Main Menu

Tuesday, July 8, 2014

Korean Fish Cake


Masih dalam rangka memanfaatkan tepung kentang..aku jadi ingat..kalau banyak masakan Jepang dan Korea..itu menggunakan tepung kentang. wah..serunya..bisa banyak bereksperimen nanti..masak masakan negara favoritku tersebut..hihi. Dan uji coba pertama aku bikin Fish Cake ala Korea, sering banget dech di drama2 Korea yang aku tonton...dari puluhan judul..sering banget dech yang namanya makanan Korea satu ini di ceritain..yaitu Korean Fish Cake. Bukan cake dalam arti  bolu kayak di Indonesia lho teman2..hihi. tapi fish cake ini adalah street food ala Korea yang terkenal dan  terbuat dari ikan. Ada yang di goreng..bentuk lonjong atau panjang2 seperti yang aku  buat ini..atau bulat2,..atau juga yang versi kukus itu kalau nggak salah di bentuk tipis2 terus di tusuk dan di celup kaldu. Kayak di drama Korea, biasa ada scene di warung2 tenda di pinggir jalan Korea gitu lho teman2..yang makanannya di tusuk2..nah salah satunya ya fish cake ini..selain makanan lain semisal kue beras..dll.

Nah..kali ini aku bikin versi fish cake yang di goreng dulu..yang kalau di Korea di sebut..*Eomuk*. Resep referensi ku untuk masakan Korea..sudah pasti dari salah satu Korean blogger yang udah nge top seantero dunia..hihi..Maangchi. Dan setelah ku coba..wo alah..fish cake ala Korea itu ternyata..podo bae..alias sama saja..atau be ti dech..rasanya..dengan otak otak goreng kita..hihi. Yang membedakan mungkin hanya jenis ikan  yang di pake..kalau kita kan ikan tenggiri..nah kalau di Korea..ikannya pakai ikan seperti tersebut di resep ini nich teman2..ikan apa..mungkin temen2 yang tinggal di luar lebih tau ya..hihi. Kalau aku sich tetep pakai ikan favoritku..tenggiri. Hasilnya..ya jelas enak dong..gurih banget.

Bahan2 untuk membuat fish cake ala Korea ini selain ikan juga ada udang dan cumi. tapi karena aku nggak punya cumi..jadi aku ndak pake. Aku dobelin aja ikan tenggirinya..terus di tambah udang. Hasilnya..ya enak bingits..plek sama kayak otak2 goreng kita je...hihi. Cuma bedanya punyaku apa kurang kering ya nggorengnya..atau apa karena kalau nggak pake cuminya..jadi agak keputihan kayak otak otak beneran..hihi..punya Maangchi..kecoklatan gitu..hihi. Besok2 tak coba lagi ahh..pakai cumi juga. Aku biasa goreng otak2..jadi ngikut cara goreng otak2 mungkin ya..pakai api kecil gitu..hihi. Makanya punyaku jadi putih kali warnanya persis otak otak..atau pengaruh minyak..dan bahan lain juga kali ya..kan beda jenisnya di sono di Korea..sama di Indonesia sini. Oh ya tepung yang di pakai di Korea untuk membuat fish cake ini adalah campuran tepung kentang dan terigu. Wah..dapat ilmu baru dech..ternyata tepung kentang bisa kenyal juga rasanya jika di buat fish cake gini. Hemm..next time mau coba buat nugget juga ahh..pasti enak juga pakai tepung kentang.


