalam satu waktu buka macam2 situs..hihi. Jadi misal sambi ngedit foto tuch udah bisa sambil online baca2 apa gitu biar tambah ilmu..kalau di komputer. Bahkan kadang sms aja dari komputer lho aku teman2..hihi..sampai2 ada temen nanya no hape ku pake apa kok no nya aneh..hihi..ya karena aku sms dari komputer. Jadi cepet gitu nulis dan jelasin sesuatu. Tapi besok tak sering2 pegang *papan* nya ahh..biar kalau ada masalah gini ndak bikin galau..hihi...masak cuma di pake main game sama Yodha..^^

Akhirnya masalah terpecahkan tadi..ternyata karena cpu komputer lama kan ndak di pakai dari tahun 2009..jadi fireforknya ngambek katanya komputernya belum di update..hihi. Setelah di ganti tanggal dan tahunnya baru bisa lagi nich buka internet. Wo alah..dari tadi pagi kek ya..jadi bisa posting..hihi.

Jadi baiklah aku posting resep simple aja dulu ya teman2..sebenernya hari ini aku masak  soto lamongan..tapi nich gara2 komputer error terus dari pagi jadi nggak sempat edit foto..baru tempe lauk sotonya aja yang udah ada fotonya..hihi. Yo wis..nyicil posting tempe kriuk dulu ya..resepnya..soto lamongannya menyusul ntar lagi. Tempe krispi ini adalah tempe goreng yang di iris tipis2..kalau di Semarang sini banyak di jual sebagai pendamping soto. Kebanyakan sich yang lauknya tempe tipis2 krispi gini soto ala pedagang soto keliling sich yang banyak keliling tiap pagi atau malam. Di sini banyak lho soto keliling gitu teman2...ada satu dua yang enak juga..jad aku sering beli juga kalau       lagi malas pergi2 buat sarapan di weekend gitu. Lauknya selain   sate..ada juga perkedel dan yang enak juga ya tempe kripinya ini. Mungkin awalnya biar irit kali ya..tempenya di potong tipis2 banget dan di goreng sampai kering.Tapi menurutku malah enak banget sich. Jadi bener2 krispi dan  kriuk..kayak keripik tempe. Bedanya kalau keripik tempe kan banyak ya..lapisan tepungnya. Kalau tempe krispi ini ya pakai lapisan tepung cuma tipis banget buat lapisan aja..agar tempenya bisa renyah dan kering. Jadi sepintas kayak tempe goreng tipis2 biasa..tapi super kiruk rasanya. Cocok banget buat lauk soto..kalau aku suka tak remukin gitu di sotonya..jadi enak dan gurih..hihi. Kalau di tukang stoto keliling..tempe krispi ini di jual murah saja 500 rupiah satu biji..hihi. Dan memang ini menu irit nich teman2..aku tadi pakai tempe 1/2 papan aja..jadi banyak..10 lebih lho jadinya. Jadi jika di rumah ndak ad stock lauk atau cemilan..cuma punya tempe sepapan..di buat tempe goreng kripsi ini..jadi banyak kok teman2..berasa ada sepiring lauk atau cemilan kan di meja..hihi. Karena memang di buat cemilan pun enak juga kok..gurih..kriuk2..hihi.

Oke..selamat mencoba ya teman2..jika suka..^^
Tempe Krispi

Bahan :
10 lembar tempe iris tipis ( dari 1/2 papan tempe )
125 ml air
50 gram tepung beras
1 sendok makan tepung tapioka

Bumbu halus :
2 siung bawang putih ukuran kecil
1/2 sendok teh kaldu sapi bubuk
1/4 sendok teh ketumbar
Garam sesuai selera

Cara membuat :
Campur bumbu halus, tepung dan bumbu lain serta air, aduk rata.
Panaskan minyak goreng, celup tempe di larutan tepung..angkat dan agak tiriskan ( angkat tempe ke atas..biarkan sisa larutan tepung jatuh kembali ke mangkuk adonan ) agar tidak terlalu banyak tepung yang menempel di tempe.
Goreng hingga kering dan renyah. Simpan di toples ketika sudah dingin.




9 comments:

  1. Mbk, q ikut GA nya, dah q tag di fb.. Colek ya..
    A.n atika paramita. Trims..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp Mba Atika..udah ku like dan ku catet ya.mksh udah ikutan..:)

      Delete
  2. lauk murah tapi enak ala emak2 irit ya mbak,,,, aq jga sering bikin buat cemilan....hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..betul bangets mba Dewi..tempe 2 ribu jadi sepiring..:D

      Delete
  3. Halo mbak salam kenal,, maaf mau tnya ini kira2 bisa tahan brpa lama ya crispy nya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung gorengnya mba..kalau sampai bener2 kering ya bbrp hari tahan..:)

      Delete
  4. ini beda dengan tempe kripik yang dulu ya mbak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beti Mba..beda tipis..hihi..aku kan suka aja iseng coba2 komposisi bahan atau bumbu jk masak..:)

      Delete