Google Ad

Saturday, May 31, 2014

Bumbu Dasar Putih



Wah..hari ini hari malas buatku teman2..hihi..apa sebabnya jadi malas..pasti tau dong kenapa..karena lagi seru nonton drama Korea..hihi. Memang drama Korea nich bikin emak2 malas ngapa2 in atau bikin masakan gosong..hihi..* aku banget...*..colek mba  Intan juga..yang lagi liburan nonton dra kor..hihi dan emak2 lain yang suka drakor..ini nich aku tadi habis nonton *Bride Of The Century*..bagus banget sampai jadi malas masak..dari semalem cuma ngebut nonton ini sampai selesai..hihi. Pagi2..Yodha cuma minta sereal buat sarapan..suami tenis sampai siang..ya udah..tambah nyantai di hari libur. Siang masak mie goreng sama goreng sosis..buat Yodha..aku dan pak tukang kebun yang lagi kerja..suami minta mie nyemek..ya udah beres tho..lanjut lagi nonton dra kornya..hihi. Baru setelah selesai nonton..baru beranjak ke dapur..mau bikin terik ayam. Jadi inget dech request temen2 kemaren yang minta resep bumbu dasar ya..akhirnya sebelum bikin terik..aku bikin bumbu dasar putih dulu lumayan banyak..buat stock di kulkas..jadi praktis...kalau mau masak terik..opor..empal kelem dll...sudah punya stock bumbu dasarnya.

Eh sebelumnya mau cerita dulu ahh...soal drama Korea yang baru aku kebut tonton dari semalem ya..yaitu Bride of the Century. Casting utamanya Yang Jin Sung dan Le Hong Ki. Pas liat sampul DVD nya sich aku sebenernya kurang minat ya..karena castingnya kurang cakep..hihi..tapi karena di yakinkan sama mba penjualnya kalau ini bagus ceritanya dan happy ending..yo wis tak beli akhirnya. Ternyata memang bagus banget ceritanya..dan setelah liat dramanya..mikir2,..kok sering liat ya sepertinya si mas Le Hong Ki ini..oh alah ternyata bener..itu kan si bocah tengil yang main sebagai Jeremy di You Are Beautiful..dra kor favoritku dulu juga. Pantesan..selama nonton nich mikir2 ..sapa nich ya dia..lupa2 inget...anaknya ndak terlalu cakep..tapi kalau senyumnya cukup cute dan suaranya yang aku suka..seksi banget..serak serak gimana gitu...hihi..dan ternyata..oh iya...Le Hong Ki nich kan vokalisnya Ft Island juga ya,...salah satu boy band Korea yang lagi nge top juga. Hihi..emak2 kepala tiga ngomongin boyband ya teman2..lol..! Iya..soalnya aku suka lagu2nya..favorit Yodha juga..ada di tabnya lagu2nya..Yodha suka lagu2 Ft Island nich dan banyak di download  sama papinya...dan aku sering denger juga di channel M..pantesan suaranya bagus dan seksi..lha vokalis boy band..tapi yang versi nge rock gitu..hihi. Satu2nya boy band yang aku suka..karena ndak cuma nari2..tapi pada pinter main alat musik juga anggotanya..dan yang jelas..lagu2nya biarpun nge rock..tapi romantis..hihi. Gubrak..pengsan dech..ingat umur mak..! ^^

