Main Menu

Friday, October 21, 2011

Kulit pastel kripsi


Pastel..gak pernah bosan sama cemilan ini..enak gurih..mengenyangkan dan padat nutrisi. Kalau lagi malas makan yang berat2, biasa papa minta di bikinin pastel. Kalau isian pastel sich tergantung selera ya..ada yang sayuran aja, banyak daging atau ayamnya , tergantung selera dech..kalau aku seringnya isi wortel, kentang sama ayam dan telur rebus. bikinnya gampang..

Mau share aja nich resep kulit pastel yang krispi, yang renyah..dan nggak letoy dan alot pas udah dingin..hehehe...aku juga suka kulit pastel yang gak pakai telur, jadi biar dingin tetap renyah dan tidak ada bau telurnya.
ini dia yang sering ku pakai untuk membuat kulit pastel, catet di blog..biar gak lupa dan gak usah bongkar bongkar resep lagi kalau mau bikin...hehe.

Kulit pastel renyah :

100 gram tepung terigu protein sedang
1/4 sendok gram
1/4 sendok kaldu bubuk
15 gram margarin
35 ml air hangat

Cara buat kulit pastel:
Ayak terigu, garam dan bumbu kaldu,masukkan margarin,aduk sampai berbutir. Tuang air hangat sedikit demi sedikit,aduk sampai bergumpal. gilis tipis. siap digunakan .

15 comments:

  1. Salam kenal Mba Diah Didi... :) Sudaah lama nyimpan di ingatan resep kulit pastel ini..baru kemarin sore kesampaian bikinnya.. soalnya baru lega dampak kelud di yogya (hujan abu) udh dibersihkan oleh hujan. :) saya suka banget hasilnya..bau margarinnya jd gurih tp ga amis..trus lembut tapi renyah kulitnya tipis crunchy gitu deh :) Trus ada tips bahwa harus diaduk smp berbutir dan diaduk smp menggumpal itu lho yg saya treasure bgt :) Terimakasih utk resepnya Mba...cucok!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Ayie..iya..salam kenal juga Mba..:)..wah..debu keludnya juga sampai rumahku lho Mba..untung cuma luar aja sich..:) Iya..terus di guyur hujan deras ya..kemaren2.

      Sama2 ya Mba..syukurlah jika sesuai selera ya resepnya. Untuk kulit pastel memang lebih baik nggak pakai telur..jadi..bisa lebih renyah dan nggak melempem pas dingin..juga nggak amis bau telur..:)

      Delete
  2. Salam kenal Mbak Didi... Saya silent reader blog Mbak Didi, tiap hari pasti mampir untuk ngintip update-an baru hehehe... Mbak, mau nanya nih... Saya tadi siang nyobain bikin pastel, tapi pake resep kulit yang ada telurnya. Hasilnya setelah digoreng kulitnya keras dan liat. Kesalahannya uda ketauan sih Mbak, saya ngulennya terlalu bersemangat :D ... Itu cara nyampur adonan kulitnya pakai apa Mbak? Saya tadi pakai sendok kayu besar tapi karena ga bisa nyampur dengan sempurna akhirnya turun tangan.. Apa adonan kulitnya asal uda nyampur dan kalis aja (ga perlu sampai homogen kayak adonan roti) ? Terima kasih banyak sebelumnya Mbak Didi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Yohanna..salam kenal juga ya Mba..:)
      Adonan kulit pastel memang jangan di aduk terlalu kuat..apalagi di uleni Mba..karena glutennya bakal terbentuk dan malah jadi liat. cukup di aduk ringan hingga bergumpal dan rata saja Mba..nanti lebih mudah di tipiskan dan di bentuk2 adonannya..:)

      Delete
  3. Hallo mba' Diah.. Aslm wrt..
    Aq pernah nyoba dari blog tetangga.. resepnya hampir sama. uma dy pake mentega leleh dan airnya air es. Hasilnya lupa lagii :D hehee
    Lha mba' diah pernah nyoba pk air es gak? Hasilnya lebih renyah air hangat apa air es? Sorry kalo pertanyaannya rada ngeyel :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Delfi..pakai air es juga bisa..tapi aku lebih suka pakai air hangat..karena kulit pastelnya jadi berlubang2 dan renyah..sesuai selera saja Mba..jika sudah punya resep yang pas..yang di pake itu aja..:)

      Delete
    2. Pengen nyoba resep dr mba' aah..
      Dg resep di atas kira2 dapet berapa pastel ya mba'? yg panjang pastelnya kira2 8cm atau yg biasa mba' buat..
      Makasih..

      Delete
    3. 6 - 8 buah tergantung ukuran Mba..:)

      Delete
  4. Maaf mba diah...butuh masukan nih..apa pernah coba utk membuat pastel kembang? Apa resep kulit ini bisa utk membuat pastel kembang? Krn sy sdg mencoba utk membuat pastel kembag tp kesulitan dgn kulitnya..makasib

    ReplyDelete
  5. Hallo Mb Diah salam kenal saya dr Perth. Bagaimana jika diganti tepung protein rendah apakah berbeda hasilnya?

    ReplyDelete
  6. kapan hari udah praktek resep ini mb,,,enakkk kriuk garing renyah tp udh brp lama kok agk mlempem jg,, bc2 lagi resep+komen2nya tyt oo.. tyt krn ku semangat nguleni,,jd ga perlu diuleni kuat2 ya,,makanya waktu itu jg mpe pegel jg nggilingnya krna adonan udh lebar mau diisi eh mengkeret lg...kapan2 praktek lagi...--bunda chera

    ReplyDelete
  7. Alhamdulillah aku udah coba resep kulit ini, enak mbak, kriuk renyah. Aku tambahin 1 sdm minyak goreng dan airnya jg aku tambah dikiit krn adonan masih agak kering. Lalu aku diamkan adonan selama 30 menit-1 jam, dia jd lebih lentur.

    Trus aku pakai metode yg pastel spiral utk membentuk lingkarannya. Terimakasih ya mbak, sukses terus yah

    ReplyDelete
  8. Assalamualaikum Mba Diah.. salam kenal sy Lia di Bogor.. alhamdulillah ini resep kulit pastel yg menjadi andalan saat sy pernah berjualan.. setiap bikin adonan lgs 2x resep.. bisa jadi 17 kulit pastel.. alhamdulillah disukai dan dikangeni customer.. renyahnya tahan lamaa dan tdk menyerap minyak.. favorit anak2 jg isi kentang wortel telur.. terimakasih banyaak mba Diah.. Barakalloh

    ReplyDelete
  9. Jadi pengen coba bkin, tp tkut gagal. Klo gg di coba mlah penasaran ..

    ReplyDelete