Main Menu

Tuesday, November 20, 2012

Zebra Cake


Zebra cake adalah salah satu cake klasik ya..yang tetep di minati dari jaman dahulu..sampai sekarang , karena motif kuenya yang cantik. Banyak sich berbagai versi zebra cake yang ada. Dari segi rasa juga bisa di modifikasi..misal dengan penambahan rasa tape..dll. Salah satu resep yang ku sukai  untuk pembuatan zebra cake adalah resep ini, karena membuatnya cukup praktis dan simple..dan mudah.

Rasanya juga enak….lembut dan manisnya pas. Hasil jadinya pun banyak..lumayan buat stock bekal anak sekolah, buat snack arisan atau teman nge teh sore2. Jika mau hasil yang cantik motif zebranya..harus bersabar nuang adonannya ya..selamat mencoba..^^

ZEBRA CAKE

Bahan :
6 buah telur
110 gram gula pasir
150 gram tepung terigu protein rendah
1/2 sendok teh baking powder
1/2 sendok makan ovalet / SP
100 gram butter / margarin, dicairkan
1 sachet susu kental manis
½ sendok the vanili bubuk
pasta coklat secukupnya
Cara Membuat : Panaskan oven pada suhu 175 C , olesi loyang bulat diameter 20 cm dengan margarin dan taburi sedikit tepung atau alasi dengan kertas roti
Ayak tepung dan backing powder, sisihkan
Kocok telur, tepung, gula dan ovalet dengan mixer kec tinggi selama  10 menit sampai adonan mengembang dan creamy.
Tuangkan mentega cair, susu kental manis dan vanili bubuk, lalu kocok dengan mixer speed rendah
Bagi 2 adonan sama rata, satu bagian campur dengan campuran coklat pasta, satu bagian biarkan putih.
Tuang adonan coklat dan putih bergantian , di loyang bulat uk 20 cm
Oven api atas bawah selama 40 – 45 menit. Dinginkan sebentar di rak kawat, potong2. Sajikan




84 comments:

  1. iihh mbak diah baru selese buat zebra cake neh...gara-gara anak lanang liat postingan ini cake, padahal kemaren baru buat proll tape hadeeehhh.. demi anak yaa tetep semangat buatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi,..ih anaknya suka liat2 makanan juga ya Mba Esti..namanya siapa..? terus pengen gt ya abisliat makanan baru..wah..lha malah seneng kalau Yodha ku gt..semangat juga mesti masak terus..sukses kan Mba Zebranya..motifnya bagus kan?

      Delete
    2. kalo aku buka pc pertama kali pasti fbku,trus blognya mbak diah ma yahoo hehehe
      jadi si kembarku arya naya bisa liat tuh gambar makanan di blognya njenengan. trus kalo ada yang suka pasti teriak deh
      "ibuuuuuuuuuuuuu sini! bikinin ini yaa!" sambil nunjuk gambar mis kaya tadi tuh zebra cake
      anaku yang laki heran deh mbak sukaaa banget ama yang namanya cake, aku kadang yang buat bosen juga lhoo, bisa seloyang habis sendirian dia tuh seminggu pasti ada jatah bikin cake 2-3 kali ckckckckk, aku males makan, enek duluan liatnya hehehehe dan yang paling bikin heppi mereka tuh selalu bilang ibuuuu enak banget besok bikin lagi yaaa hihihi ..anak-anak memang ya mbak!

      Delete
    3. Wah..senengnya si jagoan..doyan makan..apalagi cake2 gt ..kalau Yodha..paling habis sepotong aja...mungkin karen asdr ya Mba..di rumah..klu ada saudaranya pasti rame..dan mau ngemil byk..^^ Pinter juga ya..udah bisa pilih2 makanan yang di maui..sipp..sipp..^^..

      Delete
  2. mbak diah selalu membuatku ngiler. cantik banget kuenya...

    ReplyDelete
  3. Mbak Diah mau tanya telur tepung gula ovalet di kocok bersama ya?

