Google Ad

Friday, June 27, 2014

*Olos*..Aci Goreng Isi Dari Tegal


Akhirnya kesampaian bikin Olos.....tadi pagi. Beberapa waktu yang lalu ngobrol sama mba Emma dan mba Dewi yang asli Tegal..tentang olos ini. Katanya..Olos ini salah satu jajanan Tegal yang lagi booming..selain tahu aci. Hemm jadi penasaran dech pengen buat juga. Apa itu olos ?.. Olos..adalah aci goreng yang di bentuk bulat2 dan dalamnya di isi. Dulu asal mula olos ini isinya cuma kol dan cabe yang di tumis. tapi sekarang ini sudah berkembang jadi jajanan khas Tegal dengan aneka isian..misal ayam..keju..dll. 

Karena aku suka sayuran..aku tadi coba isi olos dengan kol dan wortel..sama daun bawang...terus di kasih irisan cabe.jadi kayak isian gehu atau tahu pedas gitu. Wah..enak banget ternyata..rencana mengurangi gorengan..tinggallah rencana..hihi..karena anget2 tadi aku langsung habis 3 je olosnya..hihi. Wah..gagal maning dietku. Maksud hati sedikit diet gitu..kan mau lebaran teman2..haha. Puasa aja belum udah mikir Lebaran ya. Tapi beneran kok teman2..aci goreng di isi sayuran ini enak lho ternyata..pas aja..antara kulitnya yang kenyal tapi empuk..dengan isian yang gurih pedas. aku tadi tes rasa ke bude sayur langgananku tak bagi olosnya..iya..katanya "Enak Bu..! " ..unik rasanya..jualan ini pasti laku katanya. 

Apa aku tak jadi pengusaha jajanan dari aci aja kali ya..cireng..cimol..cilok..tahu aci...tahu plethok..olos..apalagi ya..enak semua je..dan di sini belum banyak yang jual..hihi. Kalaupun ada..biasanya pakai tepung tapioka biasa..jadi alot acinya. Tapi ya..sapa yang mau ngerjain ya..ntar kalau aku sendiri yang menjalankan usahanya..wah bisa nggak sempat nge blog dong ya teman2..haha...*abot nge blog ke*..( maksudnya lebih mentingin nge blognya..hihi )

Tapi iya loh..kali2 jika punya karyawan gitu enak kali ya..kita yang ngarahin ..tinggal mereka yang jualan..* teori indahnya sich gitu..hihi..tapi pelaksanaan ya suka beda ya..kalau usaha di serahkan ke orang lain* Wis..pikir besok2..aja ya teman2 kalau beneran mau usaha..kok kebanyakan cita2 aku ini..mau bikin buku aja belum selesai..udah mikir proyek lain..hihi. Tapi beneran lho..aku salut sama teman2..yang pada punya niat dan keberanian buat memulai usaha kuliner..jadi terharu gitu kadang2..kalau banyak temen yang cerita..dari resep2 di blog ku ini bisa buat usaha..alhamdulillah ya..ikut seneng dech aku...kalau resep2 sederhana di blog ini bisa jadi modal ilmu untuk mencari tambahan rejeki buat teman2..^^

Oke dech..mau coba olos teman2 ?...Yukk masuk dapur aja dulu teman2..cobain dech..enak lho..buat variasi olahan aci acian. Selamat mencoba ya..jika suka. Oh..ya..aku buat olosnya pakai tepung ACIKU yang sudah berbumbu, khusus dari Tegal..jika nggak ada..ya pakai tapioka aja kali ya, di bumbuin sendiri..tapi beda sich..agak alot kalau pakai tapioka biasa jika sudah dingin. Tapi karena acinya di isi sayur berbumbu yang udah gurih..jadi untuk adonan acinya aku campur lagi dengan terigu dan tapioka dikit biar nggak terlalu gurih jika di buat cemilan..dan jadinya pas aja gitu..*just right..sesuai seleraku..^^

Olos Isi Sayuran

Bahan kulit :
Tepung ACIKU 1 bungkus ( ACIKU adalah tepung aci dari Tegal yang sudah berbumbu )
2 sendok makan tapioka
2 sendok makan tepung terigu protein rendah
Gula pasir 1/2 sendok teh
Air panas secukupnya ( 100 - 125 ml )

