Main Menu

Sunday, December 11, 2011

Antara widaran dan telur gabus.............

 
 
Ini hasil uji coba resep lombokan manis resep dari Mbak Nina langsung enak, yang konon katanya ini resep andalan jualan dari mertua Beliau. Lombokan kalau di jawa di kenal juga dengan widaran ya ,  kalau dari tepung ketan bahannya, sedangkan yang pakai tepung sagu , namanya jadi telur gabus. Tapi kemaren pas coba sich..telur yang di kocok kok ngembang terus..gak cair2..hehe..ternyata oh ternyata  , kata Mba Nina musti di kocok sampai 1 jam..busyet dech..bisa kemeng tangan pegangin miixer. Akhirnya nekad aja kemaren 15 menit udah di masukin tepung, hasilnya jadi lembek. Karena tepung ketan habis , jadi tambahn tepung sagu aja dech........
Kemaren..hasilnya sich gak seputih punya Mba nina ya..karena gulanya ku kurangi 100 gram..biar gak manis banget...tapi rasanya enak, walau perpaduan widaran dan telur gabus..malah empuk..hehe..
*Yodha yang biasanya gak pernah nyenggol cemilan tradisional gt, pas liat Mamanya cemal cemil di depan dia..nanya..itu apa sich Ma?..trus buka mulut minta di suapin..eh pas udah ngarasain..dia komentar..kok Mama gak bilang2 sich kalau enak..dari tadi makan sendiri..haha..* Papanya juga doyan..jadi gak rugi hasilnya buanyakk banget..^_^...tinggal coba yang full tepung ketan dech besok kapan2..biar tahu rasa aslinya....
Ini dia resepnya......*ijin copas ya Mba Nina* 
BAHAN:
500 gr telur
500 gr tepung ketan
500 gr gula pasir
100 ml air
2 sdt garam
2 sdt baking powder
minyak goreng

CARA MEMBUAT:
  • Mixer telur, garam, dan baking powder dengan kecepatan tinggi hingga mengembang dan kemudian agak cair.
  • Masukkan tepung ketan dan uleni hingga kalis. Bila diperlukan tambahkan tepung ketan secukupnya. Adonan tidak boleh terlalu padat ya. 
  • Tuangkan minyak di wajan, dalam keadaan dingin, ambil sejumput adonan, buat jadi seperti lombok/cabai. Lakukan hingga sebatas minyak dapat merendam si lombokan. Nyalakan api kecil saja dan lombokan akan mengembang, aduk-aduk terus hingga kuning kecokelatan. Tiriskan.
  • Didihkan gula dengan 100 ml air hingga larut. Aduk-aduk hingga gula berbuih-buih. Masukkan lombohan, aduk hingga rata. Dinginkan lombokan di tampah. Sajikan.

TIPS & TRIK:
  • Kalau menggorengnya terpaksa 2 kali sesi, biarkan minyak mendingin dulu baru adonan lombokan masuk. Prinsipnya harus mulai dari minyak dingin dulu supaya bentuk lombokan mulus.
  • Cara untuk tahu lombokan sudah siap matang saat digoreng adalah dengan mematahkannya jadi dua... bila tengah adonan masih putih, berarti masih kurang matang.

7 comments:

  1. Alhamdulillah,akhirnya nemu jugaaa ni resep kue kesukaanku
    Tapi mbae,ngocoknya itu yang bikin sengkleh,
    Telornya kira2 brp butir ya mba itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pake standing mixer Mba Sya..bisa di tinggal ngerjain yang lain..:D
      Kira2 8 butir telur..:)

      Delete
  2. mba diah, maksudnya digoreng di minyak dingin itu gimana ya? aku pernah bikin tapi pake tepung sagu semua, jadinya masih agak keras, ga kayak yang dijual-jual itu kan empuk banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Minyak yang belum di panaskan Mba..biar nggak meletus..telurnya kurang mungkin mba..klu keras..:)

      Delete
  3. Aku pake resepnya mbak hesti. Hehe.

    ReplyDelete
  4. Mbak diah, jadi widaran ini yg kalo digigit rada alot kan? mohon pencerahannya :)

    ReplyDelete
  5. mbak duah,kue telor gabus buatan sy knp keras y setelah dimasukan gula,sblmnya empuk dan gurih sblm di bri gula,knp y mbak,salahnya dimana? mhn oencerahannya, terima ksh

    ReplyDelete