    ReplyDelete
  4. Mba Diah, kalau pake loyang tulban yg tengahnya bolong apakah mempengaruhi hasilnya? kalau coklat pasta diganti bubuk apa perlu tambah gula? Thanks, Liz

    ReplyDelete
  5. Iya Mba Liz..beda nanti motifnya..:)coklat pakai bubuk..gulanya nggak perlu di tambah Mba..:)

    ReplyDelete
  6. Mba diah salam kenal..zebra cake nya bikin ngilerrrr..hehe
    Btw, aku mau nanya mba, kok klo aku bikin zebra cake bagian atasnya selalu meletak ya, itu penyebab nya apa ya mba??kan penampilannya jd gak cantik mba

    ReplyDelete
  7. Mbak Diah, 1 sachet susu kental manis itu berapa ml? Terima kasih.
    Sisca - Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau nggak salah 43 ml ya Mba..:)

      Delete
    2. Terima kasih, mbak. Kebetulan saya masih ada stok skm yg kaleng (sdh dipindah ke tupperware).
      Sisca - Surabaya

      Delete
  8. Salam kenal mbak Diah, aku baru kali ini buka2 blog. Eh nemu blognya mbak yang baguuuuusss... Trus aku liat resep ini, lgsg aku praktekin. Hasilnya manteeppp bgt mba'e... Empukkkk plus haruuuum (soale aku pake butter). Jiaannn ga nyesel pokok'e bs nemu blog'e sampeyan xixixi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba...salam kenal juga..sippp Mba..sekali nyoba langsung berhasil ya..syukurlah jika suka..:)

      Delete
  9. Alhamdulillah ktm resep m'Diah, sy kmr coba mba, terus sy bagiin k tetangga. Alhamdulillah tetangga lsg pesen mba, he he he Masya Alloh emang uenak buanget mba. Makasih banyak mba, smg Alloh mmbalas kbaikan m' diah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sippp Mba..sama2..syukurlah..ikut seneng jika berhasil bikin cakenya..dan bisa membawa rejeki juga..semangat ya Mba..semoga laris manis..semakin byk yang pesan..:)

      Delete
  10. M'Diah yg baik... Sy bkn lg, tp ntah knp y bagian permukaan stlh cake dingin jd spt basah n lengket klo kena kertas. Gmn biar permukaanx kering mba..makasih buanyak y.. :-)

    ReplyDelete
  11. mbak..wkt menuang mentega dan skm..apa hrs satu2 (mtg dl..adukrata baru skm adukrata baru vanili) atau langsung saja mbak(hbs tuang mtg langsung tuang skm juga)?bisakah skm dulu baru mentega mbak..krn kl di tips mbak kan mentega cair gak boleh dikocok terlalu lama..jd rcnnya mau mentega cair belakangan jd begitu gak rata dimixer,aku bantu pakai spatula ngaduknya...rcn mau buat ini tp nanya dl deh biar mdh2an gak gagal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau aku bareng aja Mba..biar cepat ngocoknya..kalau satu2 kan malah semakin lama dan keseringan di kocoknya..:)..atau kalau mau..di aduk pakai spatula ya boleh kok menteganya..:)

      Delete
  12. Sepertinya enak nih... pingin nyoba... tp mo tanya2 dulu ya mbak Diah, Mbak pake oven Merk apa? Oven Gas atau listrik ya??? penasaran, hasil kuenya bagus-bagus. Thanks ya Mbak....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oven listrik Mba..cuma kecil biasa..merk krish.:)..

      Delete
  13. Mba Diah...sy lg seneng2nya blajar bikin kue....ijin copy resepnya ya....tks ya...Emy Raya :)

    ReplyDelete
  14. Salam Kenal Bu Diah, nama saya willy... saya cowok, selain berkecimpung di dunia arsitektur tapi suka masak juga karna diajarin sama ibu, tapi ibu saya sudah meniggal dan saya harus masak untuk adik2 saya sebelum ke kantor bahkan setelah pulang kantor... dulu ibu saya sering buatin kami zebra cake seperti ini, jdi waktu liat postingan bu diah, saya langsung ingat sm ibu saya.. so, makasih banyak tuk resep yg mantaphs ini. sy mw tanya, bolehkah cake ini dibuat dengan metode pengocokan telur dan gula lebih dahulu sampai mengembang baru ditaruh tepung dll ato hanya dgn metode all in one, terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal Mas Willy...:)
      Wah..terharu sekali Saya membaca cerita Mas..di mana sebagai seorang Kakak..sangat bertanggung jawab..mau masak untuk adik2nya sebelum dan berangkat kerja..salut dech. Ibu Anda pasti sangat bangga dengan Mas Willy.
      Kalau zebra cake resep ini lebih baik di kocok all in one Mas..karena di butuhkan adonan yang ketal..tapi tetep bisa mengalir ketika di tuang bergantian..jadi bisa terbentuk motif zebranya.
      Kalau di buat dengan cara do kocok terpisah2..nanti adonannya jadi halus dan mengembang seperti adonan sponge cake ya..jadi susah membentuk motif zebra. Semoga jelas aya Mas..:)