Bahan isi :
1 buah wortel, potong korek api
25 gram tauge panjang
5 lembar kol, iris halus
1/2 sendok teh bumbu kaldu ayam bubuk & garam secukupnya
Gula pasir 1 / 2 sendok teh
1 batang daun bawang, iris halus

Bumbu halus untuk tumis sayuran :
1 siung bawang putih , 2 siung bawang merah
5 buah cabai rawit merah ( sesuai selera pedasnya )
1/4 sendok teh merica butiran

Cara Membuat :
Panaskan 1 sendok minyak goreng, tumis bumbu halus untuk sayuran hingga harum. Masukkan wortel, aduk hingga wortel layu, lalu masukkan sayuran dan bumbu lain. Masak hingga sayuran layu. Angkat..biarkan dingin. Buang jika ada airnya.
Aduk rata semua bahan kulit, tuangi air panas sedikit demi sedikit hingga adonan kalis, tapi masih mudah di bentuk. Ambil adonan secukupnya, bentuk bulat, pipihkan. Isi dengan tumisan sayuran secukupnya.
Bentuk bulat kembali. Masukkan ke minyak dingin di wajan. Jika wajan sudah penuh dengan olos , nyalakan api kecil, dan goreng olos hingga mengembang dan kering luarnya.
Sajikan hangat. Tips..Gunakan api kecil ya..waktu menggoreg olos..dan juga wajan yang tebal dan minyak banyak..agak mateng sempuran sampai bagian dalamnya.

Noted : 
Tepung Aciku adalah tepung aci berbumbu yang biasanya di gunakan untuk membuat tahu aci atau tahu plethok khas Tegal. Tapi selain itu bisa di gunakan juga untuk membuat cireng, cilok dan aneka makanan  lain berbahan dasar aci, salah satunya ya..Olos ini. Enak lho teman2...^^

Tahu aci atau tahu plethok..kayak gini nich teman2..:

 
Teman2 yang mau pesan Aciku..bisa lewat aku juga, isi aja contact form di samping kanan atas blog ini, bisa juga email aku di bundadidi@gmail.com. Atau jika males lewat email..silahkan tinggalkan no hp saja di kolom komentar atau via contact form ya..tapi buat yang serius mau order ya..kalau mau tanya2 dulu silahkan email saja..jadi lebih mudah buat aku dalam menjelaskan suatu hal dengan panjang lebar.




15 comments :

  1. Wah, ini kesukaan saya juga Mbak. Kalau pakai tapioka sm terigu saja proporsinya berapa ya Mbak Di? Krn blm punya tepung Aciku. Trimakasih sebelumnya... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai adonan cimol ku ini aja mba..sama kok enaknya ..sama bulatnya pula..tggl di isi..hihi : http://www.diahdidi.com/2014/06/cimolaci-di-gemol.html

      Delete
  2. Mantaaapppp... tapioka merk apa mba?
    Pgn bikin....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Merk Rose brand tuch yang bagus Mba..tapi memag kalau mau empuk tetep stlh dingin enak pakai aci basah khas Tegal itu..:)

      Delete
  3. belum pernah nyoba.. :) kayaknya enak, hampir mirip lumpia bukan? tapi kulitnya diganti aci..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Isinya mirip tahu isi Mak Riski..enak lho..coba ya..:)

      Delete
  4. ihhhh mba diah didi postingnya khas tegal, bikin aku pengin pulang kampuuung, hahaha... dulu belum terkenal yg jual cuma di suatu daerah mba, setelah terkenal banyak yg cari jadi banyak orang yang bikin n jual.
    paling enak dimakan anget2, pedes2 sambil lap kringat :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi......bentar lagi mudik kan Mba El..iya...keren ya..bisa jadi tren jajanan olos ini. Aku cucok mba..rasanya..:)

      Delete
    2. Mbaaaa boleh minta kontaknya ga
      Mau nanya2

      Delete
  5. berapa harga tepung aciku perbungkusx?

    ReplyDelete
  6. Boleh tau harga per bungkusnya mb?sama ongkir ke jogja?makasih

    ReplyDelete
  7. mba minta nomor hape donk..aku mau belajar bikin olos euy buat di jualin di Bandung :)

    ReplyDelete
  8. Say mau order tepung acinya .minta no hp nya y 082144210801

    ReplyDelete

Google Ad

Visit Our You Tube Channel