Oke dech..mau coba teman2..yukk..ini aku copiin resep asli dari webnya Maangchi ya..dalam bahasa inggris. Nanti aku terjemahin dan aku tulis konversinya dalam gram ya..jika udah agak selo..hihi...ini aku tulis aslinya dulu. Kalu nggak sabar pengen coba..di terjemahin aja resepnya di google translate ya..^^

Fish Cake ( Eomuk ) By Maangchi

Ingredients:
  • ½ pound fresh white fresh fish fillet (cod, pollock, flounder, or snapper) 
  • ¼ pound (4 ounces) squid: cleaned, rinsed, and chopped
  • ¼ pound (4 ounces) shrimp: shelled, deveined, rinsed, and drained
  • 2 garlic cloves
  • ½ medium onion (about ¼ cup)
  • 1 teaspoon salt
  • 1 teaspoon sugar
  • ¼ teaspoon ground white pepper
  • 3 cups plus 1 tablespoon vegetable oil
  • ¼ cup all purpose flour
  • ¼ cup potato starch
  • 1 large egg white
Directions:
Inspect the fish fillet and remove any remaining fish bones. Cut the fish fillets into chunks and put them into a food processor. Add the squid, shrimp, garlic, onion, salt, sugar, ground white pepper, 1 tablespoon vegetable oil, flour, starch, and egg white. Blend for a couple of minutes until the mixture turns into a smooth paste.
Transfer to a bowl.
Heat 3 cups vegetable oil in a skillet over medium high heat for about 5 minutes. Lower the heat to medium (about 330-350° F or 180° C)
Brush some cooking oil on a large and wide  rectangular spatula. Spread about ¼ to ⅓ cup of the fish paste to the spatula with a knife. Use your knife to carefully roll the paste into a cylinder, and gently slide it into the hot oil.
(If this method is too tricky, simply use a spoon to scoop up some of the paste, and then another one to push it off the first and into the hot oil.)
 Repeat shaping and pushing the fish mixture to hot oil,  3 to 4 sticks in the skillet, and be sure not to to crowd them. Stir the fish cakes occasionally to fry all sides evenly. Let them cook about 5 to 7 minutes over medium heat until golden brown. Take the fish cakes out and put them in a strainer over small bowl. Pat the fish cakes with paper towel to remove the excess oil.
 Serve hot as a snack right away. For later use, cool it down and put it into a plastic bag. Keep the bag into a fridge up to 1 week or freezer up to 3 months.






16 comments:

  1. Salam kenal mbak Diah, sy sering baca blog mbak. Tp br kali ini komen.
    Di daerah saya tinggal, tidak ada (susah mendapatkan) tapioka. Alternatifnya ya tepung kentang (potato starch) ini. Tepung ini bisa menggantikan tapioka, misal utk bakso, pempek, bahkan untuk membuat kerupuk.

    Salam, emine

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Emine..salam kenal juga..wah..nggak ada tepung tapioka di sana ya mba..:)
      Tapi malah tambah bergizi ya mba..pakai tepung kentang baksonya dll..kalau pake tepung kentang...:)

      Delete
    2. Iya mbak. Sayangnya, tepung ini jg tdk tersedia di tiap toko. Jd kadang saya harus bikin sendiri. Dan teksturnya memang tidak sekenyal tapioka.

      Salam, emine

      Delete
  2. Klo ga ada tepung kentang bisa pake tapioka mbak? Apakah sifat t.kentang dan tapioka mirip? Thx mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba bisa..mirip..paling beda dikit tekture nya..bisa di ganti..tapi jadinya otak otak goreng kayak di kita..hihi.

      Delete
  3. tepung kentangnya beli dimana mbak

    ReplyDelete
  4. Mbaaa aku belum dikabari kamu huhuhu kutunggu yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba..aku cari2 di inbox kok ndak ad aya..di fb atau di page mba..maafken daku ya..hihi..bis di inbox lagi Say...atau email aja di bundadidi@gmail.com..nanti lanjut via sms komunikasinya..gt ya.. ?

      Delete
  5. baru tahu itu namanya Korean Fish ya..hihi kayaknya mak nyuus deh :)

    ReplyDelete
  6. mbak ditunggu resepnya yg versi gram nya..hehehheheh

    ReplyDelete
  7. makasih banyak resepnya.....hehehe.....

    ReplyDelete