      Slm
      DD

      Delete
    2. Halo Bu Diah, sy sudah coba cake ini minggu lalu.... cuman bukan jadi zebra cake tpi jadinya marmer cake, mungkin masalahnya sama kayak ibu2 yg di atas yakni waktu tuang adonan, adonan putih dan coklatnya takarannya sedikit, sy pake sendok sayur, klo ibu pake sendok apa? ato takarannya brapa gram ato brapa ml tuk masing2 adonan? tpi walaupun jdinya marmer cake, tpi kta adik2 dan orang2 kantor klo cake ini lembut dan enak... makasih bnyak Bu... sy akn coba sampai punya motif cake kayak punya Bu Diah. God Bless Ibu Diah.... Willy

      Delete
    3. Hallo Mas Willy...Saya pakai sendok ukur khusus dapur Mas...setara dengan standart 1 sendok makan ukuran luar ya..kalau suka beli kue..beli saja sendok ukur ini..murah kok yang dari bahan plastik..bisa di beli di TBK atau di Carefour Hypermart...dll..bagian peralatan baking...berguna banget lho buat ngukur2 misal baking powder gula..bentuknya cekung ada biasanya satu set dari ukuran 1 sendok makan sampai 1/4 sendok teh. Aku pakai sendok ukur itu..jadi ukurannya bisa sama setiap lapisnya.

      Delete
  15. Salam kenal mbak.... Aku pingin nyoba resep ini. Tapi mau nanya dulu. Untuk pengovenan pake api atas bawah atau bawah aja? Terima kasih mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai api atas bawah panas sedang Mba Arini..:)

      Delete
  16. Halo mbak...salam kenal, saya mau tanya utk tepungnya memang dikocok langsung ya dengna telor, gula dan SP? thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya.......:)..seperti tertulis di resep Mba..:)

      Delete
  17. halo mbak diah...utk menteganya aduknya pakai apa ya supaya rata? apa boleh di mixer low speed sebentar aja supaya rata? saya bikin yang pertama hasilnya bagus dan enak, yang kedua bantat, mungkin ngaduknya gak rata. Dan utk terigunya dicampur jadi satu dengan telor, apa dijamin tdk bantat ya? saya penasaran dan pingin coba dan coba lagi. he...he...he...thanks ya.:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di resep kan sudah jelas di tulis..mba..mentega juga di kocok pakai speed rendah..kalau mba kok di aduk.?
      Sy ndak pernah menjamin suatu resep yang tulis itu nggak bakal bantat mba..karena bikin cake itu tergantung penanganan masing2 orang ya. Resep yang sy posting di atas..kalau Sy bikin berulang kali ya alhamdulillah ndak ada masalah..:)

      Delete
  18. Halo mbak...utk ngocok menteganya berapa lama ya?

    ReplyDelete
  19. Halo mbak... saya bikinnya kok tidak kelihatan motifnya ya? apa karena kebanyakan yang coklatnya ketimbang yang putih? thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada tips2 cake zebra..coba di search di atas pojok kanan Mba..udah ku ulas komplet..:)

      Delete
  20. mbak didi, saya pemula nih, hehe dan baru baru ini nemu blog mbak.. saya jadi tertarik bikin cake ini.. nah masalahnya, saya nggapunya loyang bundar 20 cm,, yang ada 28 cm .. kalo dengan loyang segitu, sebaiknya saya pake 1 resep atau 1 1/2 resep mbak biar nnt mengembangnya bisa keliatan keluar melebihi loyang?
    Terimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke mbak terimakasih. Kemarin sudah terlanjur coba satu resep. Jadinya kaya pizza malah hahaha tapi ngga bantet sih.. tetep enak . Terimakasih mbak resepnya :)