Back ke cerita Bride Of The Century ini ya teman2..aku kasih sedikit bocoran buat yang belum nonton..jadi ceritanya tentang konglomerat kaya di Korea..Taeyang Grup yang punya anak lelaki tertua Choi Kang Ju, yang di mainkan Le Hong Ki tadi. Udah dari April 2014 sich selesai tayang di Korea..aku nya aja yang telat beli..hihi. Inti ceritanya..yaitu sebuah legenda..di dalam keluarga konglomerat tersebut..yaitu kutukan yang sudah berumur ratusan tahun turun temurun, yaitu menantu atau istri dari anak tertua di keluarga itu..pasti akan meninggal di malam pertama.
Nah..Choi Kang Ju ini di jodohkan dengan anak pengusaha lain yaitu Jang Yi Kyung, yang ortunya punya perusahaan kontruksi yang hampir bangkrut yang ingin di akuisisi sama Taeyang grup, jadi ceritanya perjodohan bisnis seperti biasanya di drakor2. Nah..ibu pihak keluarga cewek yang di jodohkan itu akhirnya juga tau tentang ledenda tersebut..tapi tetep harus mau melanjutkan perjodohan karena ingin mengusai harta besannya...untuk menyelamatkan perusahaan kontruksi mereka yang mau bangkrut. Sementara pihak konglomerat Taeyang, ibunya yang jahat juga mau menikahkan anaknya dengan menantu yang bukan pilihannya..karena percaya juga sama kutukan tersebut..jadi ceritanya mau di korbankan gitu menatu pertamanya ini..untuk tumbal pengantin pertama..ih serem ya.
Karena takut meninggal , akhirnya pengantin wanitanya kabur, dan karena perjodohan tetep harus berjalan, Kakak si wanita akhirnya membawa wanita lain sebagai pengganti, seorang gadis miskin yang butuh uang untuk operasi neneknya..sebagai pengantin pengganti..yang memang wajahnya sangat mirip dengan adiknya. Nah..dari situ keseruan cerita menjadi semakin menarik..karena anak konglomerat yang sombong dan suka seenaknya, serta cuek sama wanita ini..akhirnya malah jatuh cinta sama si gadis miskin pengganti tersebut..karena sikap gadis miskin ini malah bertentangan dengan sifat calon pengantinnya. Gadis desa ini malah tulus , periang, baik hati dan di sayang sama calon mertua prianya..dan anggota keluarga lain..kecuali ibunya tentu saja. Si gadis miskin ini juga akhirnya jatuh hati beneran sama anak konglomerat tersebut..dan walaupun tau resikonya akan meninggal di malam pertama..dia tetep mau melanjutkan pernikahan...karena tulus dan sangat mencintai anak konglomerat tersebut..hihi..segitunya ya..mau mati demi cinta...hihi. Tapi tenang..karena ketulusan cinta ..malah nggak mati ternyata.
Nah..dari situ konflik2 baru bermunculan..karena masing2 keluarga malah kaget..lho kok nggak mati pengantin wanitanya..hihi. Gimana lanjutannya..nonton sdr ya teman2..hihi..tapi endingnya happy kok..sampai akhirnya nanti ya tetep...jadinya sama si gadis miskin ini..buka sama si gadis kaya..wis pokoknya seru dech..intrik2 ceritanya ada sedih..lucu..romantis..dan juga serem dikit..karena ada mistis dan hantu2nya juga..hihi. Tapi hantunya cantik kok..jadi aku berani liat..hihi.

Yo wis ..nonton aja sendiri ya teman2..biar ndak penasaran ya..^^ Yuk..masak dulu tapi..hihi. Buat teman2 yang kemaren request bumbu dasar..ini aku kasih yang putih dulu ya..ala aku tentu saja..nanti selanjutnya menyusul bumbu2 dasar lain..semoga bermanfaat buat stock bumbu siap pakai bulan puasa ya, biar praktis dan sedikit mengurangi kerepotan di dapur. Bumbu dasar putih ini, cocok untuk ngungkep ayam goreng, masak opor putih, empal kelem, terik khas Yogya, sayur gurih, dll. Resep kompletnya di search aja di blog atau liat di SINI Takarannya..kalau aku masak, 2 sendok makan munjung bumbu dasar ini untuk 800 ml cairan, bisa air atau santan, sesuai kebutuhan.
Bumbu Dasar Putih

Bahan :
100 gram bawang merah
50 gram bawang putih
50 gram kemiri, sangrai
1 sendok makan ketumbar, sangrai, sangrai
1/2 sendok makan merica butiran, sangrai

Cara membuat :
Haluskan semua bahan , lalu tumis dengan minyak goreng secukupnya hingga benar2 matang. Dinginkan, lalu simpan di wadah tertutup.
Jika malas ngulek, boleh pakai food processor, asal jangan pakai air ya..nanti bisa beda rasa. Jika terpaksa di blender dengan air, sebelum di tumis, masak dahulu hingga airnya habis / menguap ketika di panaskan, baru tumis bumbu hingga matang dan tanak dengan minyak, jadi tetep enak rasanya.


24 comments :

  1. Sama mbak, aq jg males ngapa2in.. Untung aja kmrn bikin kacang bawang resep mbak D buat cemil2.. Skrg mlah dah ludes, padahal bikin sekilo..haha, d'bungkus ama ponakanku.. Suamiku jg gak berenti2 ngunyah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wua..sekilo udah habis mba Johanna..hihi..tapi sama ding krm nitu jadi satu toples kecil yo di makan suami..sak ndeg an..( sekali duduk..hihi )

      Delete
  2. oh ini ya bahan2nya... baru tau saya mak :D

    dah lama saya nggak nonton drakor, gara2 baca tulisan ini berasa ada yg manas2in :D, jd pengen hunting film drakor lagi ini mah hehehe....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..ayukk nonton lagi Mak Ri..byk yang seru2..drakornya yang baru2..di 2014 nich..:)