      Delete
    2. Hihi...iya mba..yg ptg enak ya..:)

      Delete
  21. Mba...kalau coklatnya bubuk, brp Gram Mba? kalau di ganti coklat leleh bisa gak? brp gram coklat lelehnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1 sendok aja mba..tapi adonan jadi lebih berat lho..apalagi jika pakai coklat blok..tambah berat lagi..nanti yang adonan coklat merembes ke dasar cetakan..jadinya ndak jadi motif zebranya..:)

      Delete
    2. Ooo...yo wis lah ngikuti saran Mba Di aja...trims ya Mba...

      Delete
  22. Mbak, berrhasiiiiiilllll....lekkerrr... aku nyobain pake margarin diaduk & dikocok speed rendah sama jadinya. Kayaknya yg dikocok agak sedikit lbh padat. Br kali ini aku berhasil dg metode all in one & dipuja2 suami haahahaaa... Nanti aku mau trial pake coklat bubuk & butter. Penasaran gimana jadinya. Ntar aku share lg yah... Makasih banyak ya mbak diah yg murah hati & tdk sombong heehee...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipppppppppp Mba.....iya..bisa di modifikasi sesuai selera ya..:)

      Delete
  23. mba ,,margarin ny bsa di ganti ama minyak goreng ga?? soal nya tentangga saya bkn hsl cake nya putih ga kuning,,bliaunga ksih tau ,jd saya tanya sama mbak diah aj ,,g pa2 kn??

    ReplyDelete
  24. Beberapa kali bikin cake ini,pasti langsung habis...n anak2 order lagi order lagi......enaaaaakkkk.....

    ReplyDelete
  25. baru nemu blog ini nih. met kenal mbak. mau nanya cake ini di mixer ama tepungnya ya? bukan masuk belakangan setelah adonan telur mengembang?? klo mixer ama tepung gak beratkah jalannya mixer ntar? heheh sori pertanyaannya..... masih cupu dalam baking2 :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi mba..nggak mba..berat tepung lebih sdkt dr telur..jd nggak ada masalah..:)

      Delete
  26. Mbak,saya tertarik sama resepnya,pingin bikin juga.cuman disini tidak ada yg jual sp/ovalet,krn saya tinggal di luar Indonesia..kira2 pengganti ovalet apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cari cake emulsifier mba..mungkin beda merk di sana..:)

      Delete
  27. Mbak diah eksekusi zebra cake saya sukses.. Lembutttt bgt
    Makasii mb

    ReplyDelete
  28. Slm knl mba. Mba kl ga pakai baking powder ngaruh ga ke hasil bolunya??

    ReplyDelete
  29. mb da nyoba 2x buat awalny ngembang d oven pas keluar sewaktu dingin turun..cake ny empuk..salahny dmn y mb

    ReplyDelete
  30. Mbak Diah, terimakadih sharing resepnya. Aq sudah coba dan hasilnya kuenya mmg sangat lembut dan teksturnya ringan. Tapi mbak, cetakan diameter 20 cm kayaknya kekecilan deh. Kue ku meluber keluar dr loyang. Next time mau pake yg 22 deh. Thank's ya mbak.

    ReplyDelete
  31. Mba diah aku sudah coba resepnya...mantap mba...
    Tapi aku coba lagi pakai terigu protein sedang adonan jadi encer mba...kenapa ya mba?
    Makasih mba
    *santi

    ReplyDelete
  32. penasarn pengen bikin cake zebra ini, tp kalo oven tangkring tanpa api atas bisa gak ya? soalnya tiap saya bikin cake, permukaan atas udah kering pas saya sentuh, tp kalo udah dingin jadi basah permukaannya. knapa ya? mohon pencerahan ibu diah. makasih

    ReplyDelete
  33. Mba Diah.... aku dah coba buat tapi motifnya gak keliatan. Aku mau nanyak. Apa bisa pengaruh dari dinding dinding loyangnya aku olesin dengan margarin dan terigu ya? Jadi adonan cokelatnya campur dengan adonan putihnya. Sebab yang aku dengar seperti kalo buat bolu lapis dinding loyangnya gak boleh diolesin apa apa cuman dasar loyang aja yang diolesin supaya gak ada ruang jadi adonan gak bisa turun ke bawah. Apa itu benar?