      Delete
  3. mau aq rekomendasiin g mbak drakor yg seru juga,,new gisaeng story,,rima lg ngikutin nih di LBS Kdrama,,
    mbak bumbu inti ini tahan brp lama?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah iya Mba Rima..kmrn pas baru mau tayang aku liat iklannya juga..sayangnya abis itu LBS tivi drama di hapus tayangnya dr daftar tv berbayarku..huhu..:D

      Delete
  4. iiihh mbak diah.... belum habis nonton drakor yg alien itu eh ada lg yg seru... kemaren sy minta tlg sm suami minta dicarikan yg mbak diah tulis judul drakorx... suami sampe kaget eh kok byk sekalii drakornya... skrg nambah lg 1 .... ih jd penasaran pengen liat... kadang masakx diundur ampe jam 1 siang haha.. demi drakor...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya Mba Andriany..masih byk lagi..di t4 mba nggak ada yang jual DVD nya Mba ?..Dulu pas di sini belum ada yang jual DVD aku juga sering download mba..tapi skrg di sini byk yg jual dan murah ..per keping cuma 10 ribu..biasa satu dra kor gt 1 - 4 keping DVD...ada yg udah di kompres jg..1 drama jadi 1 keping..cm 10 rb...hihi...

      Delete
  5. Mbak diahhh....ahh akhirnya bisa buka inet lagi langsuung klij diahdidi.com.hehe.wuiihh.lg asik nonton drakor yaa aku lg lanjutin yg secret kemarin:) met liburr ya mbak di...thanks resep bumbu putihnya:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Intan..sippp..gimana..bagus ndak secret..kalau bagus tak beli juga..hihi..aku malah belum nonton..:)

      Delete
  6. mba didi... sekalian resep bumbu dasar merah n kuning doooong... makasiih.. :*

    ReplyDelete
  7. wah..siap2 catet..buta persiapan puasa,hihi
    ini tahannya berapa lama ya mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau di tumis hgg tanak bisa berminggu mba Nisrina.,di kulkas..:)

      Delete
  8. Salam kenal mak diah,
    ni aq risma pengen banged nie blajar masak dr mbak.mhon bantuanx;-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Risma..salam kenal juga..iya mba..ayuk belajar sama2 ya..:)

      Delete
  9. mungkin byk yg jual drakor korea mbak... kebetulan koneksi internet di kampus rada cpt jd g perlu beli hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..enak itu Mba..hihi..di rumahku pake tri..super lemot Mba..isi pulsa 100 ribu belum sebulan kok udah habis..hihi

      Delete
  10. Trimakasih resepnya mbak Diah, ditunggu bumbu dasar lainnya ya.. Kl sy, kl males ngulek, bumbunya diblender langsung sm minyak, jd tidak perlu pakai air. Sy salah satu penggemar blog Mbak yg suka mampir kesini tiap hari. Resep/postingan Mbak sering mengingatkan jajanan masa kecil sy yg sekarang sprtinya sdh sangat langka, seperti kue garpu, es gempol, dll. Bbrp resep Mbak jg sdh sy praktekkan, seperti klappertaart klasik, daging lombok ketok, singgang ayam, malbi ayam, enak semua. Kalau boleh request resep pisang perawan kenes ala menu sultan Jogja yaa Mbak. Hehe...
    Salam kenal,
    Maya, Bekasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke Mba Maya..nanti ya...kalau nemu pisang bagus tak buatin dulu. Iya Mba..beda kalau di blender sama air ya..jd kurangs edep..:)

      Delete
  11. Hai mbak didi. makasih untuk resep bumbu dasar putihnya. oh ya mbak kalau di suhu ruangan. bumbunya awet berapa lama ya? masih belum punya kulkas nih :)
    di tunggu resep bumbu dasar merah dan kuningnya ya mbak, matur nuwun

    ReplyDelete
  12. Asal di kemas rapat, bisa tahan 1 mingguan mba, tapi numisnya hingga benar2 tanak ya. Coba di bungkus plastik kecil2 sekali pakai hingga rapat..jadi nggak sering buka tutup kena udara.

    ReplyDelete
  13. Terimakasih resepnya mbak.. Wah baru tahu tipsnya..kalau diblender tambah air harus dipanaskan atau diuapkan dulu baru ditumis. Selama ini kalau diblender tambah air langsung ditumis, apa itu ya yg bikin rasanya gk semantap dibanding diuleg..

    ReplyDelete
  14. Mbak di, untuk takaran resep diatas hasil jadinya brp gram? Makasihhh..

    ReplyDelete

Google Ad

Visit Our You Tube Channel