    ReplyDelete
  34. Jeng diah...mksh bwat resepnya.aku dah coba bikin dan hasilnya yammyyyy x..tapi motipnya blom bisa seperti punya jeng didi.kapan2 mau coba lgi bikin motipnya biar lebih bagus.
    izin share ya jeng bwat resepnya.moga manfaat buat sesama dan makin sukses blog jeng diah.suwun

    ReplyDelete
  35. Jeng diah...mksh bwat resepnya.aku dah coba bikin dan hasilnya yammyyyy x..tapi motipnya blom bisa seperti punya jeng didi.kapan2 mau coba lgi bikin motipnya biar lebih bagus.
    izin share ya jeng bwat resepnya.moga manfaat buat sesama dan makin sukses blog jeng diah.suwun

    ReplyDelete
  36. Mbaaak.... aku tadi kelupaan SKM nya. Gimana ini. Kuenya sdh mau matang. Kuenya sdh terasa manis ngg, ya, mb? Help me mb..

    ReplyDelete
  37. Mbak, aku lagi. Gara2 ngg teliti baca resep aku ada yg salah lagi, mb. Aku bikinnya pakai metode sponge cake. Hasilnya ngembang gede. Pakai cetakan bundar 20cm sampai munjung ke atas, rata semua permukaan. Hasilnya bagus, cantik mb. Haruum...Nggak tahu rasa manisnya pas apa ngg, lha wong SKM nya ketinggalan. Makasih banyak sudah mau berbagai,mb Didi. Love you.

    ReplyDelete
  38. Mbak, lapor. Enak banget kuenya. Fluffy. Tp krn aku salah tehnik (pakai cara sponge cake) jdnya kue tdk kokoh. Rasanya light. Kalau ditekan kempus2. Pokoknya maknyus, mb. Biar kokoh tepung ditambahi brp gr ya, mb? Fungsinya SKM biar kuenya jadi gmn, mb?

    ReplyDelete
  39. Hai mba di salam kenal. Mba aku baru nyoba bkn cake dg cara all in one. Dan hasilnya, bagus ngembang tapi.... setelah keluar dari oven cake mengkerut. Dari 4 cake yg aku buat 3 mengkerut 1 aman, tp aku gak th knp. Aku sdh coba ikutin resep dan tipsnya, knp gagal ya mba xixixi. Kira2 salahnya dmn mba. M'ksh mba di

    ReplyDelete
  40. Salam kenal mba,sya tmasuk penggemar blogny mba diah didi.Bgini mba,zebra cake mba udh sya prktekin,modal nrkad ptma buat orderan tmn hasilny sngat memuaskan,tekstur cake bnr2 lmbuttt bgt ala2 bakery,tp knp pcbaan kdua sy krg memuaskan dan kmntar si pemesan ktny cakeny beda dr ptma,yg kdua lbh seret dan teskturny dikit ambyar saat dpotong,tkarn komposisi smu sm hny yg kdua sy tmbh gula jd 130grm krn komen ptma cake krg manis dikit,trs yg kdua sy jg ganti merk margarin,istilahny margarin zebra ptma dtmbahi dikit dgn margarin lain,ap itu sngat bpngaruh thd cake saya.Makasih sebelumny mba

    ReplyDelete
  41. Kalau pasta cokelat diganti bubuk coklat bisa ga mba?😊

    ReplyDelete
  42. Kalau pasta cokelat diganti bubuk coklat bisa ga mba?😊

    ReplyDelete
  43. haiii mb didi... mau tanya kl tanpa oven alias pake wonder pan (masak diatas kompor) bisa gak mbak?

    ReplyDelete
  44. Trimakasih resepnya ya mbak diah...

    ReplyDelete
  45. Mbk Diah, kalo mau pesen dimana ya? Aku Anisah di Surabaya, terus harga per pcs nya berapa?

    ReplyDelete